Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google News: Pengertian, Syarat, Cara, Tips, Kendala, dan Manfaatnya

Pengertian Google News atau Google Berita
Google News
Pengertian Google News
Google News (Google Berita) adalah layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News berfokus memberikan konten berita dari berbagai website di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Salah satu keunggulan Google News daripada platform lainnya adalah mampu memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam memperoleh berita berdasarkan Lokasi, Topik, ataupun Sumber Berita.

Google News menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci. Berita yang muncul di baris pertama hasil pencarian adalah berita yang paling banyak dibaca dan yang terbaru. Meski begitu, Google News juga menyediakan fitur News Archives Search untuk mencari berita-berita lama.

Untuk para pemilik blog, memperoleh tempat di Google News mampu memberikan suatu keuntungan tersendiri. Karena daftar kunjungan di Google News dalam satu bulannya mampu mencapai 494 juga pengguna di seluruh penjuru dunia. Sehingga, bila Anda mampu menggunakan fitur ini dengan baik, maka Anda akan terkena imbas positifnya.

Google News tidak hanya bisa diisi oleh media online terkenal saja, Anda sebagai pemilik blog juga bisa mendaftar di sana. Itu artinya, konten berita Anda juga bisa menjadi salah satu berita utama bila memang menarik dan layak untuk disebarluaskan.

Syarat Daftar ke Google News
Agar bisa mendapatkan manfaat dari Google News, tentunya Anda perlu bergabung ke layanan ini terlebih dahulu. Anda hanya perlu melakukan dua hal yaitu mendaftarkan blog Anda dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Adapun kriteria atau syaratnya di antaranya,
1. Buatlah Blog Berita
Memiliki konten berita saja tidak cukup, Anda harus membuat sebuah blog berita. Hal ini akan sangat membantu ketika berniat mendaftarkannya ke Google News. Perlu diingat, proses seleksi setelah Anda mendaftar dilakukan manual oleh pihak Google.

Mereka akan memastikan blog Anda sesuai dengan tujuan layanan mereka: menyediakan berita terbaru dan penting. Jadi, jika tujuan Anda mendapatkan tempat di Google News, daftarkanlah blog Anda dengan konten berita, apapun niche atau jenis berita yang menjadi topik utama Anda.  

2. Ciptakan Konten Berkualitas
Memiliki konten berkualitas adalah kunci dari peringkat teratas mesin pencari. Ketentuan yang sama berlaku juga di layanan Google News. Hal dimaksud di antaranya,
a. Tidak Menjiplak Konten Orang Lain
Selalu ciptakan konten Anda sendiri. Memiliki konten yang unik adalah kunci kesuksesan sebuah blog. Anda bisa melakukan penelitian sendiri tentang suatu berita yang ingin Anda  tuliskan. Walaupun Anda bisa sesekali menerbitkan berita yang berasal dari pihak lain, pastikan selalu menuliskan dengan gaya Anda sendiri. Dengan demikian, Google News akan menganggap konten Anda adalah sebuah konten berita baru.

b. Fokus ke Salah Satu Jenis Berita
Selain tidak bercampur dengan konten lain, blog Anda sebaiknya hanya mengulas salah satu jenis berita saja. Misalnya tentang berita teknologi atau gawai (gadget). Hal ini akan memudahkan pengunjung memahami blog. Selain itu, Google News akan dengan mudah mengkategorikan blog Anda tersebut. Bahkan jika Anda mampu membuat berita yang mendalam (in-depth news), peluang menjadi berita utama kian besar.

c. Selalu Terupdate
Blog berita menuntut Anda untuk menerbitkan konten tiap hari. Ini tentu sesuai dengan ciri berita yang bahkan menuntut penerbitan lebih dari satu topik setiap hari dan selalu terupdate.

Jika Anda merasa kesulitan melakukannya seorang diri, Anda bisa menggunakan beberapa penulis untuk membuat artikel berbeda untuk diterbitkan di hari yang sama. Inilah yang sering dilakukan oleh website berita lain, setidaknya sebagai langkah awal ketika mendaftar Google News.

d. Bukan Konten Yang Dilarang
Memiliki konten unik bukan berarti Anda bisa menulis berita dengan topik apa saja. Google News sendiri sudah menentukan bahwa konten berita yang menampilkan konten kekerasan, kebencian dan konten seksual ataupun konten yang terkait pelanggaran hak cipta sangat dilarang.

Jika blog Anda terkait dengan konten-konten tersebut, Google News akan menolak pendaftaran yang Anda lakukan.

3. Perhatikan Struktur Blog Anda
Terkait dengan faktor teknis website Anda, Google News akan lebih cepat menerima pendaftaran blog Anda jika mengikuti ketentuan berikut di antaranya,
a. Gunakan URL Yang Unik dan Tidak Berubah
Google News secara gamblang menyebutkan bahwa jika URL konten Anda selalu berubah, blog Anda tidak akan dimasukkan ke dalam Google News. Alasannya, mesin crawl Google yang bertugas mendeteksi konten berita tidak bisa bekerja dengan baik di kondisi tersebut.  

b. Sajikan Tampilan Yang Menarik Dan Responsif
Memiliki tampilan blog yang menarik baik di desktop maupun mobile sangatlah penting. Google News memprioritaskan blog yang memenuhi kriteria ini demi meningkatkan kenyamanan pengguna.

Namun, perlu diingat bahwa blog Anda sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan efek dengan JavaScript. Sebagaimana panduan yang Google berikan, blog dengan kode pemrograman yang sederhana lebih diutamakan.    

c. Gunakan Navigasi Yang Mudah
Jika blog Anda memiliki beberapa halaman utama, pastikan untuk beralih dari satu halaman ke halaman lain mudah dilakukan. Navigasi di blog Anda merupakan salah satu faktor dalam proses seleksi/kurasi di Google News.

4. Jelaskan Identitas Blog Anda Dengan Baik
Informasi blog Anda sangat penting untuk tahapan verifikasi. Sebelum mulai pendaftaran pastikan penulisan blog Anda telah sesuai. Selain itu, halaman About Page Anda harus mampu menjelaskan identitas blog Anda dengan baik.

Lebih lanjut, jika Anda menggunakan beberapa kontributor atau penulis konten berita di blog Anda, profil mereka harus disebutkan dengan jelas. Tidak hanya nama saja mereka, Anda bisa menampilkan foto mereka dan sekilas latar belakang profesi mereka.

Google News memberi Anda kesempatan untuk melakukan koreksi jika terdapat kesalahan penulisan setelah terdaftar. Namun, melakukannya dengan benar sejak awal adalah langkah yang bijaksana.

Cara Mendaftar ke Google News
Perlu diketahui sebelumnya, Google Publisher Center adalah kombinasi dari Google News Producer dan Publisher Console. Google tidak mengharuskan situs web untuk dikirimkan di Google Publisher Center, tetapi memiliki manfaat seperti kontrol atas merek dan konten Anda yang muncul di Google News.

Perhatikan bahwa mengirimkan konten dan umpan RSS Anda di Google News Producer tidak berarti bahwa konten Anda telah dijamin akan muncul di Google News. Juga, perlu diingat bahwa situs web yang akan Anda kirimkan ke Google Publisher Cente harus merupakan situs web terverifikasi di akun Google Search Console Anda. Berikut cara singkat untuk mendaftar di antaranya,
1. Isi dan penuhi detail yang dibutuhkan
Setelah Anda berada di Google Publisher Center, cukup klik Tambah Publikasi/Add Publication dan masukkan nama situs web Anda. Layar berikutnya akan menanyakan informasi dasar tentang situs web Anda seperti deskripsi, URL situs web, dan lokasi. Penting juga bagi Anda untuk menempatkan ID pelacakan Google Analytics di bagian ini sehingga Anda dapat melacak berapa banyak lalu lintas yang Anda peroleh dari Google News nantinya.

2. Submit konten Anda
Pada bagian konten memungkinkan berbagai cara untuk mengirimkan konten Anda di Google News dan menyesuaikan umpan Google News Anda dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Anda dapat mengikuti langkah berikut di antaranya,
a. Mengirim umpan RSS
b. Memasukkan URL halaman tertentu
c. Mengirim video atau daftar putar atau playlist dari YouTube
d. Umpan yang dipersonalisasi dari Google News

3. Unggah gambar atau video
Setiap konten terlebih lagi berita, tidak lengkap tanpa adanya gambar atau video pendukung. Lalu pada bagian Gambar atau Image adalah tempat Anda mengunggah logo persegi dan logo lebar situs web Anda. Pastikan gambar yang Anda unggah berkualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi yang ditunjukkan.

4. Manajemen iklan
Meski ini adalah opsional, tapi langkah ini berguna untuk situs web yang menjalankan iklan melalui Google AdSense. Anda juga dapat mengontrol di bagian ini berapa banyak iklan yang dijual Google di situs web Anda untuk pengguna yang berasal dari Google News.

5. Kirim untuk ditinjau
Di bagian Review & Publish akan menunjukkan jika ada informasi yang hilang. Setelah Anda selesai mengisi semua detail yang diperlukan, Anda sekarang dapat mengirimkan situs web Anda untuk ditinjau.
 
Meski semua cara di atas cukup cepat dan sederhana, perlu diingat bahwa persetujuan agar konten Anda dapat terbit akan dapat memakan waktu 2 hingga 4 minggu menurut Google.
 
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik dari Google News
Seringnya kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa Google News juga menggunakan algoritma untuk menentukan peringkat situs web di Google News. Secara dasar algoritma itu biasanya menggunakan faktor-faktor berikut di antaranya,
a. Relevansi konten
b. Isi berita yang menonjol dan authority yang baik
c. Kesegaran yang disajikan konten
d. Lokasi berita
e. Bahasa yang digunakan
 
Kendala Editorial dan Algoritma di Google News
Untuk mendapatkan peluang terbaik dalam memeringkat artikel Anda di Google News, pastikan Anda telah benar-benar mengikuti aturan konten Google yang resmi. Peraturan- peraturan itu misalnya, dilarang mempublikasikan konten plagiat, konten kebencian, permintaan maaf terorisme, dll. Ketahui juga kalau Google News sangat ketat terhadap konten yang menyamarkan atau mencoba menggambarkan konten bersponsor (berbayar) sebagai konten editorial independen.

Jadi jika Anda ingin masuk ke dalam kebaikan algoritma Google News, yang terbaik adalah membatasi iklan dan iklan atau feed berbayar. Selain itu, Googlebot dari Google News memerlukan instruksi yang jelas untuk merayapi hanya laman berita di situs Anda. Instruksi ini dapat diberikan melalui file robots. txt yang memungkinkan Anda untuk melarang penjelajahan halaman yang tidak ditujukan untuk Google Berita.

Namun berhati-hatilah, teknik ini harus digunakan dengan hati-hati karena Anda dapat menghukum seluruh situs Anda. Oleh karena itu penggunaannya harus dipelajari dengan baik sebelumnya.

Manfaat Mendaftar Google News
Google News mampu memberikan banyak manfaat untuk para pemilik blog saat berhasil menjadi bagian dari layanan ini di antaranya,
1. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari Google
Bila Anda sudah mempunyai konten berita yang berkualitas dan juga unik, Google News tidak akan segan untuk memposisikan berita Anda di daftar berita utamanya. Sehingga, Google akan menganggap bahwa website Anda layak untuk menempati posisi puncak mesin pencarian.

Seperti yang kita ketahui bersama, memperoleh posisi puncak mesin pencarian bukanlah perkara mudah. Anda harus mampu melakukan optimasi mesin pencari atau dengan SEO. Tapi, jika Anda bisa memanfaatkan Google News secara maksimal, maka mendapatkan posisi puncak Google bukanlah perkara yang sulit.

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Semakin mudah konten Anda untuk ditemukan pengunjung, maka akan semakin besar juga peluang blog Anda untuk dikunjungi oleh mereka. Selain itu, bisa dipastikan juga bahwa pengunjung Anda datang dari traffic yang sangat berkualitas.

Karena adanya peran penting bernama personalized content. Setiap pengguna yang mengunjungi blog Anda akan merasa senang bahwa topik yang Anda sajikan mempunyai relevansi yang tepat dengan apa yang mereka perlukan.

3. Media Branding yang Efektif
Bila blog Anda mampu menyuguhkan konten yang baik, maka efeknya juga akan positif. Selain akan mendapatkan pengunjung yang loyal dengan blog Anda, Anda juga akan dinilai sangat ahli pada bidang tersebut. Sehingga, hal tersebut akan membantu Anda dalam meningkatkan brand website.

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink
Backlink adalah suatu link di website lain yang mengarah langsung ke website Anda. Sebagai seorang blogger, Anda pasti sudah paham bahwa backlink mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan kredibilitas blog.

Saat konten Anda direkomendasikan oleh fitur Google News, maka konten Anda akan menjadi suatu referensi terbaru terkait suatu topik tertentu. Bila ada blogger lainnya yang sedang memerlukan referensi pendukung, tentu mereka akan memanfaatkan sumber yang terpercaya, dan sumber itu bisa jadi adalah blog Anda.
Semakin banyak jumlah backlink yang Anda peroleh, maka akan semakin terpercaya juga blog Anda.

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Iklan
Adalah suatu hal yang wajar bila Anda ingin menggunakan iklan untuk mempromosikan blog Anda. Tapi, bila Anda mampu memperoleh hasil yang sama tanpa harus mengeluarkan uang tentu akan lebih bagus. Google News memiliki potensi untuk mendatangkan organic traffic ke blog Anda. Organic traffic adalah suatu kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan Anda terbebas dari mengeluarkan uang sedikitpun.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Google News: Pengertian, Syarat, Cara, Tips, Kendala, dan Manfaatnya"