Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Web Portal: Pengertian, Perkembangan, Tujuan, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Keuntungannya

Pengertian Web Portal
Web Portal
Pengertian Web Portal
Portal web adalah situs web yang menyediakan dan mengarahkan user agar melihat, membaca, dan berinteraksi dengan informasi pada situs web tersebut. Web portal merupakan salah satu fitur yang dapat ditemukan di dalam web browser ketika Anda mulai masuk ke dalam sebuah browser.

Web portal penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses dengan menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.

Perkembangan Web Portal
Portal web populer di akhir 1990-an. Setelah perkembangan web browser pada pertengahan 1990-an, banyak perusahaan mencoba membangun portal untuk mendapatkan pangsa pasar mereka melalui Internet.

Portal web mendapat perhatian khusus karena bagi banyak pengguna, portal web adalah halaman pertama yang dibuka browser web mereka. Netscape Netcenter telah menjadi bagian dari America Online, Walt Disney meluncurkan Go.com, dan Excite yang merupakan bagian dari AT&T pada akhir 1990-an.

Ada banyak portal web yang memulai keberadaannya sebagai penyedia direktori Internet hingga penyedia layanan mesin pencari (Lycos, Excite, Infoseek, AltaVista, dan Hotbot yang merupakan beberapa layanan tertua).

Perluasan cakupan layanan dilakukan sebagai strategi mengamankan basis pengguna dan memperpanjang masa kunjungan pengguna pada suatu portal. Layanan yang memerlukan pendaftaran seperti fitur tertentu, email gratis, dan ruang obrolan dianggap mendorong kunjungan berulang dalam portal.

Game, email, obrolan, berita, dan layanan lainnya juga bertujuan untuk membuat pengunjung tinggal lebih lama. Yang mana hal itu akan meningkatkan pendapatan dari iklan.

Tujuan Web Portal
Pembuatan web portal tentunya memiliki tujuan tertentu berikut di antaranya,
1. Sebagai Strategi Bisnis di Era Teknologi Digital
Tujuan utama pembuatan website tentunya meningkatkan keuntungan. Terutama bagi yang bergerak di bidang bisnis, pengembangan website juga memberikan dampak positif bagi kenaikan profit bisnis dan usaha yang sedang dikembangkan.

Terbukti saat ini, banyak sekali perusahaan baik negeri maupun swasta, startup, dan organisasi yang menggunakan bantuan website sebagai media promosi bagi bisnisnya.

Hal tersebut selaras dengan tujuan dibuatnya web portal yang memiliki tujuan penting dalam membangun sebuah bisnis. Biasanya, konten atau isi dari sebuah website disesuaikan dengan kebutuhan user serta produk layanannya.

2. Memberikan Informasi Khusus untuk Menarik Minat Pembaca
Selanjutnya, web portal juga memberikan berbagai informasi menarik dan sesuai dengan tujuan bisnis yang dijalankan. Misalnya saja, terdapat situs laman terkait dengan bidang kesehatan. Di dalamnya, menjelaskan mengenai produk kesehatan dan alat kesehatan terbaru yang ditawarkan dengan harga promo. Di sinilah web memegang peranan dalam menarik minat pembaca untuk masuk dalam website tersebut.

Tentunya penggunaan sebuah portal web harus berisi data yang valid dan benar adanya. Ketika Anda membuat sebuah situs dengan menampilkan informasi yang palsu atau tidak valid kebenarannya, maka akan memberikan dampak negatif secara tidak langsung pada bisnis dan produk Anda.

3. Strategi Marketing untuk Membantu Meningkatkan Traffic di Mesin Pencari
Selain dari tujuan bisnis dan penyampaian informasi, portal web juga digunakan untuk sarana marketing (pemasaran). Banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan untuk dapat meningkatkan traffic atau lalu lintas di mesin pencari (browser). Strategi marketing banyak yang digunakan untuk meningkatkan cakupan skala user dari lokal hingga mampu mencapai pangsa nasional, hingga internasional.

Perlu adanya pendekatan khusus terkait marketing, sehingga dalam pembuatan website juga memerlukan sebuah optimasi yang dapat mendukung meningkatnya traffic dengan menggunakan SEO. Kemudian, selalu menyesuaikan kata kunci dalam pencarian sesuai dengan target user yang Anda cari.

Jenis Web Portal
Jenis web portal dilihat dari layanannya, dibagi menjadi dua bagian di antaranya,
1. Portal Horisontal. Merupakan portal website yang menyediakan informasi umum dan dapat diakses oleh semua orang. Biasanya konten tersebut membahas informasi terkait bisnis atau produk layanan.
2. Portal Vertikal. Merupakan jenis portal situs web yang menyediakan informasi spesifik atau terbatas hanya pada satu topik. Misalnya portal kesehatan, portal game, portal gaya hidup, dan lain-lain.

Bentuk Web Portal
Beberapa bentuk portal web di antaranya,
1. Portal Web Pemerintah
Di akhir booming bisnis dot-com di tahun 1990-an, banyak pemerintah yang berkomitmen untuk membuat situs portal menjadi layanan informasi bagi warganya. Misalnya,
a. AS dengan portal utamanya adalah FirsGov.gov.
b. Inggris dengan portal utamanya adalah directgov dan busineslink.gov.uk sebagai layanan informasi bisnis.

