Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blogwalking: Pengertian, Sejarah, Manfaat, dan Caranya

Pengertian Blogwalking
Blogwalking
Pengertian Blogwalking
Blogwalking adalah aktivitas blogger berkunjung ke blog orang lain dengan tujuan yang beragam. Blogwalking biasanya dilakukan untuk mencari ide dalam membuat konten di blognya masing-masing. para blogger akan mengunjungi blog dengan topik dan juga niche yang mirip dengan blognya sendiri. Ditambah popularitasnya yang tinggi sebagai bukti bahwa konten di blognya menarik perhatian pembaca.

Blogwalking juga seringkali dilakukan untuk bersosialisasi antar blogger. Blogger akan melihat artikel yang bermanfaat dan meninggalkan jejak berupa komentar di kolom komentar. Langkah ini tentunya bisa menjadi cara membangun diskusi dengan pemilik blog dan pembaca yang lainnya. Selain mendapatkan ilmu baru juga bisa memperluas jaringan di antara blogger yang lainnya.

Sejarah Blogwalking
Media blog diperkenalkan pertama kali oleh Blogger(dot)com milik Pyra Labs sebelum kemudian diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003 lalu dan menjadi sebuah platform yang diberi nama blogger. Platform blog ini memberikan kelebihan-kelebihan seperti kemudahan, aksesibilitas, dan gratis saat digunakan bagi para pembuat blog.

Blogger sangat cocok bagi pembuat blog yang tidak ingin susah-susah menerbitkan sebuah artikel, tulisan, dan lain-lain. Ciri khas dari platform blogger ini yang banyak dijumpai para pengguna internet pada situsnya adalah penggunaan domain www(dot)blogspot(dot)com.

Manfaat Blogwalking
1. Memperluas Networking
Ketika Anda memberikan komentar yang positif di blog lain, hal ini akan menunjukkan bentuk apresiasi kepada para pemilik blog tersebut. Atau bisa digunakan untuk bertanya lebih dalam dan membuat suatu diskusi khusus.

Jika terjadi komunikasi lebih mendalam, maka Anda memiliki kesempatan yang baik untuk saling berbagi informasi atau ide sebagai sesama blogger. Bahkan, kemungkinan besar Anda juga bisa saling membagikan link artikel blog dengan topik yang sama.

2. Mendapatkan Inspirasi Baru
Blogwalking adalah salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan inspirasi baru untuk konten blog Anda. ketika Anda mengunjungi blog lain, maka Anda akan memperoleh informasi dan inspirasi baru dari blog tersebut. Selanjutnya, inspirasi ini bisa Anda jadikan bekal agar bisa membuat konten lainnya.

Idealnya, Anda harus mengunjungi blog yang sebelumnya sudah sukses atau sudah maju. Lalu, Anda harus mengamati konten apa saja yang sudah mereka bahas dan bagaimana cara mereka dalam menyajikan konten tersebut. Selain itu, Anda juga harus menemukan keunikan konten mereka sehingga para pengunjung menyukainya.

3. Mendapat Bantuan dari Blogger Lain
Blogwalking adalah suatu kegiatan blogging yang umumnya dilakukan secara mandiri. Namun, menciptakan hubungan yang baik dengan para blogger lainnya sangat penting. Salah satu manfaatnya adalah Anda bisa memperoleh bantuan saat terjadi kendala. Baik itu yang sifatnya non teknis ataupun teknis.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh bantuan dalam hal kolaborasi, baik itu dengan berbagi pengalaman atau menjadi partner kolaborasi di dalam konten Anda.

4. Sebagai Bahan Evaluasi
Blogwalking juga bisa Anda jadikan bahan evaluasi kualitas blog Anda pada saat ini. Itu artinya, Anda bisa memperoleh pembanding dari blog yang sebelumnya sudah sukses.

Semakin sering Anda berkunjung ke blog lain, maka akan semakin banyak juga referensi yang akan Anda peroleh. Sehingga, Anda akan semakin mudah dalam mengetahui berbagai kekurangan blog dan bagian apa saja yang memang perlu Anda tingkatkan lagi.

5. Mempromosikan Blog Anda
Selain bisa dijadikan ajang dalam memperluas ruang lingkup sosial antar sesama blogger, blogwalking juga adalah salah satu cara untuk mempromosikan blog Anda. Tapi, Anda tidak boleh sembarangan meninggalkan link blog di kolom komentar. Cara ini malah akan dinilai sebagai spam dan jadi kurang elegan. Hal tersebut juga berpotensi memberikan dampak yang buruk.

Cara Blogwalking
1. Memberi Komentar yang Benar
Komentar yang mengandung kekerasan dan hal negatif lain tentu bisa membuat orang lain tidak nyaman, hindarilah kalimat yang bisa membuat si pemilik blog merasa terintimidasi dan bersifat merugikan. Pelajari terlebih dahulu seperti apa blog yang Anda kunjungi dan gunakanlah bahasa yang baik dan relevan terhadap isi konten mereka, dengan begitu mereka juga merasa nyaman dan bisa tertarik ikut mengunjungi blog milik Anda.

2. Cari Niche yang Sama
Mengunjungi blog yang serupa dengan konsep blog Anda adalah sesuatu yang sangat dianjurkan, ini bisa membuat Anda berkomentar sesuai dengan topik yang juga dibahas di blog Anda. Sehingga Anda bisa fokus pada apa yang ingin didapatkan dan tidak buru-buru untuk meninggalkannya.

3. Menggunakan Gravatar
Foto profil juga sangat penting dalam profil blog sendiri, pasalnya gravatar akan muncul saat Anda meninggalkan jejak komentar pada laman blog orang lain. Foto profil yang baik dan sopan tentu menjadi nilai tersendiri, interaksi yang tercipta juga lebih lugas saat kita mengetahui akun tersebut milik blogger lain atau hanya komentar iseng belaka.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Dani Ramdani
Dani Ramdani Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Blogwalking: Pengertian, Sejarah, Manfaat, dan Caranya"