Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Chatting, Fungsi, Dampak, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Chatting, Fungsi, Dampak, Manfaat, dan Contohnya


A. Pengertian Chatting

Chatting (obrolan, bercakap-cakap, cengkerama, atau kongko) adalah komunikasi berbasis teks yang dilakukan secara langsung atau dalam waktu nyata (real time). Di Indonesia, kata “chatting” sering ditujukan untuk kegiatan bercengkerama menggunakan gadget atau gawai.

Chatting merupakan suatu aktivitas berkomunikasi dengan saling bertukar pesan antara dua atau lebih orang dengan memanfaatkan gawai, aplikasi chat, dan koneksi internet. Chatting merupakan sebuah fitur yang di miliki oleh program yang ada di internet untuk dapat berkomunikasi langsung dengan sesama pengguna internet yang sedang terhubung dengan internet atau online.

Komunikasi yang di lakukan dapat berupa komunikasi dengan suara atau dengan teks. Fitur chatting selain mengirim pesan dalam bentuk teks, Anda dapat mengirim pesan dalam bentuk audio dan video. Tentunya dalam penggunaan fitur chatting, antara pengirim dan penerima pesan harus terkoneksi dengan jaringan internet.

B. Fungsi Chatting
Chatting adalah salah satu cara berkomunikasi yang paling efektif dan efisien saat ini. Penggunaan aplikasi chatting sudah sangat masif, hampir semua orang menggunakan setidaknya satu aplikasi bertukar pesan. Secara umum, Chatting memiliki beberapa fungsi di antaranya,
1. Sebagai sarana berkomunikasi yang paling mudah, cepat dan efisien.
2. Sebagai sarana untuk saling berkonsultasi lebih mudah.
3. Alat untuk menjalin hubungan dengan orang lain.
4. Bisa digunakan untuk berkumpul pada suatu grup atau multiple chat.

C. Dampak Chatting
Chatting memiliki dampak negatif yang akan di timbulkan di antaranya,
1. Gadget atau komputer yang mudah terkena virus.
2. Membicarakan hal yang tidak sopan.
3. Berhubungan dengan orang yang tidak jelas.
4. Dapat membuat ketagihan.
5. Dapat menimbulkan masalah kesehatan apabila terlalu sering seperti rematik dan otot pegal.
6. Akan dapat merusak mata apabila terlalu lama di depan komputer.
7. Dapat membuat orang tertipu jadi harus hati-hati dalam melakukan chatting.

D. Manfaat Chatting
Berikut ini beberapa manfaat adanya fitur chatting untuk mengembangkan bisnis di antaranya,
1. Sarana Komunikasi
Sudah disinggung dari pengertian chatting di atas bahwa tujuannya adalah untuk memudahkan cara berkomunikasi jarak jauh. Dengan adanya fitur chatting saat ini akan semakin memudahkan sistem koordinasi dalam sebuah perusahaan. Untuk menyampaikan informasi yang terkesan penting dan segera maka bisa memanfaatkan fitur chatting. Dengan chatting juga bisa menyampaikan pesan atau informasi langsung ke beberapa orang seperti pada fitur grup chatting. Tentu hal ini sangat berdampak positif terhadap bisnis.

2. Sumber Informasi Paling Cepat
Chatting diklaim sebagai perantara penyampaian informasi paling cepat. Untuk bertukar informasi, Anda tidak perlu menemui orang yang bersangkutan atau menghabiskan pulsa dengan menelpon karena bisa dilakukan hanya dengan Chatting.

3. Meningkatkan Efisien waktu
Memang tidak bisa dipungkiri karena adanya fitur chatting saat ini sangat mempermudah pekerjaan kita. Untuk membuat janji atau pertemuan mendadak tidak harus menggunakan surat secara resmi, karena saat ini sudah banyak yang melakukan undangan via chatting.  Sehingga dengan chatting dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk menyebar undangan.

4. Media Untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan
Chatting tidak hanya memudahkan komunikasi antar anggota perusahaan saja, namun juga bertujuan untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Dengan chatting maka Anda akan lebih mudah terhubung dengan pelanggan misalnya untuk pemesanan produk, komplain atau lainnya.

5. Sebagai Sarana Pemasaran
Di jaman yang serba gadget ini tentu Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget lebih untuk pemasaran atau promosi dengan mencetak brosur. Anda cukup membuat bahan promosi dalam bentuk digital dan kemudian melakukan penyebaran via chatting. Cara promosi seperti ini sudah dianggap “lumrah” di kalangan pebisnis, terutama yang berbisnis secara online.

E. Contoh Aplikasi Chatting
Terdapat banyak aplikasi chatting yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Aplikasi chatting ini bisa diunduh melalui perangkat Anda dengan gratis. Berikut adalah beberapa aplikasi chatting yang umum digunakan oleh masyarakat di antaranya,
1. WhatssApp
WhatssApp adalah salah satu aplikasi messenger yang dimiliki oleh Facebook. Di sini Anda dapat mengirim pesan berupa teks, foto, audio, file dan video. Selain itu Anda dapat menggunakannya untuk menelpon atau video call dan membuat story seperti di Instagram.

2. Line Messenger
Aplikasi chatting ini banyak digunakan oleh kalangan muda. Selain dapat digunakan seperti aplikasi chatting pada umumnya, tampilan interface dari aplikasi ini sangat menarik. Pada Line Messenger terdapat fitur stiker dan tema. Line mempunyai ragam jenis stiker dari gambar diam sampai yang bergerak, hingga bersuara.

3. Facebook Messenger
Facebook Messenger adalah salah satu aplikasi chatting selain Whatssapp yang dimiliki Facebook. Keunggulan dari Facebook Messenger adalah cara mengaksesnya yang praktis. Anda hanya perlu membuka aplikasi ini dan akan terhubung dengan facebook. Anda juga dapat mengetahui pesan yang masuk tanpa membuka dahulu akun Facebook.

4. Telegram
Aplikasi chatting Telegram bisa dibilang sebagai pendatang baru untuk bersaing dengan pendahulunya. Aplikasi ini mempunyai fitur yang mirip dengan WhatssApp. Telegram menggunakan nomor telepon sebagai identitas kontak. Telegram memiliki beberapa keunggulan seperti ukuran aplikasi yang kecil sehingga tidak menguras ruang penyimpanan smartphone.

Dalam sisi keamanan Telegram juga lebih unggul karena menggunakan teknologi enkripsi yang lebih canggih dan terdapat fitur secret Chat. Fitur chatting sudah menjadi umum di masyarakat. Fitur chatting memiliki manfaat yang positif dan dapat juga memiliki dampak yang negatif, tergantung cara pemakaian dan pemanfaatannya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Chatting, Fungsi, Dampak, Manfaat, dan Contohnya"