Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian E-book, Tujuan, Fungsi, Format, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian E-book, Tujuan, Fungsi, Format, Kelebihan, dan Kekurangannya


A. Pengertian E-book

E-book adalah buku yang berbentuk digital atau elektronik yang biasanya berisi informasi atau panduan/ tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Saat ini e-book lebih banyak  digunakan daripada buku cetak. Sebagai buku yang berbentuk digital maka dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis, sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli ebook daripada buku cetak.

Ebook Menurut Para Ahli
1. Whalts, ebook adalah versi buku elektronik yang diambil dari buku cetak tradisional. Ebook selain dibaca menggunakan smartphone, bisa juga dibaca di komputer.
2. Oxford Dictionaries, ebook merupakan buku cetak yang dikonversi ke dalam bentuk elektronik. Di mana ebook tersebut dapat dibaca menggunakan perangkat genggam dan komputer.
3. Danang (2009), ebook sebagai buku cetak versi elektronik yang bisa dibaca pada sebuah alat, semacam komputer dan ponsel, dan alat elektronik lain yang suport bisa membaca dokumen ebook.
4. Putu Laxman Pendit, ebook sebagai buku cetak yang diubah ke dalam elektronik, sehingga bisa dibaca di layar monitor.

B. Tujuan Ebook
Selain sebagai sarana penyebaran informasi dan pembelajaran, ternyata ebook juga bertujuan dalam memudahkan pembuatan buku, menghemat biaya pembuatan buku, memudahkan proses penyebaran informasi dan masih banyak lagi.
1. Menyederhanakan Dalam Pembuatan Buku
Tujuan pembuatan ebook tidak lain adalah memudahkan dalam pembuatan buku elektronik itu sendiri. Setidaknya saat membuat ebook kita tidak perlu lagi mengurus masalah percetakan. Di mana proses untuk bisa dicetak memakan waktu lebih lama, dan belum lagi nanti kita kena tambahan biaya cetak itu sendiri.  

Meskipun membuat ebook lebih simpel, disini penulis juga harus bisa mengemas ebook semenarik mungkin. Agar ketika ebook tersebut dilempar di pasaran, tetap banyak orang yang tertarik dan minat. Misalnya, masalah segmentasi pembaca untuk kawula muda, yang akrab dengan digitalisasi.

2. Menghemat Biaya Terbit Buku
Sudah disinggung sebelumnya. Bahwasanya membuat ebook jauh lebih ramah kantong. Karena bisa menghemat biaya pembuatan buku. Ada banyak hal yang sudah kita hemat. Misalnya hemat biaya cetak, biaya mesin dan hemat jasa distributor buku. Nah, melihat beberapa poin yang bisa Anda hemat, menerbitkan secara ebook mungkin solusi yang tepat.

3. Penyebaran Lebih Cepat
Karena ebook sangat mengandalkan kecepatan teknologi ke kesadaran melek literasi masyarakat terhadap ebook. Maka, ebook salah satu sarana tepat. Jadi ebook tidak hanya bisa disebarkan lewat jaringan komputer, tetapi juga bisa lewat flashdisk atau hardisk.

4. Perlindungan Ebook
Mungkin ada yang bertanya-tanya terkait tingkat keamanan dari ebook itu sendiri. Dimana ebook dianggap mudah untuk di duplikasi atau semacamnya. Tenang, karena dunia daring juga selangkah lebih maju. Pasalnya, ebook juga dilindungi oleh enkripsi agar tidak mudah diduplikasi, dibajak atau semacamnya. Adapun cara lain untuk melindungi ebook, yaitu dengan cara melindungi lewat password khusus.

C. Fungsi E-book
Fungsi e-book secara umum adalah sebagai media untuk membaca informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna e-book adalah mereka yang sudah melek teknologi dan terbiasa membeli e-book untuk media belajar.
1. Sebagai Sarana untuk Belajar
Sekarang ini ada banyak orang yang membuat e-book yang berisi tentang ilmu pengetahuan dan tutorial di bidang tertentu. Tema bacaan dan informasi yang sering dijadikan e-book adalah seputar bisnis online, tutorial blogging, tutorial komputer, dan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi.

2. Sebagai Media Informasi
Sekarang ini pebisnis sudah banyak yang memberikan ebook gratis kepada calon pelanggan mereka. Dengan memasukkan email, maka calon pelanggan dapat mendownload ebook yang berisi informasi atau tutorial yang dibutuhkan. Proses pembuatan dan penyebaran ebook ini sangat mudah karena bentuknya digital. Itulah sebabnya ebook sangat cocok digunakan sebagai media informasi.

D. Format Penulisan Ebook
Selain pengertian ebook, penting juga buat Anda yang sudah ada keinginan menerbitkan ebook mengenal format-format ebook. Ternyata ada banyak sekali format ebook yang bisa di pilih. Mungkin selama ini hanya fokus pada bentuk format PDF saja. Ternyata, masih ada banyak lagi pilihan format.

Beberapa format ebook yang umum digunakan selain Portable document Format (PDF) ada Electronic publication (EPUB), Format MobiPocket (MOBI) dan yang mungkin Anda sudah popular mendengarnya Amazon World (AZW). Jadi AZW ini adalah ebook yang dipublikasi atau dijual di portal Amazon. Termasuk juga format kindle fire dari amazon (KF8).

Adapun format lain yang umum digunakan, seperti Palm File Database (PDB) dan Hyper Text Markup Language (HTML) yang juga sudah umum dan sering kita dengar. Selain HTML, ada juga XHTML dan XML keduanya sama-sama banyak digunakan. Adapun format lain seperti Palm Resource file (PRC) dan compressed HTML atau yang lebih dikenal dengan singkatan CHM

E. Kelebihan dan Kekurangan E-book
Penggunaan e-book sudah sangat marak di masyarakat Indonesia karena dianggap murah dan mudah untuk didapatkan. Namun, selain memiliki kelebihan, e-book juga terdapat kekurangan yang harus diperhatikan.
1. Kelebihan E-book
a. Lebih Ringkas. E-book atau buku digital terbukti jauh lebih ringkas dibandingkan dengan buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membuka ebook kapan saja dan di mana saja
b. Lebih Awet. Karena bentuknya digital, tentu saja e-book lebih awet dan tidak mudah rusak seperti halnya buku cetak.
c. Lebih Murah. Proses pembuatan e-book sangat mudah dan murah sehingga harganya cenderung lebih murah dibanding buku cetakan
d. Ramah Lingkungan. E-book tidak membutuhkan tinta dan kertas sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang terbuat dari kertas dan tinta.

2. Kekurangan Ebook
a. Tidak Bisa Dipegang. Memang sebagian besar orang lebih suka yang ringkas. Namun, beberapa orang lebih suka memegang buku ketimbang gadget dan ini tidak bisa diberikan oleh ebook
b. Ukuran Huruf Lebih Kecil. Pada umumnya ukuran huruf pada e-book cenderung lebih kecil dibanding pada buku cetak, apalagi bila membukanya di ponsel.
c. Membuat Mata Cepat Lelah. Ketika membaca e-book, cahaya dari perangkat ponsel atau perangkat genggam lainnya akan membuat mata cepat lelah. Penggunaannya jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, misalnya mata minus.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian E-book, Tujuan, Fungsi, Format, Kelebihan, dan Kekurangannya"