Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Press Release, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, dan Contohnya

Pengertian Press Release, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, dan Contohnya


A. Pengertian Press Release (Siaran Pers)

Press Release (siaran pers) adalah sarana untuk menyampaikan informasi kepada publik. Pemberitahuan informasi ini bersifat resmi dan disampaikan oleh pihak humas (Public Relation) suatu instansi. Informasi tersebut kemudian akan disalurkan melalui berbagai media pemberitaan. Dengan pemberitaan melalui press release, perusahaan nantinya dapat dikenal oleh masyarakat. Hasilnya berbagai produk yang dibuat akan laku di pasaran.

Press release umumnya ditulis secara singkat, namun sarat akan informasi. Hal ini bertujuan agar seluruh hal penting dapat tersampaikan dengan baik oleh media pemberitaan. Selain itu, ada baiknya dokumen ini ditulis dengan gaya bahasa yang formal agar mudah dimengerti oleh publik. Dengan demikian, masyarakat dapat menyerap seluruh informasi dengan baik, tanpa adanya kekaburan makna.

B. Fungsi Press Release (Siaran Pers)
Terdapat beberapa fungsi dari penggunaan press release di antaranya,
1. Sarana Publikasi Instan
Dengan menggunakan sarana press release yang diberitakan oleh media massa, segala informasi terbaru atas perusahaan Anda dapat tersampaikan secara instan. Dengan demikian, penyampaian informasi kepada publik dapat lebih efektif, bahkan ketika jika ada suatu publikasi yang perlu disampaikan secara mendesak sekalipun.

2. Meningkatkan Nilai Penjualan
Pembaharuan informasi secara berkala akan membantu masyarakat semakin kenal produk dari perusahaan. Otomatis penjualan pun kian meningkat. Hasilnya laba perusahaan pun akan terus naik seiring berjalannya waktu dan tentu hal ini sangat menguntungkan perusahaan.

3. Sarana Pemasaran yang Efektif
Dibandingkan harus menyewa jasa advertising dengan segala kebutuhan yang diperlukan, pemberitaan melalui press release lebih efektif dalam memasarkan produk. Hal ini dikarenakan perusahaan Anda cukup menuliskan uraian informasi terbaru dalam beberapa lembar dan menyalurkannya kepada media massa. Selanjutnya, media massa akan memberitakan segala informasi yang telah Anda sampaikan dari siaran pers kepada masyarakat luas.

4. Meningkatkan Traffic Kunjungan Website Perusahaan
Semakin banyak publikasi informasi yang Anda sampaikan pada masyarakat. Maka, makin meningkat pula rasa penasaran publik atas perusahaan Anda. Alhasil, masyarakat akan mengakses situs perusahaan Anda untuk tahu lebih lanjut seputar produk yang dihasilkan.

5. Kredibilitas Perusahaan Semakin Baik
Peluncuran rilis media akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk Anda akan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan publik mampu mengetahui banyak hal seputar produk dari perusahaan Anda. Selain itu, masyarakat semakin mengenal perusahaan Anda sebagai produsen yang terpercaya. Maka jika ada peluncuran produk baru, tentu masyarakat sudah yakin akan kualitasnya.

6. Membangun Hubungan yang Baik dengan Media
Melalui press release, perusahaan Anda dapat membangun kedekatan hubungan dengan media. Semakin sering menyampaikan publikasi, media pun akan kian kenal dengan seluk-beluk serta keunggulan produk Anda. Hasilnya media akan menyiarkan citra yang bagus terhadap perusahaan Anda. Dengan demikian, publik akan semakin kenal lebih jauh dengan berbagai produk dari perusahaan.

7. Menarik Minat Investor
Perusahaan mampu menarik minat investor untuk menanamkan modal dengan hanya menggunakan siaran pers. Hal tersebut karena perusahaan Anda dinilai telah memiliki kredibilitas baik. Kemudian dengan modal tambahan modal yang berasal dari investor, perusahaan juga mampu mengembangkan produk dan segala faktor operasional. Hasilnya, perusahaan Anda akan semakin maju dan sejahtera di kemudian hari.

C. Jenis Press Release (Siaran Pers)
Terdapat banyak press release yang biasa dipakai oleh perusahaan dalam menyampaikan informasi di antaranya,
1. General News
Ini adalah bentuk paling umum dari press release. Lazimnya, press release jenis ini berisikan berita tentang sebuah peristiwa. Namun, perusahaan kerap melakukan modifikasi terhadap press release  jenis ini. Press release jenis ini lazim digunakan dan umumnya dipakai oleh beberapa pihak dalam menyampaikan berita.

Ia jadi dasar bagi press release lain, karena memang press release intinya adalah menyampaikan informasi kepada khalayak. Biasanya, ketika perusahaan mendapatkan sebuah penghargaan, mereka akan membuat press release tentang penghargaan mereka. Hal yang tidak salah memang, karena hal itu juga memiliki nilai berita tersendiri.

2. Launch Release
Press release jenis ini biasanya berkaitan dengan peluncuran perusahaan, produk, situs, atau hal-hal lain yang sifatnya pertama kali. Formatnya sama dengan tipe general news, tapi lebih dengan penekanan soal apa yang akan datang.

Contoh press release ini biasanya bersifat kasual. Ia juga bisa jadi alat untuk menjabarkan ide atau sesuatu yang akan datang. Sebabnya, press release jenis ini berkaitan dengan sesuatu yang baru. Biasanya, setelah launch release ini, akan ada press release lanjutan yang disampaikan. Press release yang kelak akan datang akan berisi lanjutan dari apa yang sudah diluncurkan sebelumnya.

3. Event Press Release
Press release jenis ini berkaitan dengan event yang sedang terjadi. Ia menjelaskan detail-detail tentang event yang sedang terlaksana di sebuah tempat. Ia akan jadi info tersendiri bagi publik yang datang mengunjungi event tersebut. Format dari press release jenis ini juga tidak mesti memenuhi kaidah 5W (What, Where, When, Who, atau Why) 1H (How).

Ia bisa berbentuk list, outline, atau poin-poin tentang acara tersebut. Press release-nya tentu tak boleh membosankan.

4. Product Press Release
Press release jenis ini hampir sama dengan launch press release. Bedanya, product press release menyertakan spesifikasi dari produk yang diumumkan. Hal ini membuat press release jenis ini lebih lengkap. Dari press release ini juga, bisa dilihat keunggulan dan kelebihan dari produk tersebut. Selain itu, press release ini juga bisa menilai mengenai bagus atau tidaknya produk tersebut.

5. Executive, Staff, dan Employee Press Release
Perusahaan besar biasanya menggunakan press release untuk mengumumkan perekrutan karyawan baru, apalagi jika karyawan itu menghuni posisi penting di sebuah perusahaan. Contoh press release ini biasanya berkaitan dengan penunjukkan direktur atau komisaris baru. Isi dari press release ini lazimnya adalah informasi mengenai biografi dari si karyawan baru.

Foto dari sang karyawan baru juga kerap diperlihatkan, agar orang-orang bisa segera tahu orang mana yang sedang diperkenalkan itu.

6. Expert Position Press Release
Contoh press release ini biasa digunakan untuk menjelaskan tentang seseorang. Bedanya dengan biografi, press release ini akan menjelaskan kemampuan seseorang di bidang tertentu. Sokongan dari pihak ketiga dalam press release jenis ini juga dibutuhkan. Press release ini kelak akan jadi rujukan perusahaan, jika mereka memang membutuhkan jasa dari orang tersebut. Ia jadi sumber informasi bagi perusahaan tentang orang yang memang mereka butuhkan itu.

D. Cara Membuat Press Release (Siaran Pers)
Berikut beberapa cara membuat rilis media yang baik dan benar agar informasi yang hendak disampaikan dapat termuat dengan baik.
1. Tentukan Gagasan Utama
Sebelum menulis sebuah siaran pers, tentu Anda perlu mengetahui lebih dulu apa gagasan atau ide pokok yang hendak disampaikan. Jika bingung, Anda dapat bertanya pada bagian pemasaran perusahaan mengenai informasi apa saja yang akan dipublikasikan.

2. Gunakan Struktur Jurnalistik Piramida Terbalik
Langkah selanjutnya adalah mulai menulis siaran pers. Anda dapat menggunakan struktur piramida terbalik dalam memaparkan informasi. Dalam struktur ini, diawali dari judul, lead (gagasan utama/isi), body (uraian penjelas), dan penutup.

Dengan menggunakan struktur demikian, akan memudahkan media dalam melakukan publikasi siaran pers  Anda. Tak hanya itu, publik pun akan lebih mengerti apa informasi yang disampaikan dalam siaran tersebut.

3. Muat Unsur 5W+1H
Sebaiknya, siaran pers yang Anda tulis telah memuat unsur 5W+1H, berupa what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Melalui teknik penulisan ini, nantinya siaran pers akan tersaji informasi yang lebih runtut dan teratur.

7. Sisipkan Ilustrasi Menarik
Agar publik dapat lebih paham dengan isi siaran pers, Anda dapat menyisipkan beberapa ilustrasi  menarik yang memiliki kaitan dengan informasi yang hendak disampaikan. Dengan begitu, penyampaian informasi jadi lebih optimal.

8. Baca Kembali (Proofreading) Press Release yang Telah Ditulis
Setelah selesai membuat siaran pers, Anda perlu membacanya kembali untuk menemukan beberapa kesalahan. Hal ini dapat berupa saltik (typo), kalimat yang kurang efektif, penyampaian informasi yang berulang-ulang, dan lainnya.

Dengan begitu, tulisan press release dapat menjadi lebih baik. Lalu, informasi pun dapat tersampaikan dengan maksimal.
 
E. Contoh Press Release (Siaran Pers)
Umumnya, siaran press terbagi menjadi 4 menurut kegunaannya yakni event, perusahaan, berita serta produk.
1. Contoh Press Relase Event
Dinas Pariwisata Bantul
Siaran Pers
Lomba Merias Wajah Se-Bantul
Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI, dinas pariwisata bekerja sama dengan hotel Bantul 67 akan menyelenggarakan lomba merias wajah. Acara ini dapat diikuti oleh remaja dan orang dewasa. Semua orang dapat mengikuti lomba tersebut baik laki-laki maupun perempuan dengan syarat berdomisili di Bantul.
a. Remaja kategori umur 12-19 tahun
b. Dewasa kategori umur 20-29 tahun
Penyelenggaraan lomba akan dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2019. Mengenai tempat dan detail acaranya akan segera diinfokan di website Dinas Pariwisata Bantul. Proses pendaftaran bisa dilakukan mulai 25 Juli hingga 30 Juli. Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan hubungi pihak panitia.
Windi: nomer tlp
 
2. Contoh Press Release Perusahaan
Herbalia
Siaran Pers
Bersama PT Ero, Herbalia Kembangkan Bisnis Indonesia
Senin (11/05/20), Herbalia melakukan penandatanganan kontrak dengan PT Ero guna menjalani pengembangan bisnis bersama dalam 2 tahun mendatang. Kolaborasi tersebut dilakukan demi tercapainya kebutuhan masyarakat terutama di bidang kuliner sehat.
Penandatanganan tersebut dilakukan di hotel Bantul 67 dilakukan oleh Direktur Umum Herbalia dan Direktur Utama PT Ero. Dengan diadakannya kerja sama ini diharapkan kuliner di Yogyakarta bisa berkembang lebih baik lagi sehingga masyarakat dapat menerapkan hidup sehat tanpa bahan pengawet.
Media Contact
Herbalia
 
3. Contoh Press Release Berita
Badan Peneliti Negara
Press Release
Pernyataan Terkait Informasi HOAX Gaji Naik Saat Pandemi Corona
Terkait dengan beredarnya informasi kenaikan gaji saat pandemi corona yang beredar secara meluas melalu aplikasi sosial media Whatsapp serta Facebook, Badan Peneliti Negara menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar atau hoax.
Tidak ada kenaikan gaji maupun tunjangan hingga durasi yang belum bisa ditentukan. Meskipun Demikian, BPN akan berusaha sepenuh hati untuk memberikan THR tepat waktu sekitar 1 minggu sebelum lebaran. Diharapkan para pegawa dapat memahami dengan baik mengenai informasi ini.
Di masa pandemi corona ini diharapkan semua tetap melaksanakan pekerjaan dari rumah dan tidak cepat termakan berita HOAX yang umumnya banyak disebar via jejaring sosial media. Untuk itu, BNN akan segera memperbaharui serta mengupdate website resmi guna menyediakan informasi bagi para pegawai.
Bantul, 12 Mei 2020
Biro Hukum BPN
 
4. Contoh Press Relase Produk
Herbalia Launching Wedang Jahe Enak (WJE)
Pada tanggal 10 Mei 2020 secara resmi memperkenalkan produk alaminya yang dinamakan WJE. Produk berbahan natural ini memiliki rasa enak dan mampu memberikan berbagai manfaat untuk masyarakat. Wedang Jahe Enak dapat menghangatkan tubuh serta mengobati masuk angin.
Wedang jahe ini tidak memiliki efek samping sehingga aman bagi seluruh lapisan masyarakat. Cara membuatnya cukup praktis karena hanya perlu diseduh dengan air panas saja. Harapannya, minuman penghangat tersebut bisa menjadi pilihan di hati masyarakat.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Press Release, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, dan Contohnya"