Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Classroom: Pengertian, Manfaat, Fitur, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya

Pengertian Google Classroom atau Google Kelas
Google Classroom (Google Kelas)
Pengertian Google Classroom
Google Classroom (Google Kelas) adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Dari Google for Education, Classroom memungkinkan para guru untuk mengatur dan menilai progres murid-muridnya sambil tetap terhubung dari mana pun juga.

Tujuan utama Google Kelas adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa. Karena berbasis web, platform ini secara otomatis sudah terintegrasi dengan layanan Google Suite for Education lainnya seperti Gmail, Google Docs, dan Google Calendar. Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah.

Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive masing-masing pengguna, di mana siswa dapat mengirimkan tugas untuk dinilai oleh guru. Aplikasi seluler, tersedia untuk perangkat iOS dan Android, memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkan penugasan, berbagi berkas dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara luar jaringan.

Guru dapat memantau kemajuan untuk setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja bersama melalui komentar. Layanan ini dapat sangat mengurangi penggunaan kertas dan mempermudah proses pembelajaran, apalagi jika dilakukan secara jarak jauh.

Google Classroom dapat diakses melalui browser maupun aplikasi mobile. Bagi pengguna smartphone baik Android maupun IOS dapat melakukan instalasi Google Classroom melalui Play Store maupun Apps Store. Jadi, bagi murid maupun guru yang memiliki mobilitas yang tinggi tetap bisa untuk mengikuti pembelajaran dari smartphone mereka di mana saja mereka berada.

Google Classroom juga dapat diakses melalui beberapa browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge, dan Mozilla Firefox. Jadi, penggunaan Google Classroom ini bisa diakses dari mana saja tanpa batas. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pegiat pendidikan.

Google Classroom Menurut Para Ahli
1. Afrianti (2018: 11), Google Classroom adalah alat produktivitas yang dibuat demi mempermudah dan menghemat waktu seorang pendidik atau guru dalam mengelola kelas serta meningkatkan komunikasi dengan siswa. Dengan adanya aplikasi Google Classroom bisa memudahkan siswa dan pendidik untuk saling terkoneksi baik di dalam maupun di luar sekolah.
2. Abdul Barir Hakim dalam Ernawati (2018: 15), Google Classroom merupakan layanan yang berbasis internet kepunyaan Google yang digunakan sebagai sebuah sistem e-learning atau dalam Bahasa Indonesia disebut pembelajaran daring.
3. Diemas Bagas Panca dan Rina Harimurti Pradana (2017: 62), Google classroom yakni suatu aplikasi ruang kelas di dunia maya yang bisa menjadi sarana distribusi tugas, submit tugas hingga menilai tugas-tugas yang telah dikumpulkan oleh siswa. Aplikasi ini bisa diperoleh secara gratis setelah sebelumnya mendaftarkan pada akun google application for education.
4. Herman dalam Nurfiyanti (2019: 51), Google Classroom konsepnya merupakan kelas yang tersedia bagi siapa saja yang mempunyai Google Apps for Education, serangkaian alat produktivitas gratis termasuk gmail, dokumen, maupun drive.
5. Noordin Asnawi (2018: 17),  Google classroom suatu serambi pembelajaran campuran yang ditujukan untuk setiap ruang lingkup pendidikan sebagai jalan keluar dari kesulitan dalam membuat, membagikan dan mengelompokkan setiap penugasan tanpa kertas. Aplikasi ini merupakan salah salah satu platform terbaik untuk meningkatkan alur kerja guru.

Manfaat Google Classroom
1. Hemat dan efisien
Dengan menggunakan Google Classroom, guru maupun siswa tidak perlu repot untuk melakukan pertemuan. Semua pertemuan terjadi secara online mulai dari pembuatan tugas/ kuis, mengumpulkan tugas, melakukan penilaian, hingga menambahkan komentar untuk peserta didik. Selain menggunakan Google Classroom, guru juga dapat memanfaatkan Google Meet untuk menyampaikan materi dalam bentuk video conference.

Selain memudahkan pertemuan, Google Classroom juga mampu menghemat penggunaan kertas dalam setiap tugas yang dibagikan dan kerjakan. Semuanya bisa dilakukan melalui Google Docs, Google Slides, serta produk G Suite lainnya secara gratis.

2. Berbagi data lebih efisien dan praktis
Guru tidak perlu repot dalam membagikan tugas melalui email, chat, ataupun grup WhatsApp. Semua tugas dapat dibagikan melalui Google Classroom sehingga manajemen tugas/ dokumen lebih tertata dan tidak membingungkan sang guru maupun siswa. Data tersebut secara otomatis terhubung dan tersimpan di folder Google Drive. Guru dapat mengakses dokumen melalui Google Drive/ Google Classroom secara langsung.

3. Membuat kelas lebih cepat dan instan
LSM (Learning Management System) yang dikembangkan oleh Google sangat mudah untuk digunakan. Tampilan yang user friendly dengan antarmuka sederhana memudahkan guru dan murid dalam memahami setiap menu/ fitur yang tersedia. Untuk menggunakannya, guru bisa langsung membuat kelas melalui halaman classroom.google.com. Setelah membuat kelas, guru bisa membagikan kode kelas, menambahkan siswa, membuat tugas, membagikan materi, dan lainnya.

4. Diskusi dan komunikasi secara online
Tidak hanya sekedar membagikan dan menyelesaikan tugas, manfaat lain dari Google Classroom juga dapat digunakan untuk diskusi bersama dengan guru dan siswa lainnya. Dalam sebuah kelas, guru dapat membuat pengumuman berupa postingan yang mana dapat dilihat oleh setiap siswa. Kemudian siswa dapat menambahkan komentar pada pengumuman/ pertemuan tersebut, baik secara publik (dilihat oleh siswa lain) atau pribadi (hanya dilihat oleh guru).

Dengan demikian, siswa dan guru dapat saling berkomunikasi dan bertanya ketika mengalami kesulitan/ kendala mengenai suatu materi/ tugas yang diberikan. Metode ini tentu akan sangat efektif dalam melakukan pembelajaran daring meskipun tanpa ada tatap muka.

Fitur Google Classroom
1. Fitur Guru
Fungsi pertama yang dapat digunakan oleh seorang guru di Google Classroom adalah membuat kelas, memberikan tugas, dan melakukan penilaian tanpa kertas. Seorang guru dapat menambahkan materi dari YouTube, survei di Google Formulir, dan dokumen lain di Google Drive, serta melakukan sesi tanya jawab dengan siswa.

Mereka juga dapat mengundang wali dan orang tua untuk melihat ringkasan prestasi akademik anak dan kemungkinan tugas yang diberikan oleh guru. Karena terhubung melalui internet, semua ini bisa dilakukan secara real-time. Jadi fitur-fitur di Google Classroom sangat memudahkan pekerjaan seorang guru.

2. Fitur Murid
Siswa dan siswi dapat langsung mempelajari tugas yang diberikan dan mengumpulkannya langsung di kelas. Para siswa/i juga bisa mengecek hasil penilaian guru. Fitur lain yang bisa digunakan siswa di Google Classroom adalah berinteraksi di kelas yang terorganisir, melalui email atau langsung di aplikasi.

3. Fitur Orang Tua Murid
Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang tua juga dapat memiliki akses ke Google Classroom. Mereka dapat menerima email reguler tentang hasil pekerjaan anak-anak mereka dan juga dapat melihat semua kegiatan yang dilakukan.

Jika sekolah sering harus berkomunikasi melalui grup orang tua atau bahkan secara empat mata, Google Classroom memungkinkan mereka melakukan semuanya dari satu platform.

4. Fitur Pihak Administrasi
Dalam fitur admin ini, seorang admin yang biasanya mengurusi jadwal dan hal-hal yang berhubungan dengan pengajaran juga bisa mengatur semuanya dari Google Classroom. Mereka dapat menyiapkan kelas, daftar nama, dan memastikan keamanan data dengan memilih siapa yang memiliki akses ke kelas.

Fitur Google Classroom lain yang dapat mereka gunakan adalah menambahkan atau menghapus siswa atau guru dari kelas yang sedang berlangsung.

Keunggulan Google Classroom
1. Platform yang Komunikatif dan Kolaboratif
Perangkat dan fitur bawaan classroom membuat komunikasi dengan siswa dan guru menjadi mudah. Guru dan siswa dapat mengirim email, memposting ke aliran, mengirim komentar pribadi tentang tugas, dan memberikan umpan balik pada pekerjaan. Guru memiliki kendali penuh atas komentar dan tulisan siswa. Mereka juga dapat berkomunikasi dengan orang tua melalui email individu atau melalui ringkasan email Kelas yang mencakup pengumuman kelas dan tanggal jatuh tempo.
 
Selain itu, classroom menawarkan beberapa cara bagi siswa untuk berkolaborasi. Guru dapat memfasilitasi diskusi online antara siswa dan membuat proyek kelompok di dalam Kelas. Selain itu, siswa dapat berkolaborasi di Google Documents yang telah dibagikan oleh guru.

2. Penggunaan yang Mudah
Fitur-fitur yang terdapat di Google Classroom dapat digunakan dengan sangat mudah bagi para penggunanya. Tampilan yang sederhana dan user friendly membuat pengguna yang baru pertama kali menggunakan platform bisa langsung paham. Dalam mendaftarkan atau membuat akun di dalam Classroom sangatlah mudah.

Syarat utamanya adalah memiliki akun Google. Berbeda dengan platform LMS lainnya yang cukup ribet dalam penggunaannya. Tool dan fitur yang terdapat di Google Classroom bisa digunakan oleh guru maupun murid dengan sangat gampang. Lalu, masuk ke dalam website atau aplikasi Classroom klik daftar selesai.

3. Paperless
Dulu ketika ingin melakukan ujian, belajar, atau berkaitan dengan pelajaran tidak lepas dengan yang namanya kertas maupun buku. Dalam Google Classroom ini semua berubah menjadi paperless. Mengikuti perkembangan yang terus maju dan canggih mungkin di masa depan penggunaan media kertas akan segera ditinggalkan.

