Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya


A. Pengertian Hyperlink

Hyperlink (Pranala) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

Pendapat lain, hyperlink merupakan suatu cara untuk menghubungkan suatu bagian tertentu di dalam slide, file dokumen, program, atau halaman web dengan bagian yang lainnya pada bidang tersebut. Hyperlink atau link digunakan untuk menghubungkan beberapa objek, file, halaman website, dan lainnya.

Saat hyperlink di klik maka kita akan diarahkan ke halaman lainnya sehingga dengan fitur hyperlink dapat memudahkan untuk membuka antar file atau dokumen. Hyperlink membantu pembaca untuk pindah dari satu halaman ke tampilan halaman lainnya dalam satu perangkat komputer tanpa atau dengan koneksi internet.

B. Fungsi Hyperlink
Hyperlink berfungsi memudahkan pembaca untuk menjelajahi berbagai informasi terkait yang berada di dalam sebuah halaman presentasi atau halaman website. Hyperlink merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang memberikan pembaca jalan pintas menuju informasi lainnya.

Biasanya teks yang mengandung hyperlink terlihat berbeda dengan teks biasa yang ada di sebuah halaman website atau halaman presentasi. Warna hyperlink ini biasanya berwarna biru dan ketika kursor komputer diarahkan ke link tersebut maka pada tulisan yang mengandung hyperlink akan terlihat ada underline, warna teks berubah, dan tampilan kursor menjadi gambar tangan yang menunjuk ke arah hyperlink tersebut.

Hyperlink dapat disematkan pada teks ataupun pada gambar sehingga ketika teks atau gambar tersebut diklik maka pembaca akan diarahkan ke halaman lain sesuai dengan isi link.

C. Jenis Hyperlink
Dari pengertian hyperlink diatas maka dapat dikatakan bahwa hyperlink merupakan fitur yang berguna untuk membuat shortcut dengan melompat ke dokumen atau halaman lain yang tersimpan di network server. Adapun jenis-jenis hyperlink yang umum digunakan di antaranya,
1. Absolute Address
Untuk jenis hyperlink ini umumnya menggunakan koneksi internet karena digunakan untuk membuat shortcut alamat URL situs tertentu. Di mana shortcut secara murni atau mutlak berbentuk full alamat URL meliputi protocol, network location, path dan juga nama file. Biasanya penggunaan jenis hyperlink ini mudah ditemukan pada situs-situs di internet yang menghubungkan dengan link tertentu atau tercantum pada sumber tulisan.

Sehingga tipe hyperlink ini bisa diterapkan pada website resmi perusahaan misalnya untuk menghubungkan link satu dengan link yang lain agar pengunjung tidak berhenti di satu halaman saja. Hal ini efektif untuk meningkatkan pengunjung website.

2. Relatif Address
Hampir mirip dengan absolute address dalam hal fungsi namun dalam penerapannya, alamat URL yang tertera berupa alamat relatif di mana tidak menyebutkan protocol dan network locationnya. Relatif address hanya menampilkan path dan nama filenya saja.

3. Link Section
Jenis hyperlink ini yang paling sering digunakan terutama untuk membuat section dalam dokumen-dokumen perusahaan. Sehingga dengan menggunakan hyperlink pada isi dokumen tertentu yang tertaut dengan file atau dokumen lain maka dapat memudahkan pencarian.

Fitur hyperlink sendiri tersedia baik di Ms. Word, Ms, Excel maupun Ms. Power Point. Bahkan sesuai pengertian hyperlink sebelumnya, disini hyperlink bisa digunakan untuk membuat kamus pribadi dengan melakukan tautan atau hyperlink pada istilah-istilah asing di dalam dokumen dengan file yang dapat menjelaskan istilah tersebut. Tentu saja hal ini bisa membantu memudahkan kita untuk mengorganisir dokumen dengan baik dan terperinci.

D. Cara Membuat Hyperlink
Berikut ini adalah cara membuat sebuah hyperlink atau link. Hyperlink pada HTML terbentuk dari tag <a>, secara default penulisan hyperlink pada HTML adalah sebagai berikut:
<a href=”URL”>Anchor Text</a>
Contoh Hyperlink
Berikut adalah contoh hyperlink berdasarkan cara membuat yang telah dijelaskan di atas.
Hyperlink : <a href=”https://www.sosiologi79.com”>File</a> dan hasilnya adalah File
Hyperlink untuk file Download: yaitu membuat hyperlink yang jika user mengklik ini makan akan menampilkan download file pada komputer Contohnya:
<a href=”https://www.sosiologi79.com/sample-gambar.jpg” download>
Hyperlink rel nofollow: menentukan hubungan antara dokumen saat ini dan dokumen terkait. Value yang dipakai adalah alternative, author, bookmark, hel, license, next, nofollow, prev, seach, tag. Contohnya:
<a href=”https://www.sosiologi79.com rel=”nofollow”>sosiologi79.com</a>
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya"