Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ICT: Pengertian, Ruang Lingkup, Peran, Penerapan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian ICT atau Information and communication technology
ICT (Information and communication technology)
Pengertian ICT
ICT (Information and communication technology) atau teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Information and Communication Technology sangat penting dalam perkembangan sektor rill di dunia saat ini. Tak hanya bidang industri atau bisnis saja, ICT memiliki peran yang cukup vital dalam perkembangan dunia pendidikan.

Ruang Lingkup ICT
ICT mencakup 2 (dua) aspek di antaranya,
1. Teknologi Informasi. Teknologi informasi yang mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
2. Teknologi Komunikasi. Teknologi komunikasi yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

Peran ICT
Dalam Bidang Pendidikan
1. ICT Sebagai Gudang Ilmu Pengetahuan
Peran pertama ICT adalah sebagai gudangnya ilmu pengetahuan artinya, terdapat banyak sekali sumber ilmu pengetahuan di dalam ICT, baik itu dari ilmu inti, dalam pembelajaran sekolah, ataupun sebagai pengaya kegiatan pembelajaran.

Dalam fungsinya ini, internet berperan besar sebagai sumber pengetahuan yang bisa diakses secara luas yang di dalamnya sudah terhubung dengan berbagai perpustakaan digital, jutaan e-book, artikel, jurnal, dan masih banyak lagi.

2. ICT Sebagai Alat Bantu Pembelajaran
Peran kedua ICT adalah sebagai alat bantu pembelajaran. Artinya, sistem pembelajaran saat ini lebih mudah dilakukan dengan adanya bantuan ICT.

Tujuannya adalah demi menghadirkan dunia di kelas dan mampu disajikan pada seluruh siswa dengan berbagai peralatan ICT, seperti multimedia dan berbagai media pembelajaran hasil olahan perangkat komputer, seperti grafik, foto, gambar, poster, display, dan media grafis lainnya.

Selain itu, yang termasuk pada hal ini adalah penggunaan video pembelajaran, CD interaktif, multimedia presentasi, serta e-learning.

3. ICT Sebagai Fasilitas Pendidikan
ICT dijadikan sebagai sasaran yang mampu melengkapi fungsi sekolah sebagai suatu institusi lembaga pendidikan, khususnya, berbagai fasilitas yang bernuansa elektronik, seperti laboratorium komputer, bahasa, ruang multimedia, studio rekaman suara, rekaman musik, rekaman produksi video dan editing, dan masih banyak lagi.

4. ICT Sebagai Standar Kompetensi
ICT dijadikan sebagai salah satu pelajaran yang pada saat ini kita kenal dengan mata pelajaran TIK. Mata pelajaran ini memiliki standar kompetensi tertentu.

Penerapan ICT Dalam Bidang Pendidikan
1. Buku Elektronik
Buku elektronik (e-book) adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional.

2. E-learning
e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system).

LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari mana pun selama tersedia akses ke internet. Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya.

Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.

Dalam Bidang Industri dan Manufaktur
Dalam bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi.

Dalam bidang industri dan manufaktur peran ICT sangat besar di antaranya,
1. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
2. Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi risiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.

Kelebihan dan Kekurangan ICT  
ICT memang menawarkan kelebihan dan manfaat yang sangat besar dalam mendukung sistem pembelajaran lebih bermutu. Para siswa bisa mengakses semua ilmu pengetahuan atau wawasan materi yang diberikan lewat perangkat teknologi yang terkini.

Menggunakan kecanggihan teknologi, guru bisa mengajarkan gambar atau video yang mendukung materi sehingga pemahaman siswa bisa lebih meningkat dibandingkan dengan tata ajar biasa.

Selain itu, manfaat ICT memberikan kelebihan dari segi penilaian kemampuan siswa. Para pengajar bisa melihat kemampuan peserta didik lewat ujian berbasis komputer. Setidaknya ujian dengan metode komputerisasi bisa memberikan hasil ujian yang semestinya.

Risiko siswa menyontek untuk mendapatkan nilai tinggi bisa ditekan sebaik mungkin. Standar pendidikan bisa lebih meningkat dengan keberadaan peran ICT ini.

Tentu ada beberapa kekurangan yang masih menjadi bahan pertimbangan atau evaluasi kebijakan di sekolah. Misalnya harga komputer atau perangkat elektronik yang mahal mungkin sangat membebani siswa yang berasal dari kategori kurang mampu.

Sekolah mungkin memiliki sistem ICT berupa laboratorium komputer, perangkat proyektor, jaringan, dan lain-lain yang masih terbatas.

Perlu pula tenaga IT yang mumpuni dalam menangani pengelolaan dan pengoperasian ICT di lingkungan sekolah. Tenaga pengajar harus melalui sosialisasi atau pelatihan yang mumpuni agar bisa menguasai penggunaan alat-alat ICT tersebut.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "ICT: Pengertian, Ruang Lingkup, Peran, Penerapan, Kelebihan, dan Kekurangannya"