Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Giveaway: Pengertian, Dampak, Jenis, Cara Membuat, Tips, dan Contohnya

Pengertian Giveaway
Giveaway
Pengertian Giveaway
Giveaway adalah suatu kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan giveaway ini berkembang menjadi suatu ajang dalam mempromosikan suatu produk. Dalam konteks marketing, hadiah ini biasanya berupa produk promosional.

Dampak Giveaway
Terdapat beberapa dampak giveaway pada perkembangan bisnis di antaranya,
1. Meningkatkan Leads
Meningkatkan leads adalah dampak dari strategi marketing yang satu ini. Apalagi jika Anda baru mulai merintis usaha. Hubungilah calon pelanggan atau konsumen potensial lewat kontak yang mereka berikan, seperti nomor telepon, email, atau akun sosial media.

Lewat kontak ini Anda bisa memberikan informasi yang berhubungan dengan bisnis yang Anda rintis, misalnya promosi, produk baru, dan lainnya. Jadi, pilihlah calon pelanggan atau konsumen yang berpotensi meningkatkan brand milik Anda.

2. Meningkatkan Engagement
Salah satu alasan strategi marketing menggunakan pendekatan giveaway adalah bisa meningkatkan engagement, karena bisa membangun komunikasi antara pemilik brand dengan pelanggan atau konsumen. Engagement ini sangat penting untuk membentuk suatu pelanggan atau konsumen yang loyal terhadap brand milik Anda.

Anda bisa menggunakan engagement untuk mendapatkan feedback atau umpan balik dari para pelanggan dan konsumen. Engagement yang baik bisa membuat bisnis yang Anda rintis lebih mudah berkembang dan jangkauan konsumennya lebih luas.

3. Meningkatkan Brand Awareness
Salah satu tujuan dari giveaway adalah memperkenalkan brand secara lebih luas kepada calon pelanggan atau konsumen. Hal ini merupakan dampak giveaway pada strategi marketing yang sangat penting.  Semakin banyak peserta yang terlibat, maka semakin banyak pula orang yang mengetahui brand tersebut.

4. Hemat Pengeluaran
Dampak paling penting dari giveaway adalah menghemat pengeluaran. Walaupun sekilas promosi ini terlihat boros karena membagikan hadiah, faktanya dana yang dikeluarkan tergolong sangat minim. Bahkan dana yang digunakan untuk mengadakan promosi ini bisa diganti dengan pemasukan yang lebih banyak jika dilakukan secara tepat.

Jenis Giveaway
Dalam proses pelaksanaannya, terdapat dua jenis giveaway yang berbeda di antaranya,
1. Self Giveaway
Self giveaway adalah suatu jenis giveaway yang dilakukan secara mandiri dan sendiri, mulai dari sisi promosi, ketentuan, sampai hadiah. Seluruh hal tersebut dilakukan dan diatur oleh Anda sendiri. Umumnya, giveaway ini dilakukan oleh para pebisnis yang memang sudah berpengalaman dan memiliki banyak konsumen dan budget marketing tertentu.

Untuk itu, jangan terkejut jika jenis giveaway ini bisa dilakukan dengan berbagai varian. Berbagai persyaratan yang ada giveaway tersebut pun berbeda-beda tergantung dengan tujuan diadakannya giveaway, seperti meminta setiap pesertanya untuk mengikuti atau follow akun media sosial, memberikan tantangan untuk mendownload atau mengupload foto tertentu di media sosial, dll.

Pun sama halnya dengan hadiah, Anda bisa memberikan hadiah berupa suatu produk fisik digital yang sesuai dengan jenis usaha yang Anda jalankan.

2. Sponsor Giveaway
Jenis giveaway ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat event giveaway tertentu namun tidak ingin repot. Jadi, sponsor giveaway adalah suatu jenis giveaway yang dijalankan oleh pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan host.

Serangkaian yang ada pada acara giveaway tersebut akan diatur oleh host, jadi Anda hanya harus membayar jasa nya saja. Biasanya, jenis giveaway ini diselenggarakan oleh beberapa brand secara bersamaan, sehingga acara giveaway menjadi seperti suatu acara yang besar.

Jenis giveaway ini akan cocok dilakukan oleh Anda yang ingin meningkatkan brand awareness ataupun engagement. Untuk itu, syarat umum pada jenis giveaway ini adalah mendapatkan partisipan sebanyak-banyaknya. Selain itu, sponsor giveaway sangat cocok untuk Anda yang baru menjalankan online shop dengan audiens yang belum  luas.

Cara Membuat Giveaway
1. Apa tujuan mengadakan giveaway?
Langkah pertama untuk mengadakan event ini tentunya menetapkan tujuan. Tujuan apa yang hendak Anda capai? Apakah untuk menambah follower, meningkatkan penjualan atau mendekatkan diri dengan konsumen?

Misalnya sebuah brand makanan mengadakan giveaway dengan meminta konsumen untuk menceritakan kesannya terhadap rasa sambel yang dibuat. Para peserta tentunya akan berusaha untuk memberikan komentar atau kesan positif terhadap rasa sambal tersebut. Nah inilah yang mampu menaikkan engagement.

Karena semakin banyak orang yang berkomentar positif maka semakin banyak pula konsumen yang percaya terhadap brand Anda.

2. Hadiah apa yang cocok untuk giveaway?
Setelah menetapkan tujuan, tentunya Anda harus memilih jenis hadiah yang cocok. Jika tujuan Anda untuk meningkatkan leads, tentunya hadiah yang diberikan adalah produk milik Anda sendiri. Semakin banyak peserta mengikuti event ini maka semakin banyak pula orang yang menginginkan produk Anda.

3. Apa syarat mengikuti giveaway?
Bagaimana cara Anda untuk menentukan pemenang giveaway? Tentunya Anda harus memiliki persyaratan atau ketentuan. Jangan sampai persyaratan yang Anda buat sedikit namun hadiah yang diberikan lebih banyak.

Mengapa? Karena Anda juga harus memperhatikan tujuan dari diadakannya giveaway ini. Apakah sudah sesuai target atau belum. Jika tujuan Anda untuk meningkatkan engagement maka persyaratan cukup simpel seperti minta follow, like, komen maupun menandai teman.

4. Bagaimana mengumumkan pemenang?
Setelah menentukan persyaratan, maka Anda juga harus menentukan batas maksimal keikutsertaan. Setelah batas akhir keikutsertaan, Anda harus mengumumkan pemenang giveaway. Anda bisa menggunakan platform yang sama ketika membuat pengumuman giveaway dengan paltform pengumuman pemenang. Misalnya lewat sosmed IG, Twitter dan lain-lain.

Selain itu coba gunakan pengumuman resmi di website perusahaan. Hal tersebut bisa digunakan untuk menghindari penipuan dari berbagai pihak.

Tips Mengadakan Giveaway
1. Sesuaikan dengan momen tertentu
Kapan waktu yang paling tepat untuk mengadakan giveaway? Tentu saja tidak setiap hari. Bukannya untung malah jadi buntung. Kalau bisa adakan event tersebut bersamaan dengan moment besar tertentu.

Misalnya ketika Anda telah mencapai 100 k followers. Lakukan event giveaway secara berkala setiap Anda mendapatkan follower kelipatan 200k atau 300k. Atau adakan pemberian hadiah pada hari valentine, tahun baru, lebaran dan momen spesial lainnya.

2. Menjangkau konsumen yang tepat
Semakin banyak peserta giveaway maka semakin banyak pula yang menginginkan hadiah yang Anda berikan bukan? Hal ini juga berarti semakin banyak pula yang mengenal brand Anda. Namun bagaimana jadinya kalau giveaway berakhir dan tetap tidak menaikkan leads maupun engagement? Hal ini juga bisa bermakna bahwa Anda tidak bisa menyasar audiens dengan tepat.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk mempelajari audien yang Anda butuhkan. Karena merekalah yang akan Anda butuhkan karena mereka akan menjadi calon konsumen yang loyal.

3. Gunakan kalimat yang menarik
Ketika Anda membuat pengumuman giveaway maka gunakanlah kalimat yang menarik perhatian dan tidak cenderung monoton. Gunakan kata-kata yang bisa mempengaruhi para audiens. Misalnya segera ikuti, gratis, tanpa dipungut biaya, khusus hari ini, jangan sampai kehabisan. Karena dengan kata-kata tersebut akan memancing rasa penasaran masyarakat untuk bergabung dengan event tersebut.

Jangan lupa juga gunakan kata yang masuk akal sehingga masyarakat lebih percaya. Jangan asal pasang harga murah lantas audiens bisa mendapatkan barang mewah yang Anda jual.

4. Melakukan kolaborasi bersama brand lain
Jangan malu dan takut untuk melakukan kolaborasi dengan brand lain. Karena kolaborasi juga akan membantu usaha Anda berjalan dengan lancar. Kedua brand tersebut pastinya akan saling menguntungkan satu sama lain. Jangan takut kalah pamor.

Namun Anda juga tidak boleh sembarangan memilih brand yang akan diajak kerjasama. Pilihlah brand yang memiliki target market yang sama dengan Anda.

Contoh Giveaway
Giveaway sendiri memiliki beberapa contoh yang umumnya dilakukan perusahaan di antaranya,
1. Tag a friend
Anda meminta audiens untuk memberi komentar dan tag temannya di post Anda. Strategi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan exposure tidak hanya ke audiens, tapi juga ke teman-teman atau keluarganya.

2. Share a video or photo
Anda mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam kontes membagikan video atau foto yang berkaitan dengan perusahaan atau campaign. Strategi ini pun sendiri dapat meningkatkan reach dan engagement karena memanfaatkan network effect dari audiens yang berpartisipasi.

3. Download aplikasi
Jika Anda ingin meningkatkan jumlah download aplikasi Anda, memberikan giveaway dengan syarat harus men-download aplikasi Anda untuk bisa berpartisipasi dapat Anda coba.

4. Follow, like atau retweet, dan komentar
Ide giveaway ini tidak hanya meningkatkan engagement ke akun Anda, tapi juga turut menambah jumlah followers. Selain itu, strategi ini pun membantu menjangkau audiens baru, terlebih jika Anda melakukannya di Twitter.

5. Melalui influencer
Anda pun bisa melakukan giveaway melalui kerja sama dengan influencer. Misal, Anda memberi syarat setiap orang harus mengikuti akun perusahaan Anda dan inflluencer untuk berpartisipasi. Dengan strategi ini, Anda bisa menjangkau audiens dari influencer tersebut yang membantu Anda mendapatkan konsumen baru.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Giveaway: Pengertian, Dampak, Jenis, Cara Membuat, Tips, dan Contohnya"