Ada banyak penelitian internasional yang dilakukan untuk mengukur kemampuan transaksional portal ini. Di mana yang paling mencolok adalah penelitian yang dilakukan oleh Accenture.

Banyak negara bagian di Amerika memiliki portal dengan akses langsung ke aplikasi eCommerce (Hawaii Business Express dan myIndianaLicense), situs web perwakilan dan departemen, serta informasi yang lebih spesifik tentang aktivitas bisnis, tempat tinggal, dan tempat wisata.

Sebagian besar negara bagian memberikan tugas kepada perusahaan untuk mengelola portal mereka. Contoh perusahaan tersukses saat ini adalah NICUSA yang sudah mengelola 18 portal negara.

NICUSA berfokus pada model pembiayaan mandiri dan tidak membebankan biaya kepada negara untuk pengelolaannya, tetapi didukung oleh pembayaran aplikasi yang dijual oleh perusahaan itu sendiri.

2. Portal Web Regional
Seiring dengan perkembangan dan kesuksesan portal web internasional seperti Yahoo!, portal regional mulai bermunculan. Portal regional berisi informasi lokal seperti peta jalan, prakiraan cuaca, dan informasi bisnis lokal.

Ekspansi penting lainnya dalam beberapa tahun terakhir adalah pergeseran ke pasar yang sebelumnya tidak terpikirkan seperti China. Portal web yang memiliki “konten lokal – jangkauan global” mulai bermunculan di beberapa negara seperti India (Rediff) dan China (Sina). Beberapa portal semacam itu dapat menjangkau komunitas yang tersebar dari seluruh dunia.

3. Portal Web Komunitas
Dikatakan Portal Komunitas karena merupakan situs yang sengaja dirancang berdasarkan selera (kolektif) suatu komunitas. Oleh karena itu, beberapa fasilitas yang disediakan di Portal Komunitas cenderung berusaha memenuhi kebutuhan komunitas tersebut.

4. Portal Web Perusahaan
Pada awal tahun 2000-an, terjadi pergeseran fokus dari industri portal web ke portal intranet korporat atau “corporate web”.

Pada saat mengharapkan jutaan pengguna yang tidak terafiliasi untuk kembali ke portal web publik telah memberikan kesuksesan finansial yang berharga, sehingga pengguna portal web pribadi untuk menyatukan komunikasi web dan pemikiran di perusahaan besar mulai dilihat oleh banyak orang sebagai teknologi yang dapat menghemat biaya dan tenaga kerja.

Banyak badan analitis telah memperkirakan bahwa pengeluaran perusahaan untuk portal web intranet akan menjadi salah satu dari 5 area dengan prospek pertumbuhan tercepat di sektor teknologi internet pada dekade pertama abad ke-21.

5. Portal Web Konsumen
Portal konsumen adalah portal web yang ditujukan bagi konsumen pada umumnya untuk memberikan layanan home page pribadi, email gratis, skor olahraga, Instant Messager (IM), game, chat dan lain-lain. Beberapa layanan gratis tetapi ada juga yang berbayar.

6. Portal Web Organisasi
Portal organisasi adalah portal web yang disediakan oleh lembaga pemerintah, universitas, kependudukan, industri, sekolah, organisasi keagamaan, kelompok politik dan sosial. Meskipun banyak portal organisasi yang memberikan layanan umum kepada penggunanya, pengguna harus mendaftar menjadi anggota untuk mendapatkan layanan penuh.

7. Portal Web Pelanggan
Portal pelanggan adalah portal web bisnis yang sering menawarkan layanan online kepada pelanggan melalui portal web. Mirip dengan portal organisasi, portal pelanggan juga dapat digunakan oleh pengguna umum. Namun, anggota harus login terlebih dahulu untuk mengakses fasilitas dan layanan di portal itu sendiri.

Contoh Web Portal
Pembahasan berikutnya merupakan beberapa contoh mengenai web portal di Indonesia. Banyak sekali portal yang dibuat baik dalam bidang teknologi, informasi, kesehatan, bisnis, olahraga, berita, dll.

Contoh portal web berita terbaik di Indonesia adalah Detik.com, Kompas.com, CNN Indonesia, Tribunnews, Kompasiana, Liputan6.com, Kapanlagi.com, Merdeka.com, Okezone.com, dan portal yang lain.

Keuntungan Pembuatan Portal Website
Sebuah portal website juga memiliki kelebihan yang dapat dirasakan, terutama bagi pengembang website tersebut di antaranya,
1. Membantu dalam Meningkatkan Strategi Marketing dan Bisnis. Dengan adanya sebuah portal, maka proses pemasaran produk atau layanan dapat lebih mudah termonitoring, dan ternavigasi dengan baik.
2. Memudahkan Pengguna dalam Mencari Sumber Informasi yang Relevan. User akan lebih mudah mendapatkan informasi dengan jelas, cepat, dan akurat. Sehingga proses penyampaian informasi lebih tersampaikan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dari user.
3. Meningkatkan Traffic pengunjung website. Tujuan akhir dari pembuatan portal sendiri adalah mendapatkan total traffic yang banyak dengan konversi rate yang besar juga.  Sehingga, mampu meningkatkan Website Authority anda. 

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Web Portal: Pengertian, Perkembangan, Tujuan, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Keuntungannya"