Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Newsletter, Manfaat, Metrik Keberhasilan, dan Cara Membuatnya

Pengertian Newsletter, Manfaat, Metrik Keberhasilan, dan Cara Membuatnya


A. Pengertian Newsletter

Newsletter adalah suatu email yang berisi pemberitahuan ataupun update terbaru dari perusahaan untuk setiap pelanggannya. Isi dari email tersebut bisa berupa fitur terbaru yang bisa digunakan di aplikasi, artikel rekomendasi dari blog perusahaan, dan masih banyak lagi isi artikel yang bisa disampaikan.

Strategi Newsletter merupakan salah satu metode email marketing yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan besar di dunia. Jika pada umumnya email marketing dikirim pada target yang lebih luas agar banyak orang yang tertarik untuk membeli, maka pada newsletter umumnya dikirim pada daftar orang-orang tertentu saja.

Mereka adalah orang yang sudah mendaftarkan emailnya dan masuk di dalam daftar subscriber, sehingga bisa mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan bisnis ataupun perusahaan. Tujuannya juga bukan agar mereka bisa membeli ataupun melakukan konversi saja, namun juga untuk bisa menikmati daftar orang yang telah terdaftar menjadi subscriber.

Melalui newsletter, perusahaan dapat menjalin hubungan dengan para pelanggannya secara berkala. Pemberitahuan promo dan update produk dapat disiarkan langsung lewat newsletter kepada email pelanggan. Dengan begitu perusahaan dapat melakukan promosi kepada pelanggan potensial secara efektif.

B. Manfaat Newsletter
Berikut beberapa manfaat newsletter bagi bisnis di antaranya,
1. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan
Manfaat pertama dari mengirimkan newsletter secara rutin kepada para pelanggan adalah agar dapat membangun hubungan yang baik. Secara tidak langsung, media ini juga akan menjaga hubungan baik yang terjalin antara perusahaan dengan pelanggan secara efektif.

Dengan adanya hubungan yang baik, maka bisa dipastikan tingkat loyalitas pelanggan akan meningkat dan berpengaruh pada peningkatan penjualan juga.

2. Mendapatkan dan “membimbing” lead
Selanjutnya, manfaat yang diberikan newsletter adalah memperoleh dan membimbing lead. Anda bisa mendapatkan lead terbaru pelanggan dan juga mengajak subscriber menginput informasi terkait email, alamat, nomor telepon dan lain sebagainya.

Sebagai umpan balik yang diberikan perusahaan, pelanggan bisa diberikan penawaran menarik atau apa pun itu sesuai pilihan mereka. Membimbing dalam mengembangkan lead sendiri berarti suatu proses pengembangan hubungan dengan pelanggan yang terdapat di dalam sales funnel.

3. Promosi Konten
Jika ingin strategi content marketing Anda berjalan lancar, atau blog dan website Anda kebanjiran pengunjung, maka newsletter dapat Anda jadikan jawaban. Dalam hal ini, newsletter artinya dapat membagikan konten pilihan dari blog Anda secara rutin.

Artikel tersebut tentu sudah dipertimbangkan agar mampu memenuhi kebutuhan Anda yang telah mendaftarkan email. Sehingga, semua pihak dapat menerima keuntungan. Blog perusahaan Anda akan mendapatkan manfaat berupa peningkatan kunjungan dan para pengguna juga mendapatkan informasi yang bermanfaat secara rutin.

C. Metrik Keberhasilan Email Newsletter
Dari BigCommerce, berikut penjelasan setiap metrik yang menentukan keberhasilan email newsletter secara keseluruhan di antaranya,
1. Jumlah subscriber
Banyaknya jumlah subscriber otomatis menunjukkan bahwa recipients atau orang yang menerima newsletter juga meningkat.  Hal ini sangat baik, karena orang jadi lebih tertarik dengan layanan dan produk yang diberikan oleh perusahaanmu.

2. Open rate
Metrik selanjutnya dari newsletter adalah open rate. Semakin tinggi tentu semakin baik. Open rate merupakan gambaran dari jumlah orang yang membuka dan membaca email. Berarti memang subject dan preheader yang dipilih sudah cukup menarik. Bisa jadi juga ada faktor waktu pengiriman.

Intinya, kalau sampai open rate rendah, kamu bisa memikirkan ulang taktik pembuatan dan pengiriman newsletter.

3. Click-through rate (CTR)
Salah satu tujuan utama pembuatan dan pengiriman newsletter adalah untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan. Click-through rate (CTR) adalah indikator yang menentukan hal tersebut.

CTR menggambarkan persentase orang yang mengklik isi email, baik itu untuk mengunjungi satu artikel yang ditautkan, atau bisa juga untuk lebih mengeksporasi website. Intinya, mereka mengklik tombol call-to-action (CTA) yang ada di newsletter.

D. Cara Membuat Newsletter
Dalam mengupayakan kesuksesan email marketing, newsletter harus didesain secara apik.  Ada beberapa cara untuk membuat newsletter agar efektif sebagai strategi pemasaran di antaranya,
1. Buat Tampilan Responsif
Sebisa mungkin buat tampilan yang responsif pada email newsletter yang Anda buat. Dalam artian bahwa email Anda harus bisa menunjang tampilan pada berbagai device dan resolusi layar secara baik. Tak hanya itu, tampilan email juga harus dibuat secara apik dan rapi.

Tips ini sangat penting, mengingat banyak pengguna internet yang kini lebih sering mengakses internet melalui smartphone dan sebagian kecil lainnya memilih menggunakan dekstop atau tablet.

2. Ciptakan Visual yang Estetis
Sebuah penampilan tentu akan menjadi daya tarik pertama. Membuat tampilan yang bernilai estetis sudah tidak bisa ditawar lagi. Agar tampilan newsletter terlihat estetis, cobalah untuk menggunakan skema warna yang sesuai dengan brand bisnis Anda.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan ikon agar dapat mengurangi penggunaan teks yang membosankan di dalam newsletter. Penggunaan ikon yang tepat pada newsletter akan memberikan sentuhan unik dan menarik. Hal itu akan memperkuat image brand bisnis Anda di dalam newsletter.

3. Gunakan Kata-kata Simpel dan Unik
Dalam menyusun newsletter, cobalah untuk konsisten dalam menyusun kata yang sederhana, unik dan menarik. Hadirkan suasana yang berbeda pada email pembaca, dengan menggunakan kata-kata yang luwes dan menarik. Hindari penggunaan kata yang kaku, agar tidak terkesan serius dan membuat pembaca bosan atau ogah membaca newsletter Anda.

Jika Anda berhasil membuat kata yang unik, maka email newsletter tersebut akan berhasil memberikan kesan kepada penerima dan membuat mereka tertarik mengunjungi blog atau website Anda. Dan, hal baik lainnya adalah mereka bersedia menjadi pelanggan loyal terhadap produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Buat Konten yang Variatif
Konten yang bervariasi menjadi bagian penting dalam email newsletter. pilihan konten yang sama akan membuat pelanggan mengabaikan email yang masuk. Cobalah untuk memberikan berbagai jenis konten untuk email marketing Anda.

Dalam menjual produk atau jasa, hindari mempromosikan apa yang Anda jual secara terus menerus tanpa adanya variasi promosi. Sesekali cobalah memberikan konten yang berbeda. Misalnya, konten tips dan trik sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, inspirasi bisnis yang sukses atau cerita unik terkait perusahaan.

Pengiriman konten yang bervariasi akan menambah keingintahuan pelanggan terhadap newsletter yang Anda kirimkan. Sehingga strategi pemasaran yang Anda lakukan akan berjalan dengan baik.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Newsletter, Manfaat, Metrik Keberhasilan, dan Cara Membuatnya"