Dengan media digital akan lebih menghemat waktu pengerjaan atau lebih efisien. Penggunaan materi yang ada di Google Classroom biasanya dititikberatkan pada penggunaan file dokumen digital. Dengan keadaan yang paperless secara tidak langsung membantu menjaga kelestarian lingkungan.

4. Terintegrasi dengan Layanan Google
Google Classroom juga terintegrasi dengan mudah dengan Google Docs, Sheets and Slides dan berbagai macam layanan Google lainnya. Untuk sekolah dengan anggaran yang bisa dibilang minim, Classroom menawarkan platform yang disinkronkan dengan alat gratis lainnya. Ini menjadi usaha untuk menyediakan cara bagi sekolah dan siswa bersiap memasuki abad ke-20 tanpa menghabiskan banyak uang untuk perangkat lunak kelas yang mahal.
 
Guru memberikan tugas, dan siswa melihat tugas itu sebagai daftar tugas mareka kemudian setelah selesai, siswa dapat memeriksanya kembali. Serangkaian langkah terstruktur untuk penyelesaian tugas membuat semua orang terorganisir dan membantu menghindari kebingungan tentang tugas yang harus diselesaikan.

5. Efisiensi Waktu
Keuntungan bagi siswa di Classroom semua sumber daya untuk kelas berada dalam satu lokasi tunggal. Tidak perlu membawa tumpukan buku atau catatan Anda, pergi ke ruang kelas untuk kuliah atau mencetak esai yang diminta. Sebagai gantinya, Anda dapat melihat pelajaran secara online, menanggapi pertanyaan dan bahkan mengirimkan semua pekerjaan di satu lokasi.

Semuanya tetap rapi dan terorganisir dengan cara ini, dan waktu tidak sia-sia hanya untuk mencari materi kelas yang hilang. Untuk guru, semua siswa, informasi, pengiriman dan nilai berada di satu lokasi yang nyaman.

Cara Menggunakan Google Classroom
1. Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru
Bagi para murid dan guru harus memiliki akun Google terlebih dahulu jika ingin menggunakan Google Classroom ini. Dalam mendaftarkan akun Google ini Anda bisa melakukannya melalui smartphone maupun laptop. Via aplikasi maupun browser konfigurasinya hampir sama dan mudah.

Berikut cara mendaftarkan akun Google Classroom melalui browser atau website di antaranya,
a. Buka Browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge)
b. Ketikan Google Classroom di Search Engine atau ketikkan https://classroom.google.com/
c. Pilih Akun Google dan Daftarkan pada tahap Sign Up
d. Klik Continue untuk melanjutkan
e. Selanjutnya, untuk Guru, Klik tanda (+) di pojok kanan atas
f. Pilih Create Class untuk membuat kelas pertama Anda
g. Selanjutnya lakukan Konfigurasi mengenai informasi kelas
h. Isi Nama Kelas yang akan dibuatkan, Klik Class Name dan masukkan detailnya.
i. Dalam menambahkan informasi deskripsi singkat, tingkat kelas, atau jadwal kelas, Klik Section dan masukkan detailnya.
j. Dalam menambahkan Subject atau mata pelajaran yang akan diajar. Klik Subject dan Masukkan detailnya.
k. Dalam menambahkan lokasi kelas. Klik Room dan Masukkan detailnya.
l. Klik Create, untuk membuat Kelas
m. Halaman Kelas akan terlampir
n. Perhatikan Class Code yang digunakan siswa agar bisa bergabung ke kelas yang telah dibuat.
o. Untuk Membuat Tugas Kelas, Klik Classwork pada menu atas.
p. Klik Create, Pilih jenis tugas yang akan dibuat
q. Pilih Assignment jika ingin membuat tugas, Klik Assignment
r. Klik Title, Masukkan detail Judul Tugas.
s. Klik Instruction, Masukkan Informasi tentang tugas maupun Instruksi.
t. Klik Add, untuk menambahkan materi pelajaran yang disiapkan atau Tekan Create jika baru ingin membuatnya
u. Selanjutnya di Jendela kanan atas, Atur Points, Tenggat Waktu, Topik, dan Rubrik.
 
2. Cara Bergabung Kelas di Google Classroom Bagi Murid
Langkah selanjutnya adalah konfigurasi siswa untuk masuk ke dalam Google Classroom. Untuk masuk ke dalam Google Classroom siswa dapat menggunakan smartphone dan laptop. Pada kesempatan kali ini akan menggunakan media browser. Buka https://classroom.google.com/ lalu daftarkan akun seperti yang telah dilakukan diatas.

Masuk Klik tanda (+) dan tekan Join Class. Masukkan kode yang diberikan oleh Guru untuk dapat masuk ke dalam Google Class. Jika sudah maka siswa sudah bisa masuk ke dalam Google Class dan mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Google Classroom: Pengertian, Manfaat, Fitur, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya"