Google Assistant: Pengertian, Fitur, Fungsi, Cara Mengaktifkan, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Google Assistant
Google Assistant
Pengertian Google Assistant
Google Assistant adalah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia di perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Dengan kecerdasan buatan tersebut, membuat Google Assistant dapat melakukan percakapan dua arah serta melakukan berbagai fungsi dan pekerjaan.

Google Assistant diluncurkan sejak Mei 2016 lalu, sebagai bagian dari aplikasi perpesanan Google Allo. Selain itu juga sebagai pembicara yang suaranya diaktifkan melalui Google Home. Sejak tahun 2017, Google Assistant ini dirilis sebagai aplikasi yang berdiri sendiri pada Android dan juga pada operasi iOS sistem.

Pada tahun itu juga, Google Assistant diperluas agar dapat mendukung berbagai perangkat, seperti dalam mobil juga.

Fitur Google Assistant
Menurut laman Computer World, puluhan fitur Google Assistant dapat dibagi ke dalam tujuh kategori di antaranya,
1. Fitur agenda dan rutinitas
Google Assistant adalah layanan yang tepat untuk digunakan oleh seseorang dengan segudang rutinitas. Anda bisa menanyakan beberapa variasi pertanyaan, seperti “Kapan jadwal kontrol ke dokter gigi untuk bulan ini?”, “Tunjukkan jadwal untuk hari Rabu”, atau “Apa saja yang saya lakukan besok?” untuk memeriksa jadwal.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan rutinitas Anda ke Google Calendar dengan bantuan Google Assistant. Anda hanya perlu menyebutkan informasi lengkap, seperti waktu kegiatan dan tempat kegiatan lalu biarkan asisten virtual tersebut mencatat jadwal Anda.

2. Fitur pengingat dan catatan
Sering tiba-tiba teringat sesuatu tapi tidak ada waktu untuk mencatat? Google Assistant bisa membantu Anda. Anda hanya tinggal membuka aplikasi tersebut dan bicara tentang apa saja yang ingin Anda utarakan. Nantinya catatan tersebut akan tersimpan di salah satu aplikasi notes yang tersedia di ponsel Anda.

Anda  juga bisa menggunakan Google Assistant untuk mengingatkan akan berbagai tugas, pertemuan, atau kegiatan yang harus Anda lakukan tanpa perlu mengecek jadwal. Google Assistant akan mengingatkan secara otomatis ketika waktu yang Anda atur sudah dekat.

3. Fitur untuk berkomunikasi dan berkirim pesan
Perlu menelepon seseorang tapi Anda hanya punya dua tangan dan keduanya sedang digunakan untuk suatu kegiatan? Anda bisa meminta bantuan Google Assistant untuk menghubungi orang tersebut. Tidak hanya menelepon, Anda juga bisa menggunakan asisten virtual itu untuk mengirim surel dan pesan singkat.

4. Fitur pengaturan ponsel
Fitur yang tergabung dalam kategori ini membantu mengatur kondisi ponsel sesuai keinginan, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi, menyalakan atau mematikan bluetooth, memeriksa persentase baterai, mengaktifkan mode senyap, mengubah ponsel ke mode don’t disturb, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil tangkapan layar tanpa harus menekan tombol apa pun, menurunkan atau menaikkan volume, mengatur tingkat kecerahan ponsel, dan menemukan perangkat (yang mungkin Anda lupa diletakkan di mana) dengan bantuan Google Assistant.

5. Fitur untuk lokasi dan perjalanan
Sesuai nama kategorinya, fitur yang tersedia di sini membantu penggunanya melacak lokasi dan memantau perjalanan. Dengan Google Assistant, Anda bisa bertanya lokasi terkini, membagikan live-location ke orang lain, memesan moda transportasi online, mendapatkan info terkini tentang kondisi jalanan, dan masih banyak lagi.

6. Fitur berita dan informasi terkini
Butuh berita atau kabar terkini tentang saham, perkembangan teknologi, atau situasi dunia secara keseluruhan? Anda tidak perlu repot mencarinya satu per satu dengan mengetiknya secara manual di search engine karena Google Assistant dapat melakukannya untuk Anda. Anda hanya perlu mengatakan informasi apa yang ingin diperoleh dan membiarkan layanan itu yang mencarikannya untuk Anda.

7. Fitur pelengkap lainnya
Dengan Google Assistant, Anda bisa langsung menerjemahkan informasi yang Anda perlukan atau memintanya untuk membantumu membuat keputusan. Misalnya, Anda sedang bingung ingin mengenakan sepatu yang mana untuk ke kantor hari ini. Anda bisa memanfaatkan fitur flip coin atau roll dice dengan bantuan Google Assistant untuk menentukan pilihan Anda.

Fungsi Google Assistant
Berikut beberapa informasi tentang fungsi menarik Google Assistant di antaranya,
1. Memasang reminder
Google Assistant adalah produk yang menarik bagi pengguna Google. Pasalnya, produk yang satu ini bisa terkoneksi dengan berbagai produk Google lainnya, seperti Gmail, Google Calendar, dan Google Keep. Bagi yang sering lupa akan sebuah jadwal, salah satu fungsi Google Assistant yang akan sangat membantu adalah memasang reminder.

Dengan mengatakan, “OK Google, set a reminder for my weekly meeting,” Google Assistant akan memasang reminder untuk Anda. Anda bisa mengatur pengingat waktu atau lokasi untuk rapat mingguan sehingga Anda tidak akan melupakannya.

2. Mengirim pesan
Google Assistant sangat cocok digunakan oleh Anda yang sering melakukan multitasking. Bayangkan jika Anda sedang dikejar deadline tetapi perlu mengirim pesan penting pada rekan kerja. Tentu akan repot. Anda bisa memanfaatkan Google Assistant untuk membantu Anda.

Anda hanya perlu mengatakan, “OK Google, send a text message to (friend name).” Kemudian, Anda bisa mengatakan pesan apa yang ingin Anda sampaikan pada rekan kerjamu tersebut. Setelah itu, Google Assistant akan menanyakan apakah Anda masih mau mengedit pesan tersebut atau langsung mengirimnya.

3. Memberi tahu kondisi lalu lintas
Bagi Anda yang tinggal dan bekerja di Indonesia terutama di kota besar, kemacetan adalah hal lumrah yang ditemukan sehari-hari. Apalagi pada waktu berangkat dan pulang kerja. Oleh karena itu, ada fungsi Google Assistant yang menarik untuk Anda, yaitu memberi tahu kondisi lalu lintas.

Anda bisa meminta Google Assistant untuk menemukan rute terbaik ketika ingin pergi ke suatu tempat, termasuk pulang ke rumah. Produk Google yang satu ini terkoneksi dengan Google Maps dan Waze. Katakan, “OK Google, get me home,” dan Google Assistant akan menunjukkan rute dari lokasi Anda saat ini ke rumah.

Dikutip dari TechRadar, Anda juga bisa menggunakan elemen pengaktifan suara untuk memeriksa kondisi ter-update lalu lintas, serta mendapat informasi tentang pengalihan atau penutupan jalan.

4. Membacakan berita
Fungsi lainnya yang bisa Anda manfaatkan dari Google Assistant adalah membacakan berita. Anda hanya perlu mengatakan, “OK Google, play the news.” Maka, Google Assistant akan membacakan berita dari sumber berita pilihanmu.

Anda juga bisa memintanya untuk berhenti, berhenti sejenak, atau mulai membacakan berita kapan saja dari situs media tertentu. Bahkan seperti dikutip dari Tom’s Guide, asisten virtual berbasis artificial intelligence (AI) ini juga bisa membacakan berita baik.

Jika Anda jenuh dengan berita negatif, Anda hanya perlu mengatakan, “OK Google, tell me something good.” Google Assistant akan membacakan ringkasan berita bahagia untukmu. Kemudian, Google Assistant juga akan memberikan link berita tersebut agar Anda bisa membacanya lebih lanjut.

5. Menerjemahkan kata
Ada fungsi Google Assistant lainnya yang sangat berguna ketika Anda melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Anda mungkin akan menemukan kesulitan dalam menerjemahkan atau menemukan kata yang sesuai dalam bahasa asing.

Produk Google yang satu ini dapat membantu menerjemahkan sebuah kata. Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan, “How do you say ‘thank you’ in French?” Google Assistant pun akan membacakan, “Merci.”

Anda juga bisa menggunakannya untuk kata atau frasa lain yang belum Anda pahami. Jika masih merasa belum jelas dengan pelafalannya, Andab isa mengatakan, “OK Google, repeat that,” dan Google Assistant akan mengulangi kata tersebut. Perlu diketahui, Google Assistant bisa menerjemahkan dalam 188 bahasa asing untukmu.

Itulah 5 fungsi canggih Google Assistant yang bisa Anda manfaatkan. Semuanya dapat membantu pekerjaan agar terasa lebih ringan. Sebenarnya, masih ada banyak fungsi lainnya, seperti menelepon kontak, membuka aplikasi, hingga memutar film. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut jika sudah mulai menggunakannya.

Cara Mengaktifkan Google Assistant
1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Asisten Google Asisten.
2. Jika Asisten Google nonaktif, Anda akan melihat opsi untuk mengaktifkannya di bagian bawah.
3. Terakhir, pilih Aktifkan.

Cara Melatih Google Assistant Mengenali Suara
1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Asisten Google Asisten dan ucapkan, “Setelan Asisten”.
2. Di bagian "Setelan populer", ketuk Voice Match.
3. Pastikan Ok Google telah aktif.
4. Jika Anda tidak menemukan Ok Google, aktifkan Asisten Google.

Tips: Jika Anda telah login ke akun Google Workspace for Education di perangkat Anda dan tidak dapat mengaktifkan "Ok Google", admin mungkin telah menonaktifkan setelan yang diperlukan agar "Ok Google" berfungsi.

5. Ketuk Model suara lalu Latih ulang model suara.
6. Ikuti langkah-langkah untuk merekam suara.

Cara Kerja Google Assistant
Google Assistant dibuat berdasarkan natural language processing, prosedur mengubah ucapan menjadi suara, kata, dan ide.
1. Google pertama-tama merekam ucapan kalian. Karena menafsirkan suara membutuhkan banyak daya komputasi, rekaman ucapan kalian dikirim ke server Google untuk dianalisis dengan lebih efisien.
2. Google memecah apa yang kalian katakan menjadi suara individu. Ini kemudian berkonsultasi dengan database yang berisi pelafalan berbagai kata untuk menemukan kata mana yang paling sesuai dengan kombinasi suara individu.
3. Kemudian mengidentifikasi kata kunci untuk memahami tugas dan menjalankan fungsi yang sesuai. Misalnya, jika Google Assistant mengetahui kata-kata seperti “cuaca” atau “suhu” , aplikasi cuaca akan terbuka.
4. Server Google mengirimkan informasi kembali ke perangkat kalian dan Google Assistant dapat berbicara. Jika Google Assistant perlu mengatakan sesuatu kepada kalian, itu akan melalui proses yang sama seperti yang dijelaskan di atas, tetapi dalam urutan terbalik.

Kelebihan dan Kekurangan Google Assistant
Kelebihan Google Assistant
1. Dapat Membuka Aplikasi Dengan Cepat. Dengan bantuan Google Assistant, kalian dapat membuka aplikasi apa pun. Tanpa mengklik, yang harus kalian lakukan adalah memanggil nama aplikasi itu dengan mengucapkan Ok Google. Dan itu akan membuka aplikasi itu dengan mudah di ponsel kalian.
2. Temukan Tempat Terdekat. Google Assistant juga dapat mencari tempat di dekat kalian. Jika kalian harus pergi ke restoran atau hotel terdekat. Tetapi kalian tidak tahu restoran mana yang terdekat di tempat kalian. Jadi dengan bantuan ini, kalian akan dapat segera menemukannya dengan mencari ini.
3. Pesan Tiket Film. Teman juga dapat membantu kalian memesan Tiket Film. Kalian dapat melakukan ini dengan nyaman dengan duduk di rumah. Kalian bahkan tidak perlu mengantre. Buka saja Google Assistant. Lalu pesan tiketnya. Pekerjaan kalian akan selesai.
4. Temukan Gambar. Jika kalian ingin melihat gambar apa pun di Google, kalian hanya perlu mengucapkan Google Image di mikrofon di Aplikasi Google Assistant. Dan Gambar Google akan hadir di hadapan kalian.
5. Temukan Informasi Dengan Cepat. Dengan bantuan ini, kalian dapat mengetahui informasi seperti kondisi cuaca, konversi mata uang, membuka situs web apa pun, translate, dll.

Kekurangan Google Assistant
1. Tidak Bisa Berfungsi Tanpa Jaringan. Google Assistant hanya akan berfungsi dengan menyambungkan ke Internet. Jika kalian menjalankannya tanpa internet atau jika kalian menanyakan sesuatu maka ini tidak akan berhasil. Google Assistant hanya akan bekerja ketika ponsel kalian terhubung ke internet dan aplikasi selulernya ada di ponsel kalian.
2. Bahasa Hindi Tidak Didukung Sepenuhnya. Google Assistant tidak mendukung bahasa Hindi sepenuhnya. Jika kalian menanyakan beberapa kata dalam bahasa Hindi yang tidak selalu digunakan, Google Assistant tidak dapat menjawabnya.
3. Memakan Banyak Daya. Jika kalian menggunakan aplikasi Google Assistant di ponsel kalian, maka baterai ponsel kalian turun dengan sangat cepat sehingga kalian harus mengisi ulang daya ponsel kalian kembali.
4. Membutuhkan Banyak Penyimpanan. Untuk menjalankan Google Assistant, ponsel kalian harus memiliki versi aplikasi terbaru untuk Google dan Google Assistant. Jika kalian menggunakannya, penyimpanan dan RAM ponsel kalian akan penuh dan itu bisa menyebabkan ponsel kalian hang. Untuk alasan ini, kalian perlu menggunakan ponsel yang memiliki penyimpanan yang besar dan setidaknya memiliki 1,5GB RAM.
5. Penggunaan Data Tinggi. Jika kalian menggunakan Google Assistant dalam jumlah banyak, maka internet seluler kalian akan termakan dengan sangat cepat. Karena Google Assistant berjalan 24 jam dan terus menunggu perintah kalian.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Google Assistant: Pengertian, Fitur, Fungsi, Cara Mengaktifkan, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya"