Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Developer: Pengertian, Kategori, Tugas, dan Keahliannya

Pengertian Developer
Developer
Pengertian Developer
Developer adalah orang yang bertugas mewujudkan desain sebuah produk atau layanan berupa software atau website. Tidak hanya itu, developer juga bertanggung jawab untuk pembuatan desain, pengkodean, data hingga letak website perusahaan atau lembaga.

Beberapa developer bekerja di bidang jaringan besar perusahaan atau sistem dasar untuk memberi sumber daya pada sistem teknologi informasi internal suatu organisasi. Akan tetapi ada pula beberapa developer yang bekerja secara freelance yang tidak terikat oleh sebuah perusahaan.

Profesi developer website menjadi salah satu bagian dari tim IT yang berperan penting bagi perkembangan berbagai jenis perusahaan. Hadirnya developer website tentunya sangat membantu perusahaan dalam menciptakan website sebagai media promosi sekaligus branding.

Developer Menurut Para Ahli
1. Kamus Merriam-Webster, developer sebagai seseorang atau sebuah tim yang mengembangkan perangkat lunak komputer.
2. Collins Dictionary, developer sebagai seseorang yang mengembangkan sesuatu seperti ide, desain, atau produk, termasuk di dalamnya adalah pengembang perangkat lunak.
3. Rasmussen, developer merupakan seorang kreatif yang bertanggung jawab atas proses brainstorming di balik semua jenis program komputer. Namun, tak jarang developer memiliki fokus untuk bekerja pada program atau aplikasi tertentu.

Kategori Developer
Developer merupakan sebuah profesi yang umumnya dibagi menjadi 3 kategori di antaranya,
1. Front-end developer
Front-end developer adalah seseorang yang bertugas untuk menerjemahkan konsep produk ke dalam kode-kode dan bahasa pemrograman tertentu dan mengimplementasikannnya dalam software. Seorang front-end developer setidaknya harus memahami 3 bahasa pemrograman yang utama. Ketiganya adalah HTML, CSS dan JavaScript.

Front-end developer harus memastikan bahwa produk yang akan dibuat tampak bagus, berfungsi dengan baik, dan berisi konten yang benar.

2. Back-end developer
Pekerjaan Back-end developer berhubungan dengan sejumlah hal yang berkaitan dengan server. Mereka harus membuat kode dan program yang mendukung sebuah software atau server situs. Ini termasuk membuat database dan aplikasi penyertanya.

Tugas lainnya dari seorang back-end developer adalah memastikan situs memiliki kecepatan mencukupi agar SEO (search engine optimization) dapat berfungsi optimal.

3. Full-stack developer
Seorang full-stack developer harus memahami dan mampu melakukan tugas front-end hingga back-end developer. Artinya, mereka harus bisa melakukan dua sisi kegiatan development secara sekaligus. Profesi ini umumnya banyak dicari perusahaan guna mengurangi anggaran dalam proses pembuatan produk.

Tugas Developer
1. Fronted Developer
Divisi ini memiliki tugas mendesain tampilan depan suatu website karena Fronted Developer juga bertanggung jawab membangun bagian interface dari sisi pengguna atau user.

Seorang fronted developer harus mampu menguasai tiga bahasa pemrograman, antara lain CSS, HTML dan JavaScripts. Selain itu, mereka juga harus menguasai keahlian lain yaitu penguasaan berbagai framework dan menguasai library.

2. Backend Developer
Divisi backend developer memiliki tugas membangun serta mengelola teknologi yang menunjang 3 komponen backend suatu website yakni aplikasi, server dan database. Ketika menjalankan tugasnya, seorang backend developer memakai bahasa programing seperti Java, Python, Ruby dan PHP.

Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab memprogram server supaya bisa mengirimkan dokumen ke browser para pengguna. Backend developer juga bertugas memastikan keamanan situs yang sedang dikembangkan.

3. Full Stack Developer
Full stack developer adalah website developer yang bisa bekerja secara cross-funtional antara backend dan fronted. Full stack developer bertanggung jawab pada sisi server dan sisi user interface di waktu yang bersamaan.

Hal inilah yang menjadikan developer ini harus memiliki keahlian yang dikuasai oleh backend maupun fronted developer. Seorang full stack developer juga bertanggung jawab pada tampilan website dan jalan aplikasi yang dikembangkan.

Keahlian Developer
berikut beberapa kualifikasi dan kemampuan wajib bagi seorang developer di antaranya,
1. Memiliki kemampuan dalam pengkodean
Keahlian wajib bagi seorang programmer maupun developer pada dasarnya adalah kemampuan mumpuni dalam coding. Kemampuan ini bisa dimulai dari penguasaan bahasa-bahasa pemrograman umum dan khusus sesuai fokus pekerjaan seorang developer.

Meskipun penguasaan satu bahasa pemrograman sudah bisa membuat kita menjadi seorang developer, tetapi akan lebih baik jika seorang developer mampu membekali dirinya dengan berbagai bahasa pemrograman untuk meningkatkan peluang.

Beberapa keahlian teknis yang umum digunakan oleh seorang developer di antaranya Jawa, SQL, Microsoft C#, Python, Java Script, dan Oracle.

2. Meningkatkan kemampuan non-teknis atau soft skills
Pada dasarnya, pekerjaan sebagai developer amat terbuka terhadap kerja tim. Oleh karena itu, kita tidak bisa terpaku pada kemampuan teknis semata. Seorang developer harus memiliki keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan juga kerja sama.

Tiga hal ini termasuk soft skills yang umum dimiliki seorang developer saat bekerja dalam tim maupun untuk menjelaskan pekerjaannya pada klien.

3. Kemampuan analitis dan strategis
Selain kemampuan non-teknis, seorang developer diharuskan memiliki kemampuan individu dalam analisis dan perumusan solusi strategis atas suatu permasalahan.

Pekerjaan dalam bidang pengkodean membuat developer secara umum bermain dengan pemecahan masalah dan usaha untuk menemukan jalan keluar. Hal ini membuat seorang developer harus memiliki perencanaan matang untuk menghasilkan suatu aplikasi maupun perangkat lunak yang efisien.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Dani Ramdani
Dani Ramdani Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Developer: Pengertian, Kategori, Tugas, dan Keahliannya"