Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alexa Rank: Pengertian, Sistem Ranking, Cara Cek, Cara Meningkatkan, Manfaat, dan Kekurangannya

Pengertian Alexa Rank
Alexa Rank
Pengertian Alexa Rank
Alexa Rank adalah tool marketing yang menggunakan data traffic sebuah website untuk me-ranking website popular. Sistem ranking Alexa ditentukan dengan menggabungkan data jumlah pengunjung dan berapa banyak halaman yang dikunjungi pengunjung website Anda.

Alexa Rank banyak digunakan oleh bisnis untuk menganalisa kompetisi. Alexa sendiri awalnya adalah perusahaan di California yang didirikan pada tahun 1996 dan diambil alih oleh Amazon pada tahun 1999. Alexa memang fokus di bidang pengumpulan data traffic website.

Pada awalnya, Anda membutuhkan toolbars dan extension browser untuk mengumpulkan data. Dengan data-data ini, Alexa membantu berbagai bisnis untuk berkembang.

Sistem Ranking Alexa Rank
Peringkat Alexa dihitung dengan mengombinasikan jumlah visitor setiap harinya dengan jumlah pageview yang didapatkan sebuah website dalam tiga bulan terakhir. Data-data ini dikumpulkan dari pengguna user internet yang menggunakan satu dari 25,000 extension browser di Google Chrome, Firefox, atau Internet Explorer yang menginstal script Alexa di dalamnya.

Kemudian Alexa menggunakan algoritma mereka untuk memperbaiki data-data yang dirasa bias untuk memberikan data yang lebih akurat. Selain itu, ada beberapa website yang memiliki coding Alexa di websitenya sehingga Alexa tahu berapa banyak orang yang datang ke website tersebut dengan lebih akurat. Karena data yang dikumpulkan dari penggunaan user internet hanyalah estimasi.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa Alexa menggunakan data dari pihak ketiga supaya bisa memberikan data dari sumber yang lebih luas. Kalau Anda mengunjungi website Alexa, Anda bisa langsung melihat ranking sebuah website tanpa harus menginstall extensions atau widget. Rankingnya tersedia secara global dan menurut negara.

Cara Cek Website dengan Alexa Rank
Untuk mengecek Alexa rank situs, hal pertama adalah mengunjungi situs Alexa. Setelah membuka situs Alexa, Anda tinggal memasukkan domain situs yang ingin dicek ranking-nya. Kemudian, klik tombol Find. Dalam waktu singkat, informasi detail mengenai situs tersebut dapat langsung ditemukan.

Di Alexa rank, data yang dapat dilihat adalah ranking global dan ranking situs web menurut negara yang dipilih. Anda bebas bereksplorasi untuk melihat negara-negara yang diinginkan. Namun, jika Anda pengguna gratis, negara yang dapat ditampilkan hanya lima, yaitu yang paling banyak mengakses situs itu.

Tidak hanya itu, Alexa rank juga menyediakan data pengunjung situs tersebut. Akan tetapi, informasi ini hanya dapat diakses pengguna berbayar Alexa. Namun, Anda masih bisa melihat informasi lain di Alexa rank, yaitu engagement rate.

Tentunya, situs ini pun menyediakan informasi bounce rate, jumlah halaman yang diakses pengunjung, dan waktu yang dihabiskan mereka di situs yang kamu cari datanya.

Selain itu, masih ada lagi yang bisa dicek di Alexa rank yaitu dari mana orang menemukan akses ke situs tersebut dan keyword apa saja yang mereka gunakan di mesin pencarian hingga menemukan sebuah laman di situsmu.

Bahkan, Alexa rank adalah penyedia informasi tentang situs apa yang diakses pengunjung situs tersebut sebelum dan sesudah berkunjung ke situs webmu. Sayangnya, ini adalah bagian berbayar lainnya dari Alexa rank.

Situs-situs yang memberikan backlink ke situsmu juga dapat dilihat dari Alexa. Waktu loading atau pemuatan website pun bisa diketahui cukup dengan tool marketing sederhana yang serba bisa ini.

Cara Meningkatkan Ranking di Alexa Rank
Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan Alexa Rank website Anda di antaranya,
1. Install toolbar Alexa
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, agar data website Anda bisa masuk ke database Alexa, Anda perlu menginstall toolbar atau extensions Alexa di browser Anda. Jadi langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan Alexa Rank adalah dengan menginstall toolbar Alexa. Setiap kali Anda mengunjungi website Anda, datanya akan masuk ke database Alexa.

Ini bisa membantu Alexa Rank website Anda untuk mengalami kenaikan yang signifikan. Untuk menginstall toolbar Alexa, Anda tinggal mengunjungi halaman download toolbar Alexa dan mengikuti langkahnya.

2. Install widget Alexa di website Anda
Selain toolbar, Anda juga perlu menginstall widget Alexa di website Anda. Toolbar Alexa hanya merekam kunjungan yang datang dari browser Anda. Jadi kalau pengunjung website Anda tidak memiliki toolbar Alexa, kunjungan mereka tidak akan dihitung oleh Alexa.

Install widget Alexa di website Anda. Widget Alexa di website Anda menghitung semua kunjungan ke website Anda. Bagi Anda yang menggunakan WordPress, Anda bisa langsung menginstall plugin Alexa Rank Widget.

3. Buat dan post konten yang menarik dan memiliki nilai
Konten adalah hal penting untuk website. Untuk mendapatkan banyak pengunjung dan traffic, tentunya Anda memerlukan konten yang menarik dan dioptimasi untuk SEO.  Anda pasti tahu bahwa search engine atau mesin pencari suka dengan konten yang mendapat banyak klik. Jika website Anda memiliki ranking tinggi di mesin pencari, ranking Anda di Alexa juga akan ikut naik.

Selain itu, dengan konten yang menarik dan memiliki nilai, Anda mungkin akan mengundang visitor untuk kembali mengunjungi website Anda di waktu lain. Ini juga bisa membantu meningkatkan Alexa Rank Anda. Coba lakukan strategi digital marketing lainnya seperti social media marketing, email marketing, dan sebagainya untuk menarik kembali orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda.

Manfaat Peringkat Alexa Rank
Pada Webmasters dan advertising network menggunakan Alexa Rank untuk mengukur nilai link iklan pada website Anda. Ketika website Anda bergantung pada iklan atau melakukan penjualan website sebagai bentuk monetisasi, Anda pasti ingin meningkatkan peringkat Alexa Anda ke urutan atas, oleh karena hal itu akan meningkatkan harga tawar Anda ketika Anda menawarkan harga iklan.

Selain itu peringkat Alexa juga bisa menjadi salah satu pembanding website kita dengan kompetitor dari sudut pandang tertentu sehingga Anda bisa mengetahu kekuatan Anda serta kompetitor sejauh mana dan apa yang kiranya bisa diperbaiki, dipertahankan dan ditingkatkan untuk trafik Website Anda kedepannya.

Sebenarnya ada banyak sekali alasan mengapa Anda perlu melihat peringkat website Anda pada Alexa, dan tentunya informasi  yang diberikan bisa bermanfaat banyak untuk kebutuhan Anda.

Kekurangan Alexa Rank
Peringkat Alexa sangat condong kepada audience teknologi karena audience tech savvy, termasuk juga orang-orang internet marketer biasanya meng-install Alexa Toolbar pada browser mereka.

Banyak yang mengindikasikan bahwa Alexa adalah metode yang tidak akurat untuk mengukur reach dari website, traffic dan potensi dari website. namun perihal ini tergantung dengan bagaimana Anda menyingkapi dengan baik penggunaan Alexa.

Bahkan Ada banyak cara memanipulasi peringkat alexa, tertunya hal ini sangat tidak disarankan karena akan membuat Anda kesulitan untuk mempelajari serta kesulitan mendapatkan data yang real untuk evaluasi website Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Alexa Rank: Pengertian, Sistem Ranking, Cara Cek, Cara Meningkatkan, Manfaat, dan Kekurangannya"