Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Drive: Pengertian, Manfaat, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Google Drive
Google Drive
Pengertian Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang dikembangkan oleh Google. Google Drive memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat yang berbeda, dan saling berbagi berkas.

Google Drive menyediakan pengguna 15 GB tempat penyimpanan gratis melalui Google One. Google One juga menyediakan 100 GB, 200 GB, 2 TB, 10 TB, 20 TB, dan 30 TB, yang disediakan melalui paket-paket pembayaran opsional.

Google Drive meliputi Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Selain situs web, Google Drive juga menyediakan aplikasi-aplikasi dengan kemampuan offline untuk Windows dan komputer-komputer macOS, dan Android serta perangkat iOS.

Diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Manfaat Google Drive semakin banyak dirasakan dari waktu ke waktu, terutama di bidang pendidikan dan industri. Dengan adanya layanan dari Google ini, setiap orang akan bisa melakukan pengiriman serta pengeditan data bersama secara real time.

Manfaat Google Drive
Berikut beberapa ulasan tentang beberapa manfaat layanan google drive di antaranya,
1. Menerjemahkan File
Dengan kerjasama antara Google Drive dengan Google Translate, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menerjemahkan file menjadi bahasa lainnya. Setelah membuka dokumen, lalu klik tools dan pilih bahasa sesuai dengan kebutuhan Anda dalam penerjemahan file.

2. Mengedit File Bersama
Bukan hanya satu orang yang dapat mengedit file di dalam Google Drive, siapapun yang memiliki akses akan dengan mudah bisa melakukannya. Hal ini sangat penting untuk kerjasama tim jarak jauh yang solid.

Apalagi, karena didesain dengan penyimpanan otomatis secara real-time dan update history yang serba cepat, maka koreksi akan dapat dimaksimalkan. Cara mengakses Google Drive untuk digunakan bersama adalah dengan mengganti setting saat membagikan file.

Jadi, pemilik atau pembuat dokumen bisa mengklik bagian kotak biru bertuliskan “Share” dan kemudian “Edit Pengaturan” saat menyalin link. Ubahlah pengaturan menjadi siapapun yang memiliki link dapat mengedit.

Bisa juga untuk mengurangi risiko, Anda hanya berbagi dan memberikan akses pengeditan pada beberapa email tertentu. Dengan demikian, akan data pun bisa lebih terproteksi secara optimal.

3. Melakukan Back Up File
Karena banyak terjadi kerusakan yang disebabkan virus, error pada software maupun hardware, adakalanya data bisa hilang dan tidak terselamatkan. Namun, jangan khawatir, karena semua data yang Anda masukkan di Google Drive pasti aman dan bebas dari virus.

Tidak heran, saat ini sangat banyak orang yang menggunakan Google Drive untuk menyimpan data penting. Misalnya seperti daftar riwayat hidup, scan ijazah dan lain sebagainya.

4. Mengkonversi File PDF Menjadi Teks
Adakalanya, beberapa file tidak hanya yang bisa diedit, tetapi sebagian juga file PDF dengan akses edit terbatas. Apabila menemukan kasus ini, Anda dapat membukanya langsung di Google Drive.

Dengan mengklik pilihan “Open With Google Docs”, maka secara otomatis teks PDF pun akan berubah menjadi teks Google Docs yang merupakan bagian dari Google Drive.

Jika sudah bisa diakses menjadi teks biasa, maka pengeditan pun jauh lebih mudah. Bahkan, setelah selesai mengedit dan membutuhkan salinannya, Anda tinggal menyimpan dokumen dalam bentuk file word.

5. Menyimpan Link dan History
Apakah ada banyak data yang Anda perlukan dari beragam link serta tautan? Jika ya, maka Anda dapat memanfaatkan Google Drive untuk memaksimalkan penyimpanan.

Tips menggunakan Google Drive untuk menyimpan tautan adalah dengan mengklik simbol segitiga pada link jika Google Chrome Anda telah memiliki eksistensi Google Drive. Lalu, jika diperlukan Anda dapat membukanya sewaktu-waktu.

6. Back Up Chat Whatsapp
Saat ini, Whatsapp pun sudah bekerjasama dengan Google Drive untuk mencadangkan chat. Sebelum Anda menghapus chat, pasti ada kalanya beberapa data atau informasi masih dibutuhkan.

Agar tidak kehilangan informasi tersebut, maka lakukan pencadangan chat secara berkala dengan menggunakan Google Drive. Caranya cukup mudah, yakni mengklik pilihan “Menu” pada Whatsapp.

Kemudian, pada pilihan menu Anda dapat mengklik “Setelan” dan “Chat”. Terakhir, klik “Cadangkan Chat” dan tunggu beberapa saat sampai seluruh proses selesai.

Lamanya durasi pencadangan ditentukan oleh jumlah data yang dicadangkan. Selain itu, bagaimana kondisi sinyal dan kecepatan koneksi internet pun sangat berkaitan dengan proses ini.

7. Melakukan Update Progress Secara Berkala
Pada beberapa tugas, proyek atau kerjasama, adakalanya diperlukan laporan progress harian atau berdasarkan periode tertentu. Dengan menggunakan Google Drive, maka si pembuat laporan akan dapat memasukkan update perkembangannya sesuai jadwal harian.

Di sisi lain, pihak yang memonitoring laporan progress juga akan lebih mudah melihat dan mengecek perkembangan dari pekerjaan. Dengan demikian, kerjasama daring pun bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Bukan hanya melalui PC atau laptop saja, Google drive juga menjadi salah satu aplikasi di smartphone. Oleh sebab itu, Anda bisa lebih mudah mengaksesnya di mana saja.

Fitur Utama Google Drive
Google Drive memiliki beragam fitur yang membantu pengguna untuk menyelesaikan masalah penyimpanan dan solusi dari berbagai kebutuhan pekerjaan dan tugas sehari-hari di antaranya,
1. Mudah membuat dokumen apa pun
Dengan menggunakan Google Drive, pengguna bisa langsung membuat dokumen sesuai kebutuhan, entah itu Google Dokumen, Google Slides, Google Spreadsheet, Google Formulir, dan sejenisnya. Semuanya juga tersimpan secara otomatis ke Drive, sehingga tidak perlu khawatir lupa menyimpan.

2. Mudah dalam berbagi file / dokumen
Jika pengguna telah masuk ke Google Drive, pengguna bisa klik kanan » lalu pilih Bagikan. Di bagian tersebut, pengguna bisa menambahkan anggota dengan email atau dapatkan link untuk dibagikan ke publik (jika dibutuhkan).

3. Integrasi dengan produk Google
Google Drive terintegrasi dengan hampir semua produk Google sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan sinkronisasi dan backup. Bahkan beberapa aplikasi pihak ketika juga di integrasikan dengan Google Drive. Contohnya WhatsApp di mana pengguna bisa melakukan backup data WhatsApp ke akun Google Drive masing-masing.

4. Tingkat keamanan tinggi
Tidak perlu diragukan lagi bahwa Google pasti memberikan keamanan terbaik bagi penggunanya. Setiap folder dan file di Google Drive aman dari semua virus dan ancaman para hacker. File dan folder juga tidak dapat dilihat secara publik tanpa izin dari pengguna.

Kelebihan Google Drive
1. Jumlah Memori Penyimpanan Cukup Besar (15 GB)
Dalam versi free, GDrive memberikan memori sebesar 15 GB yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data-data. Kita hanya perlu melakukan upgrade akun jika menginginkan memori penyimpanan tambahan.

2. Dapat Menyimpan Berbagai Data (Keep Any File)
Seperti dijabarkan sebelumnya, kita dapat menyimpan data dalam bentuk apapun ke GDrive, entah itu teks dokumen, gambar, audio dan file file lain.

3. Dapat Berbagi File (Share What you Want)
File-file yang tersimpan dapat kita bagikan pada teman-teman yang kita kehendaki, baik melalui whatsapp, facebook, messenger, easyShare ataupun pesan teks sms.

4. Data Tersimpan Aman (Safe and Secure)
Rasanya kita tidak perlu meragukan developer-developer yang bekerja di Google company. tentu mereka orang-orang terbaik yang memiliki keandalan dalam hal teknologi dan keamanannya. Walaupun dalam dunia IT ada filosofi “tidak ada data yang aman”.

Untuk kekurangan, penulis rasa kekurangan media penyimpanan ini lebih ke cara penggunaan. Pengguna yang akan mengupload atau mengakses data harus terkoneksi ke jaringan Internet, meskipun sebenarnya Google Drive menyuguhkan fitur agar data bisa digunakan ketika offline.

Kekurangan Google Drive
1. Sangat tergantung pada jaringan Internet
Karena semua sistem di Google Drive menggunakan sistem Cloud, otomatis diperlukan penggunaan jaringan internet. Jika Anda ingin masuk ke Google Drive, maka pastikan perangkat terhubung ke internet.

2. Cadangan data pada PC masih belum optimal
Google Drive juga dapat diakses oleh versi luringnya di komputer sebagai aplikasi cadangan data otomatis. Sayangnya untuk saat ini hanya dapat melakukan backup pada file foto dan video saja. Sedangkan untuk backup data seperti dokumen dan file serupa, itu belum bisa dilakukan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Google Drive: Pengertian, Manfaat, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya"