Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Webcam: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Pengertian Webcam atau Web Camera
Webcam (Web Camera)
Pengertian Webcam
Webcam (web camera) adalah hardware berbentuk kamera digital yang dihubungkan dengan laptop atau komputer. Dengan kemampuan yang sama seperti kamera digital lain, webcam juga dilengkapi dengan kemampuan merekam dan mengambil gambar secara live (realtime).

Webcam pertama yang berhasil diciptakan diberi nama Xcoffee yang dibuat pada 1991 oleh Paul Jardetzky dan Quentin Stafford-Fraser. Awalanya belum terhubung ke internet, baru pada 1993 atas bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson Xcoffee bisa terhubung ke internet.

Tak seperti awal kemunculannya yang terkenal sebagai salah satu hardware mahal, kini sudah banyak laptop yang dilengkapi dengan webcam. Bahkan laptop-laptop kelas murah pun sudah terpasang webcam. Tetapi untuk komputer, Anda harus membelinya terlebih dahulu secara terpisah.

Umumnya, webcam-webcam tersebut dilengkapi dengan sejumlah fitur utama, seperti Mikrofon, bisa disesuaikan posisinya, sensor terpasang secara build in, lampu indikator dan lain sebagainya.

Fungsi Webcam
Keberadaan webcam memiliki banyak fungsi di antaranya,
1. Berkomunikasi
Webcam memungkinkan pengguna komputer untuk berkomunikasi secara langsung. Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah melihat wajah lawan bicaranya.

Saat ini telah banyak perangkat lunak yang menyediakan fitur seperti itu, beberapa di antaranya Skype, Google Hangout, Viber dan lain sebagainya. Komunikasi dengan memakai webcam ini sangat membantu menghubungkan dua orang atau lebih yang lokasinya saling berjauhan atau ketika kita ingin menghubungi keluarga kita yang berada di luar negeri.

2. Belajar jarak jauh
Anda dapat dengan mudah belajar dengan seseorang meskipun dipisahkan dengan jarak yang jauh. Dengan adanya webcam ini, soal jarak tidak lagi menjadi masalah.

Melalui webcam ini, para murid atau pelajar dapat bertanya pada guru mereka jika ada pertanyaan atau hal mengganjal seputar mata pelajaran sekolah. Webcam juga memungkinkan dilakukannya pelatihan atau training lewat Internet. Bahkan, sejumlah pihak menawarkan jasa webinar atau seminar lewat web.

3. Konferensi jarak jauh
Ada kalanya perusahaan menggunakan webcam untuk melangsungkan konferensi jarak jauh. Mereka yang ada di lokasi jauh pun tak menjadi masalah dan tidak akan ketinggalan konferensi yang berlangsung. Selain itu, dengan adanya konferensi video lewat webcam ini, antara manajer dan karyawan tidak harus berada di lokasi yang sama jika sedang diadakan meeting atau rapat.

Cara Kerja Webcam
Webcam merupakan kamera kompak yang bisa dipasangkan ke komputer, di laptop kamera ini sudah terpasang secara build-in. Mirip dengan kamera pada umumnya, webcam bisa menangkap gambar untuk membuat foto dan membuat rekaman video.

Selain itu, webcam bisa mengirim gambar secara realtime dengan bantuan koneksi internet.
1. Webcam bekerja dengan cara menangkap cahaya melalui lensa webcam yang terpasang di microchip penerima gambar. Umumnya microchip ini menggunakan teknologi Charge-Couple Device (CCD) atau CMOS.
2. Hasil dari penangkapan gambar yang dilakukan oleh lensa webcam bisa langsung diolah secara digital atau langsung disebar luaskan ke berbagai media melalui internet.

Webcam tidak dilengkapi keping memori atau flash memory card. Sehingga webcam tidak memiliki kemampuan menyimpan gambar atau video. webcam hanya berfungsi untuk merekam dan mengirimkan gambar secara live.

Jadi jika Anda ingin menyimpan gambar hasil tangkapan webcam, Anda harus meneruskannya ke media penyimpanan di komputer. Adapun kemampuan dan fiturnya berbeda-beda. Tergantung kualitas dan harga webcam. Makin mahal, tentu saja makin bagus kualitas dan makin lengkap fiturnya.

Jenis Webcam
Terdapat beberapa jenis webcam yang sering digunakan masyarakat saat ini di antaranya,
1. USB Webcam
Webcam ini cocok untuk para pengguna baru karena hanya tinggal dicolok ke port USB tanpa harus melakukan pengaturan lainnya. Namun sistem operasi komputer atau laptop yang digunakan juga tentunya harus bisa mendukung penggunaan webcam tersebut.

2. Firewire and Card Based Webcam
Firewire adalah sebuah teknologi video capture device untuk kamera yang mendukungnya. Biasanya kalau ada webcam dengan teknologi ini, maka harganya terhitung mahal. Alasan utamanya adalah kemampuannya dalam menghasilkan frame rate tinggi, di antara 24 sampai 30 fps.

3. Network and Wireless Camera
Network and wireless Camera merupakan perangkat kamera yang tidak perlu disambungkan dengan komputer. Malah kamera ini sudah terhubung dengan modem jadi transfer visual dan audio bisa langsung muncul di layar dari lawan bicara Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Webcam: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya"