Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menampilkan, dan Manfaatnya

Pengertian Widget atau Gadget
Widget (Gadget)
Pengertian Widget
Widget atau Gadget adalah aplikasi pendukung untuk kelengkapan fitur sebuah blog atau website yang isinya berupa kode-kode atau script yang bisa menampilkan sistem dan tayangan tertentu. Aplikasi kecil ini terpisah dari struktur template dasar.

Untuk menggunakannya harus diinstall atau dipasang kemudian setelah sebuah template dan blog selesai dibuat. Widget atau Gadget ini berfungsinya guna melengkapi fitur yang belum tersedia pada template sebuah blog secara default.

Widget pada dasarnya digunakan untuk memperbaharui website dan menjadikannya lebih menarik perhatian dengan cara-cara sederhana. Widget berfokus pada bagaimana cara meningkatkan pengunjung berinteraksi dengan website agar mereka mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Fungsi widget
Widget memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah memberikan informasi kepada pengunjung mengenai website atau situs yang dikunjungi oleh pengunjung. Berikut beberapa fungsi lain penggunaan widget di antaranya,
1. Membuat web atau blog lebih menarik
Dengan menggunakan berbagai widget kita dapat mempercantik tampilan website agar bisa menarik visitor website dan betah saat berkunjung. Penambahan widget ini bisa berupa gambar, foto, video dan lain-lain.

2. Memberikan informasi tentang web/blog
Memiliki website menjadi hal yang wajib, hal ini karena artikel dapat menarik pengunjung, menambah traffic dan juga meningkatkan page rank website. Maka dari itu, manfaat ini bisa dimaksimalkan dengan penggunaan widget, Anda bisa memberikan informasi tentang artikel populer hingga informasi tentang artikel baru.

3. Menjadi sarana untuk beriklan
Dengan menggunakan widget Anda juga bisa menempatkan iklan sesuai kebutuhan, sehingga dengan widget iklan tersebut Anda menawarkan ke pengunjung tentang produk, maupun kampanye program yang sudah dijalankan.

4. Menambah followers di platform lainnya
Selain traffic website yang didapatkan, dengan menggunakan widget Anda bisa mendapatkan followers yang bisa menjadi pelanggan di sosial media lainnya. Banyak pilihan widget yang bisa Anda install untuk menampilkan Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

5. Memudahkan pengunjung mencari informasi
Salah satu yang terpenting pada website adalah user experience, maka dari itu agar pengunjung memiliki pengalaman yang baik terhadap website, Anda bisa menggunakan widget yang bisa mempermudah pengunjung mencari informasi. Salah satu widget yang bisa digunakan adalah widget search, yang memudahkan pengguna untuk mencari konten di website.

Jenis widget
1. Archive. Widget ini digunakan untuk menampilkan postingan per bulan. Bisa diletakkan pada footer atau sidebar pada setiap halaman website.
2. Audio. Memiliki fungsi untuk menambahkan audio sesuai dengan halaman yang kamu tuju. Untuk menambahkannya kamu cukup menggugah audio dengan format mp3, kemudian klik Add Audio.
3. Calendar. Seperti namanya, widget calendar ini berfungsi untuk menampilkan tanggal, bulan dan tahun.
4. Categories. Widget ini berfungsi untuk mengelompokkan topik artikel/postingan/blog dengan mudah. Caranya cukup dengan menampilkan daftar kategori pada setiap artikel atau postingan yang ada di websitemu.
5. Gallery. Digunakan untuk menampilkan lebih dari satu grup yang ada pada website. Gambar-gambar ini juga bermanfaat untuk menambah kepercayaan dari pelanggan, dan juga kredibilitas perusahaan karena melihat dokumentasi-dokumentasi terpercaya yang diunggah di website.
6. Meta. Fungsi meta adalah untuk menampilkan beberapa link. Link tersebut di antaranya adalah register/site admin, untuk mengarahkan ke dashboard, Log in/Log out untuk melakukan login dan logout pada halaman website panel admin.
7. Videos. Sama halnya dengan widget image yang berfungsi untuk menampilkan gambar, widget video berfungsi untuk menampilkan video. Video ini bisa didapatkan dari URL YouTube atau video yang diunggah dahulu di website.
8. Recent post. Ingin membuat pengunjung betah dan bisa mendapatkan updates terbaru. Kamu bisa memberikan informasi mengenai artikel terbaru kepada pengunjung dengan widget recent post.
9. Navigation menu. Salah satu widget penting yang juga bisa memudahkan pengunjung dalam mencari informasi. Dengan navigasi menu akan membuat pengunjung tidak perlu repot untuk kembali ke atas website.
10. Pages. Tentunya pengunjung akan memberikan pengalaman terbaiknya, jika website memiliki widget-widget yang memudahkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan widget pages. Pada widget ini Anda bisa memudahkan pengunjung untuk bisa langsung mengakses halaman posting yang sedang dicari.

Cara Menampilkan Widget pada Blogger
1. Masuklah pada aku blog Anda
2. Masuk dashboard blog
3. Klik “Layout” atau “Tata letak”
4. Di setiap kolom gadget, klik “Add gadget” atau “Tambahkan gadget”
5. Lalu akan muncul tap baru, kita bisa memilih beberapa tampilan gadget pada menu “Other gadget” atau “Gadget lainnya”. Atau jika kita mengambil widget/gadget dari situs widget gratisan yang sudah menyediakan kodenya, silahkan klik “Dasar-dasar” pilih “HTML/Java script” lalu masukkan kodenya dan klik “Save” atau “Simpan” seperti gambar di bawah ini :
Widget atau Gadget pada Blogger
Widget pada Blogger
Manfaat Menggunakan Widget di Situs Web
1. Mudah dan murah untuk di instal dan digunakan
Kelebihan menggunakan widget, pertama adalah ini merupakan solusi yang mudah dan murah. Ini tidak terlepas, untuk menambahkan widget tidak seperti menginstall hal rumit lainnya mengingat widget bukanlah modifikasi masif bagi website.

Belum lagi widget juga tidak memerlukan downtime apapun sehingga Anda tidak perlu menggunakan mode maintenance ketika mengaplikasikan atau menginstalnya. Anda dapat menambahkan widget dengan cepat dan widget siap digunakan. Lebih baik lagi, mayoritas widget yang ada juga gratis karenanya Anda tidak mengeluarkan biaya untuk manfaat yang diberikan.

2. Membantu meningkatkan fungsionalitas website
Mungkin keuntungan terbesar dari widget adalah, fungsionalitas tambahan bagi website Anda. Apapun yang Anda tambahkan entah itu kalender, tech support otomatis, kolom tanya jawab dan lainnya, widget membuat website Anda lebih interaktif dan memiliki banyak pilihan dibanding sebelumnya.

Karena widget selalu memberikan peningkatan terhadap fungsionalitas website Anda. Bahkan widget mampu mengotomasi beberapa proses atau alur kerja tertentu misalnya customer service, sehingga pekerja lain bisa fokus pada hal yang lebih penting untuk membangun dan mengembangkan isi konten situs web Anda.

3. Mempunyai tujuan dan fungsi yang bervariasi
Website tentu memiliki pendekatan yang berbeda untuk meningkatkan user experience atau pengalaman penggunanya tersendiri. Pada dasarnya, tidak ada satu widget yang bisa memberikan Anda seluruh solusi, namun widget tersedia untuk seluruh hal yang Anda perlukan, apapun kebutuhan Anda dalam mengembangka situs web Anda.

Jika Anda tidak menemukan widget untuk hal yang Anda perlukan, Anda juga bisa membayar seseorang untuk membuatnya karena widget bukan hal yang sulit untuk didesain.

4. Dapat dikostumisasi dan disesuaikan dengan kebutuhan
Widget biasanya hanya berfungsi untuk satu hal yang sudah ditentukan penggunaannya dan Anda tidak bisa digunakan untuk fungsi lain. Namun kebanyakan widget memberikan Anda keleluasaan untuk melakukan kustomisasi karena widget harus bisa berguna untuk beragam website dan webmaster, Anda bisa mengubah tampilannya hingga batas tertentu.

Beberapa widget bahkan menawarkan pengaturan yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol hal-hal yang harus ditampilkan widget dan bagaimana widget bekerja. Karena itu tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan widget dengan website atau tema apapun.

5. Membangun user experience yang baik dan menarik di mata pengunjung
Tujuan dalam pemakaian widget untuk suatu website adalah agar website Anda semakin menarik bagi pengguna atau pengunjung. Dengan menambahkan berbagai fitur yang interaktif Anda meningkatkan user experience mereka.

Widget yang Anda pilih dapat memberikan mereka konten yang lebih banyak, informasi yang lebih lengkap, interaksi dengan website yang lebih lama, bahkan membuat mereka menyelesaikan suatu masalah, dan masih banyak lagi. User experience sendiri adalah hal yang sangat penting dan hal tersebut akan membedakan website Anda dengan berbagai website di jagat internet.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Widget: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menampilkan, dan Manfaatnya"