Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deep Link: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menjalankannya

Pengertian Deep Link atau tautan dalam
Deep Link (Tautan Dalam)
Pengertian Deep Link
Deep Link (tautan dalam) adalah alat yang digunakan untuk membantu mengarahkan pengguna ke halaman tertentu di situs web melalui halaman tempat mereka berada. Deep Link merupakan cara yang digunakan untuk membantu pengunjung situs web membuka halaman tertentu, seperti halaman produk, tanpa harus melalui beberapa halaman untuk menemukan apa yang mereka cari.

Deep Link memungkinkan pengunjung mencapai tujuan mereka dengan cara yang lebih mudah dan hemat waktu. Hal ini tentunya diharapkan mampu meningkatkan tingkat konversi pengguna. Jika pengunjung Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari, kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian dan terus mengunjungi situs Anda di masa mendatang.

Manfaat Deep Link
Terdapat beragam manfaat deep link yang perlu diketahui di antaranya,
1. Meminimalisir Bounce Rate
Bounce rate adalah istilah yang digunakan bagi pengunjung website yang hanya datang lalu pergi begitu saja tanpa melakukan klik apapun.

Hal tersebut memiliki kemungkinan bahwa pengunjung tidak menemukan apa yang mereka butuhkan, halaman lambat, atau bahkan memang tidak ada halaman lainnya yang bisa diklik oleh pengunjung web. Inilah alasan kenapa deep link mampu meminimaalisir presentase bounce rate web atau blog yang dimiliki.

2. Meningkatkan Optimasi
Bukan hanya SEO saja yang berperan penting dalam mengoptimasi web yang dimiliki, deep link juga turut andil akan masalah ini. Deep link akan membantu web langsung tertuju pada konten yang memiliki keterkaitan dengannya. Intinya, mesin pencari menyukai hal-hal yang bersifat relevan.

3. Peningkatan Traffic
Deep link bersifat mempercepat dan mempermudah akses sehingga memberikan pengalaman berselancar terbaik di dunia internet. Semakin banyak yang mengakses halaman web yang Anda miliki, maka semakin meningkatkan pulalah traffic web Anda.

Tentu saja ini penting dalam mendongkrak peringkat halaman web Anda.

4. Authority dan Visibility
Pemanfaatan deep link pada website akan meningkatkan authority dan visibility. Hal ini juga memiliki keterkaitan dengan perangkat website lainnya seperti SEO dan sebagainya.

5. Menghindari Penalti
Terkait dengan relevansi, inilah yang membuat penggunaan deep link pada website dapat meminimalisir resiko penalti. Ini karena website yang relevan sangat disukai oleh mesin pencari seperti Google.

6. Penyebaran Otoritas Web Secara Keseluruhan
Penggunaan internal link atau eksternal link memang meningkatkan akses ke home page, namun memberi kesan berlebihan. Ini karena optimasi terjadi dalam lingkup satu arah.

Berbeda halnya dengan pemanfaatan deep link pada website yang akan mengarahkan pengunjung pada halaman web yang lebih spesifik sehingga otoritas web dapat tersebar secara menyeluruh, tidak hanya berpaku pada satu titik.

Semakin menyeluruh otoritas yang dimiliki oleh website, maka akan memberikan kekuatan peringkat pada website tersebut.

7. Penyebaran Relevansi Secara Utuh
Web yang mengandung relevansi terhadap link pembangunnya akan lebih disukai oleh mesin pencari. Kasus yang terjadi pada pengguna web adalah mereka lebih mengarahkan internal link ataupun external link ke beranda mereka.

Padahal, lebih baik kiranya seluruh link yang memiliki keterkaitan tersebut di arahkan kepada halaman web yang relevan. Lebih lagi, mesin pencari akan mengindeks dan merayap ketika keyword, anchor text, dan halaman web memiliki tingkat relevansi yang tinggi.

Ini akan menempatkan web pada peringkat teratas di SERP karena Google menganggap hal demikian sebagai otoritas.

8. Visibilitasi Web Secara Keseluruhan
Dalam hal ini, deep link akan membantu web terindeks secara maksimal dengan mengarahkan spider dan crawler agar bekerja. Web yang tidak terindeks tidak akan terbaca pada mesin pencarian meskipun sudah memiliki banyak pengunjung.

Bahkan, pengunjung tersebut akan lenyap hingga membuat tingkat konversi mengalami penurunan.

Cara Menjalankan Deep Link
Pertama Anda harus memastikan bahwa struktur yang terdapat pada penautan internal di blog tersebut statusnya harus luar biasa. Anda juga harus memiliki postingan yang relevan atau saling terkait satu sama lain. Pastikan juga konten tersebut yang lebih baru, tertaut dengan konten yang lebih lama, begitu juga sebaliknya.

Dengan mengaplikasikan penerapan pengisian konten yang saling seragam dan juga bertautan antara satu tempat dengan tempat lainnya, hal inilah yang akan mampu meningkatkan otoritas domain secara menyeluruh dan akan memberikan kekuatan pada peringkat dalam situs terkait dengan lebih baik dan juga maksimal lagi. 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Deep Link: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menjalankannya"