Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FAQ: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

Pengertian FAQ atau Frequently Asked Questions
FAQ (Frequently Asked Questions)
Pengertian FAQ
FAQ (Frequently Asked Questions) adalah daftar pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan dalam suatu konteks dan tentang topik tertentu. FAQ paling sering ditemukan di situs web dan email campaign. FAQ yang paling efektif adalah FAQ yang mudah dinavigasi, menyajikan informasi yang detail dan ringkas, dan mudah diakses.

Halaman FAQ merupakan alat yang efektif untuk meminimalkan pertanyaan pelanggan berulang yang mungkin diterima oleh suatu bisnis, sehingga layanan pelanggan dapat memusatkan perhatian mereka pada kasus yang lebih spesifik dan dipersonalisasi.

Saat memutuskan pertanyaan apa yang akan disertakan dalam FAQ, penting untuk melihat data nyata apapun dari penelusuran situs atau interaksi pelanggan dan mempertimbangkan informasi apa yang kemungkinan besar akan tetap konstan dari waktu ke waktu. Idealnya, halaman FAQ tidak perlu diperbarui terlalu sering.

Fungsi FAQ
Terdapat banyak fungsi serta manfaat dari FAQ bagi sebuah website di antaranya,
1. Meningkatkan Peringkat SEO
Menampilkan FAQ adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat SEO Anda di search engine. Pada kenyataannya, FAQ bisa memuat konten berkualitas yang dilengkapi dengan kata kunci utama terkait bisnis Anda.

2. Menjawab Pertanyaan General Konsumen
FAQ membantu Anda menjawab pertanyaan umum yang sering muncul dari audiens. Dengan penjelasan yang komprehensif, FAQ secara intuitif juga akan memandu audiens untuk mengikuti alur bisnis dan mendorong mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

3. Menghemat Waktu
Asumsikan saja bahwa target audiens Anda adalah orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk menjelajahi halaman web Anda. Tanpa adanya FAQ, mereka akan kesulitan menemukan informasi tentang siapa Anda, apa yang Anda berikan, dan berapa harga produk atau layanan Anda dalam waktu yang terbatas.

4. Membangun Kepercayaan
Membangun kepercayaan target audiens sangatlah penting agar mereka semakin yakin untuk membeli produk Anda. Dan memuat halaman FAQ adalah salah satu langkah terbaik untuk mencapainya. FAQ juga seringkali dijadikan bagian dari customer support, sekaligus menjadi bukti atas kepedulian Anda terhadap masalah yang dihadapi konsumen.

Contoh FAQ
Setiap perusahaan pasti memiliki beberapa pertanyaan khusus tentang merek, produk, layanan, harga, serta pertanyaan-pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan bisnis.  Namun ada beberapa pertanyaan standar yang dapat Anda temukan di berbagai website perusahaan di antaranya,
1. Bagaimana kebijakan pengembalian?
2. Bisakah saya menerima pengembalian uang?
3. Bagaimana cara mengubah pesanan yang sudah saya lakukan?
4. Kapan saya akan menerima pesanan saya?
5. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak pernah menerima pesanan saya?
6. Apa yang harus saya lakukan jika saya menerima pesanan yang rusak?
7. Bagaimana cara menghubungi perusahaan jika pertanyaan saya tidak terjawab di sini?  

Cara Membuat Halaman FAQ
Berikut beberapa cara bagaimana merancang halaman frequently asked questions di antaranya,
Langkah 1: Pilah dan kelompokkan topik-topik yang sering memicu pertanyaan.
Langkah 2: Kenali audience Anda dan posisikan diri seperti mereka. Lalu berdasarkan topik yang sudah dibuat, tanyakan pada diri Anda, “Kira-kira kalau saya jadi dia apa pertanyaan pertama yang akan muncul di benak saya?”
Langkah 3: Gunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami. Singkat, padat dan jelas. Design FAQ yang bagus akan menarik minat audience untuk membaca.
Langkah 4: Letakkan FAQ pada tempat yang mudah dilihat orang-orang/audience. Pada halaman web, letakkan FAQ yang sesuai topik. Misalnya pada halaman check out pada online shop web, letakkanlah FAQ tentang cara pembayaran atau tentang cara pemilihan kurir. Jangan meletakkan FAQ tentang cara menjadi member karena ini di luar topik.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "FAQ: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya"