Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Engagement Rate, Faktor, Fungsi, dan Cara Mengukurnya

Pengertian Engagement Rate, Faktor, Fungsi, dan Cara Mengukurnya


A. Pengertian Engagement Rate

Engagement rate adalah suatu metrik standar yang dimanfaatkan dalam pemasaran media sosial dalam mengukur performa pada suatu konten di platform media sosial, khususnya di Instagram dan juga Facebook. Istilah ini digunakan sebagai alat dalam mengukur keterlibatan followers atau pengikut dalam suatu akun media sosial.

Indikator ini sangat penting dipahami dan dimengerti oleh para influencer dan digital marketer untuk menilai keterlibatan audiens dengan post yang sudah mereka publikasikan. Jika suatu konten bisa mendapatkan banyak perhatian dari pihak follower, maka pengetahuan publik pada suatu brand akan secara otomatis meningkat.

Engagement rate juga bisa digunakan sebagai alat riset guna memahami keinginan audiens berdasarkan dengan jumlah interaksi mereka dengan beberapa atau suatu konten tertentu. Hal tersebut bisa dinilai langsung postingan mana yang memiliki jumlah engagement paling banyak atau paling sedikit.

B. Faktor yang Memengaruhi Engagement Rate
Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi engagement rate berdasarkan platform yang digunakan di antaranya,
1. Pada situs web: scroll depth, lama rata-rata pengunjung di sebuah halaman, tampilan halaman rata-rata, bounce rate, jumlah shares dan beragam bentuk konversi
2. Di ranah sosial media: Berbagai media sudah menyertakan metrik untuk menghitung jumlah likes, shares, dan komentar untuk masing-masing konten
3. Facebook: reaksi, klik, komentar, dan shares
4. LinkedIn: interaksi, klik, pengikut diperoleh, dan posts
5. Instagram: likes dan komentar
6. Twitter: retweet, komentar, dan likes
7. Pinterest: likes, komentar, dan pins
8. Pada kampanye email termasuk open rates dan click-through rates

Sebagian besar kampanye multisaluran melibatkan pengukuran engagement rate di berbagai media. Memantau tingkat keterlibatan audiens dapat membantu marketer untuk menentukan apakah strategi pemasarannya telah menyentuh target. Angka keterlibatan yang tidak memadai menunjukkan bahwa tim pemasaran perlu mengubah tone dari konten, pesan yang dimaksudkan, atau bahkan beralih ke media yang lain.

C. Fungsi Engagement Rate
Selain digunakan untuk alat ukur keberhasilan pada suatu kontenten, engagement rate juga berfungsi untuk meningkatkan efektivitas performa tim marketing di media sosial.
1. Memberikan Pemaparan yang Lebih Jelas Terkait Kegiatan Audiens
Kebanyakan orang pada umumnya akan lebih menyukai suatu post karena mereka melihat orang di sekitarnya juga melakukan hal serupa. Adanya jumlah likes yang meningkat buka berarti suatu post tersebut memiliki nilai yang baik di mata audiens. Karena, banyak sekali konten di luar sana yang memiliki jumlah likes tidak terlalu banyak namun banyak dicari di media sosial.

Untuk itu, engagement rate dijadikan suatu alat ukur untuk menyaring kegiatan followers tersebut, dengan mengungkapkan apa saja kebutuhan mereka dan berbagai hal yang saat ini memang sedang menjadi tren.

2. Kacamata Untuk Melihat Kinerja Kompetitor
Contoh sederhana yang bisa kita ambil adalah seorang penyanyi dunia bernama Lady Gaga, dirinya  hanya mempunyai angka engagement rate sebanyak 0.6% pada tahun 2015 di Facebook. Bahkan, perlu Anda ketahui bahwa halaman resmi dari Facebook sendiri pun hanya memiliki engagement rate sebanyak 0,9% saja.

Berdasarkan perhitungan yang di ambil dari Social media today, bisa kita simpulkan bahwa beberapa nama besar pun masih bisa melakukan kesalahan dalam hal pemasarannya sendiri. Untuk itu, engagement rate bisa dijadikan sebagai alat terbaik untuk menilai performa kompetitor di perusahaan lain.

Nilai engagement rate kompetitor akan tinggi jika kampanye media sosial yang dikerjakannya memang sedang berkembang. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai media pembelajaran untuk para tim marketing dengan cara memantau bagaimana kompetitor menyampaikan pesan dan metrik stretegi yang mereka terapkan setiap harinya.

Hal tersebut berlaku jika kompetitor mengalami jumlah penurunan, pihak marketer bisa melihat apa saja faktor yang membuat pengurangan angka engagement rate.

D. Cara Mengukur Engagement Rate
Likes, comments, dan shares adalah beberapa metrik yang bisa digunakan untuk mengukur engagement rate. Namun, metrik tersebut sangat beragam, tergantung pada channel apa yang digunakan. Sebagai contoh, untuk mengukur engagement rate, maka Anda harus mempertimbangkan metrik saved dan add to story. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa menilai dan mengukur engagement rate di media sosial.
1. Engagement Rate By Reach
Perhitungan engagement rate yang dilakukan berdasarkan jumlah reach akan lebih akurat daripada perhitungan berdasarkan followers saja. Karena kenyataannya tidak semua followers bisa melihat konten yang di publikasikan di media sosial, mereka yang tidak mem follow pun bisa saja melihat konten Anda.

Selain itu, angka reach yang terus berubah-ubah juga dipengaruhi oleh angka ERR pad post yang sudah dihitung. Nah, untuk mengukur engagement rate berdasarkan reach, maka Anda bisa menggunakan rumus ER = Total engagements per post / Reach per post x 100.

2. Engagement Rate Post
Perhitungan engagement rate  yang dilakukan berdasarkan post bisa Anda gunakan jika media sosial Anda mempunyai angka reach post yang cukup fluktuatif. Dengan pembagian melalui angka followes, maka nilai engagement rate nantinya akan lebih stabil. Tapi, perhitungan ini tidak akan memengaruhi nilai engagement rate pada viral post dengan reach yang lebih tinggi, karena rumus yang digunakan adalah ER = Total engagements on a post / Total followers x 100

3. Engagement Rate Impressions
Perhitungan ini sangat sesuai digunakan pada kampanya yang memerlukan perhitungan berdasarkan impresi. Namun, angka impresi ini bisa berubah-ubah dan tidak tetap. Rumus untuk menghitungnya adalah ER = Total engagements on a post / Total impressions x 100

4. Daily Engagement Rate
Perhitungan jenis ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan kisaran engagement rate per hari, bukan per post. Tapi, cara ini dinilai tidak terlalu akurat karena nantinya Anda akan sulit membedakan satu follower yang engage berulang kali dengan banyak follower yang hanya engage dalam satu kali di hari itu. Rumus yang bisa digunakan adalah ER = Total engagements in a day / Total followers x 100

5. Engagement Rate Views
Nilai perhitungan yang dilakukan berdasarkan views ini sangat cocok digunakan jika brand atau merk Anda menjadi suatu konten utama dalam meraih engagement. Perlu Anda ketahui bahwa views berbeda dengan unique views. Itu artinya, 1000 jumlah views yang Anda dapatkan bisa saja berasal dari 300 users yang nonton berulang kali. Untuk menghitungnya, Anda bisa menggunakan rumus ER = Total engagements on video post / Total video views x 100
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Engagement Rate, Faktor, Fungsi, dan Cara Mengukurnya"