Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nulled Theme dan Nulled Plugin Website: Pengertian serta Bahaya penggunaannya

Pengertian Nulled Theme dan Nulled Plugin Website
Nulled Theme dan Nulled Plugin Website
Pengertian Nulled Theme dan Nulled Plugin Website
Nulled theme adalah versi bajakan dari theme WordPress premium. Halnya nulled plugin adalah versi bajakan dari plugin WordPress premium. Tema dan Plugin WordPress nulled tersebut sudah di crack atau hack dan di distribusikan secara ilegal. Tema dan plugin tersebut tersebar di internet dan bisa digunakan secara gratis.

Penggunaan nulled theme atau nulled plugin tentunya mengiringi beberapa bahaya yang perlu dipertimbangkan. Dalam plugin dan tema tersebut tentunya sudah di tanami script yang sudah di enkripsi yang membuat kita sebagai pengguna pemula sangat sulit untuk menemukannya bahkan tidak mengetahui sama sekali.

Script ini tentunya berbahaya dan menguntungkan bagi pihak yang sudah melakukan crack atau hack pada produk tersebut, dan akan sangat merugikan bagi pengguna tema dan plugin tersebut. Demikian, terdapat berbagai konsekuensi negatif yang harus Anda tanggung karena penggunaan tema dan plugin bajakan tersebut.

Bisa jadi di kemudian hari Anda harus mengeluarkan lebih banyak waktu dan uang untuk memperbaiki efek samping yang disebabkan oleh nulled theme dan nulled plugin.
 
Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin Website
1. Tidak Bisa Akses Fitur Baru
Dalam sebuah website, bisa terdiri dari beberapa plugin yang dilengkapi berbagai macam fitur. Ketika Anda menggunakan versi bajakan dari sebuah plugin atau tema, maka otomatis Anda tidak bisa menikmati fitur baru dari plugin atau tema tersebut.

Padahal fitur-fitur baru dari tema atau plugin bisa meningkatkan performa website secara signifikan. Sekali lagi, kerugian ada pada pengguna plugin dan tema WordPress bajakan. Maka dari itu sangat tidak dianjurkan menggunakan Nulled Plugin. Apalagi jika anda menggunakannya untuk website bisnis.

Hal ini bisa mengakibatkan website bisnis anda tidak bisa mengakses fitur baru dan hanya bisa menggunakan fitur yang sudah tersedia saja.

2. SEO menjadi buruk
SEO menjadi salah satu teknik marketing yang banyak digunakan terutama bagi pemilik website agar bisa mendapatkan peringkat di halaman pertama mesin pencari. Tetapi nulled themes WordPress ini akan dengan mudah merusak SEO website yang sudah Anda bangun.

Akan ada banyak spam link yang disimpan dalam plugin dan themes sehingga mengancam SEO pada website, selain itu biasanya disisipkan link yang tujuannya untuk mendapatkan backlink secara ilegal. Paling parah website Anda bisa terkena penalty dari Google website hilang dari index.
 
3. Tidak Bisa Mendapatkan Support
Salah satu alasan membeli plugin atau tema WordPress berbayar adalah untuk mendapatkan fitur support. Kebanyakan versi gratis dari plugin maupun tema tidak menyediakan fitur support untuk para penggunanya.

Berbeda dengan versi berbayar, pengembang menyediakan fitur support untuk membantu para pengguna premiumnya menggunakan plugin atau tema secara maksimal. Bagi pengguna nulled theme dan nulled plugin tentu saja tidak mendapatkannya.

Apalagi bagi orang awam yang masih membutuhkan support. Bahkan orang yang sudah lama berkecimpung di WordPress pun terkadang membutuhkan support dari para developer.
 
4. Bahaya Spam
Selain berbahaya bagi SEO website Anda, penggunaan nulled theme atau nulled plugin memungkinkan adanya spam link ke website Anda yang bisa menyebabkan Google menjatuhkan penalti atau de-index. Jika sudah terkena penalti atau de-index, Anda hanya punya pilihan untuk memperbaikinya dalam kurun waktu yang tidak singkat atau membuat website baru.
 
5. Ilegal
Nulled theme dan nulled plugin adalah versi bajakan, biasanya plugin ini diambil dari tema dan plugin premium WordPress. Artinya, jika Anda menggunakan nulled theme dan nulled plugin, Anda menggunakan software ilegal.

Konsekuensi terberatnya jika Anda tertangkap memakai barang bajakan adalah membayar denda dan ganti rugi kepada developer sebagai pemilik plugin atau tema legal. Denda dan biaya ganti rugi bukan uang yang sedikit tentunya, yang pasti lebih murah membeli tema dan plugin legal.

6. Keamanan website
Nulled themes dan nulled plugin WordPress adalah ancaman besar untuk Anda pemilik website karena biasanya sudah disisipi malware yang siap merusak website Anda. Biasanya saat melakukan pembajakan sudah disisipi kode-kode berbahaya yang disamarkan sehingga sulit dideteksi secara kasat mata.

Akibatnya yang paling sering ditemui data-data penting website sering hilang. Selain itu website bisa menjadi error tidak bisa berjalan seperti biasa karena sudah di bawah kendali malware yang berjalan pada sistem. Kalau sudah sampai tahap seperti ini akan susah saat memperbaikinya.

7. Privasi Terancam
Nulled theme dan nulled plugin juga berpotensi untuk mencuri data privasi kalian. Adanya kode-kode berbahaya yang tersembunyi di file-file tema atau plugin bajakan mereka bisa mencuri username, alamat email, dan password Anda.

Bahkan jika data konsumen kalian juga bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja website Anda diakses orang tidak dikenal dari jarak jauh kemudian meretas website Anda dan mengambil data-data privasi Anda.

Pencurian data privasi ini sulit dideteksi karena seolah-olah website berjalan dengan normal menggunakan tema atau plugin WordPress bajakan.
 
8. Tidak Menghargai Developer
Dengan menggunakan software ilegal, maka Anda tidak menghargai perjuangan developer yang membuatnya. Para developer sudah mencurahkan tenaga, waktu, uang, dan pikiran untuk bisa menghasilkan sebuah karya yang berkualitas. Jika Anda menggunakan versi bajakannya berarti Anda mencuri penghasilan para developer.
 
Para developer tidak hanya cuma menulis kode untuk menghasilkan sebuah tema atau plugin, mereka juga harus menyewa jasa staf support, membuat situs, dan lainnya untuk bisa membuat bisnis mereka hidup. Dengan menggunakan nulled theme dan plugin, Anda sama saja mematikan bisnis tersebut.
 
9. Dilaporkan Oleh Pembuat Script, Plugin atau Theme
Banyak pembuat script, plugin atau theme yang tentunya berang dan mempermasalahkan soal pelanggaran karya mereka. Banyak pengaduan kepada pihak hosting terkait blog-blog yang menggunakan script ilegal yang tentunya melanggar hak cipta milik seseorang.

Jika sudah demikian, maka pihak hosting akan langsung melakukan suspend dan bahkan menghapus web tersebut tanpa ampun. Mungkin dilaporkan kepada pihak hosting akan berakibat penutupan web saja, namun bagaimana jadinya apabila Anda dilaporkan ke pihak berwajib.
 
10. Web Menjadi Lambat
Terakhir, mengapa sangat berbahaya menggunakan plugin dan theme nulled ini yaitu website dari web yang menggunakan script, plugin maupun theme ilegal biasanya mengalami beberapa masalah di webnya. Bahkan,  yang paling sering adalah web menjadi lambat dan bahkan tidak dapat diakses sama sekali.

Hal ini karena seluruh resource hosting telah dikuras habis – habisan oleh kode – kode jahat yang memerlukan penggunaan resource yang tinggi seperti contohnya melakukan pengiriman email spam besar – besaran dan lainnya.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Nulled Theme dan Nulled Plugin Website: Pengertian serta Bahaya penggunaannya"