Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trackball: Pengertian, Alasan Penggunaan, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pengertian Trackball atau Bola Jejak
Trackball (Bola Jejak)
Pengertian Trackball
Trackball (bola jejak) adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada mouse modern. Berbeda dengan mouse biasa, trackball adalah mouse yang memiliki sebuah bola kecil untuk menggerakkan kursor.

Dengan bola kecil ini, trackball tidak perlu digerakkan dengan pergelangan tangan. Trackball menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

Bola kecil pada trackball terletak di bagian atas atau samping. Jika letaknya di bagian atas, biasanya bola digerakkan dengan jari telunjuk dan jari tengah. Jika letaknya di bagian samping, maka ibu jarilah yang menggerakkan bola.

Trackball yang digerakkan dengan ibu jari pada umumnya tersedia untuk dioperasikan dengan tangan kanan, tapi ada juga beberapa trackball yang didesain untuk kidal. Bentuk fisik trackball untuk kidal pada dasarnya sama seperti bentuk fisik trackball pada umumnya, yang membedakan hanya posisi bolanya yang diletakkan di bagian samping kanan.

Alasan Penggunaan Trackball
Semakin sering mouse digunakan, semakin sering pergelangan tangan harus digerakkan dalam pola yang repetitif. Semakin tinggi intensitas pergerakannya, makin tinggi pula risiko terserang sindrom carpal tunnel. Sindrom ini merujuk pada kondisi tangan dan jari yang mati rasa, kesemutan, atau terasa nyeri akibat menyempitnya lorong karpal pada tulang pergelangan tangan.

Sindrom carpal tunnel bisa menyerang siapa saja yang sudah bertahun-tahun menggunakan komputer selama berjam-jam setiap hari dan dampaknya bisa sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari.

Trackball didesain supaya kursor pada layar bisa dikendalikan tanpa harus menggerakkan pergelangan tangan. Oleh sebab itulah, trackball diyakini mampu menurunkan risiko terserang sindrom carpal tunnel. Risiko ini bisa lebih diturunkan lagi dengan menggunakan bantalan penyangga untuk menopang pergelangan tangan saat beraktivitas di depan komputer.

Alasan penggunaan trackball bukan hanya karena faktor medis. Banyak pengguna yang merasa trackball lebih ergonomis daripada mouse tradisional dan mouse vertikal. Karena cara kerjanya yang sedikit berbeda dalam mengoperasikan kursor, awalnya trackball memang agak sulit untuk digunakan. Tapi, setelah terbiasa, dampak positifnya mulai terasa.

Meskipun lebih ergonomis, trackball tidak cocok untuk bermain game, terutama game-game action yang menuntut gerakan-gerakan cepat. Trackball lebih efektif digunakan untuk keperluan lain seperti mengelola file, menelusuri internet, mengedit foto, dan semacamnya.

Fungsi Trackball
Trackball memiliki fungsi utama sebagai pointing device, yakni untuk menggerakkan pointer pada layar monitor baik itu personal computer (PC) maupun laptop. Namun selain fungsi tersebut, terdapat beberapa fungsi trackball lain di antaranya,
1. Untuk mengeksekusi suatu program
Trackball memiliki peranan penting dalam hal ini. Kita akan sangat sering menggunakan Trackball untuk membuka file atau menjalankan program. Pada umumnya suatu file ataupun program dapat dibuka dan dijalankan dengan cara melakukan double click.

2. Untuk memilih objek
Memilih merupakan aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam dunia komputer. Mulai dari memilih file, folder, bahkan kata-kata dalam program penulisan seperti Microsoft Word. Dengan menggunakan Trackball kita dapat melakukan pilihan sesuai keinginan.

3. Melakukan drag dan drop
Dengan menggunakan Trackball kita seringkali melakukan proses drag and drop pada item-item di dalam komputer kita, mulai dari operasi move, cut, sampai copy. Dengan didukungnya kemampuan ini melalui Trackball , memudahkan kita dalam melakukan operasi-operasi sederhana tersebut.

4. Mendapatkan informasi melalui hover Trackball
Hover adalah keadaan dimana pointer kita berada pada menu, file, atau folder tertentu. Ketika pointer ada dalam kondisi hover, maka kita akan melihat sebuah informasi ditampilkan. Informasi inilah yang disebut sebagai tooltips.

Fungsi ini sangat berguna bagi kita untuk segera mengetahui apakah fungsi dari item yang akan kita click.

Cara Kerja TrackBall
Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor.

Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas badan trackball.

Dari berbagai sumber 

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Trackball: Pengertian, Alasan Penggunaan, Fungsi, dan Cara Kerjanya"