Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Homepage: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Homepage atau Beranda
Homepage (Beranda)
Pengertian Homepage
Homepage (beranda) atau halaman muka adalah halaman depan dari sebuah situs web yang dirancang sebagai titik fokus pusat. Pengertian lain, homepage adalah halaman default dari sebuah web yang memiliki isi sebuah daftar atau juga menu-menu dari sebuah situs web itu sendiri.

Keberadaan homepage ini sangat penting karena merupakan halaman index atau yang pertama kali ditampilkan ketika domain dari website itu dipanggil. Demikian, homepage merupakan salah satu web page yang memiliki keistimewaan yakni peletakannya sebagai web page pembuka atau yang pertama kali tampil saat pengunjung mengunjungi alamat web tersebut.

Fungsi Homepage
Fungsi homepage selain sebagai halaman awal dari suatu website juga untuk menampilkan topik atau identitas dari website tersebut. Fungsi homepage ini dimaksudkan untuk sedikit memberikan gambaran kepada pengunjung mengenai website tersebut tanpa harus menjelajahi dan membaca semua halaman nya.

Penggunaan search engine seperti Google, Yahoo dan lain-lain memang secara langsung memberikan efek berkurangnya penggunaan homepage. Hal ini dikarenakan ketika kita mencari informasi dan menuliskannya pada kolom search engine maka kita akan dibawa langsung ke halaman dengan informasi yang diinginkan tanpa harus melewati homepage.

Namun tetap saja peran penting nya tidak akan bisa terlepas dari semua website bahkan blog sekalipun. Oleh karena itu homepage yang ada pada blog biasanya terisi daftar sebagian artikel yang dihimpun dengan berbagai kategori, mulai dari yang terbaru hingga yang paling terpopuler.

Contoh Homepage
Seperti yang dijelaskan sebelumnya terdapat berbagai macam website, dan masing-masing jenis website pastilah memiliki tampilan homepage yang berbeda-beda. Mulai dari website jenis komersil (e-commerce), website forum/komunitas, sejenis blog, sosial media dan lain-lain.

Pertama adalah tampilan halaman utama pada Facebook sebagai contoh salah satu website sosial media yang paling digemari saat ini. Tampilannya terlihat simple dengan dominasi warna biru dan putih keabu-abuan. Berisi logo Facebook, gambaran atau informasi dari kegunaan Facebook itu sendiri, serta terdapat bagian registrasi untuk mendaftar akun dan login untuk pengguna yang sudah mendaftar.

Tampilan homepage utama seperti di atas tidaklah sama dengan beranda yang muncul ketika pengguna sudah login. Tampilan homepage di atas lebih terfokus terhadap Facebook itu sedangkan jika beranda pada sosial media biasanya berisi aktivitas pengguna sesama sosial media agar Anda dapat memulai interaksi serta komunikasi terhadap pengguna lain sesuai dengan tujuan adanya sosial media.

Sebenarnya ada banyak sekali website e-commerce namun kami mengambil contoh dari Tokopedia sebagai salah satu website e-commerce yang universal dan banyak dipakai. Desain tampilan utamanya juga cukup sederhana dengan menyediakan kolom untuk login, info promo, kategori serta beberapa barang yang dijual sengaja ditampilkan di homepage atau halaman muka serta logo perusahaan.

Terdapat juga fitur-fitur lain yang disediakan oleh Tokopedia selain belanja online namun untuk bisa melanjutkan segala jenis transaksi sepertinya harus login terlebih dahulu sebagai pengguna yang sudah terdaftar.

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Landing Page: Pengertian, Ciri, Jenis, Cara Kerja, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Homepage

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Homepage: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya"