Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Form: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh Penggunaan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Google Form atau Google Formulir
Google Form (Google Formulir)
Pengertian Google Form
Google Form (Google Formulir) adalah layanan administrasi survei sebagai bagian dari rangkaian Penyunting Google Dokumen berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google. Google Form memudahkan dalam mendapatkan jawaban atau data dari publik atau audiens yang mengisi survei tersebut secara langsung.

Google Form dilakukan secara online dan bisa diakses oleh siapa pun sesuai kehendak pembuatnya. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet yang jika terkait dengan bentuk, tanggapan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihatnya di ringkasan tanggapan halaman dapat diakses dari menu tanggapan.

Google Form merupakan bagian dari aplikasi Google Drive, dengannya untuk membuat formulir baru, pengguna harus terlebih dahulu login ke gmail atau Google Apps. Dengan Google Form, pengguna dapat meminta pertanyaan pilihan ganda, daftar pertanyaan, pertanyaan skala, dan masih banyak lagi.

Ketika berbagi formulir pengguna dengan orang lain, pengguna dapat mengaturnya agar tampil dengan tema yang mengesankan dengan akses yang mudah.

Fungsi Google Form
Google Form menawarkan beragam manfaat dan kegunaan kepada penggunanya untuk berbagai keperluan, baik, bisnis, pekerjaan, atau perusahaan. Berikut beberapa fungsi Google Form di antaranya,
1. Membuat Kuesioner
Fungsi utama dari layanan Google Form adalah untuk membuat kuesioner dalam bentuk formulir. Dalam formulir tersebut, Anda bisa mengisinya dengan kritik, ulasan, saran, umpan balik atau feedback, data evaluasi, sampai kebutuhan form untuk penelitian.

Fungsi kuesioner dari Google Form ini sering kali digunakan pada bidang bisnis, pendidikan, dan juga penelitian ilmiah.

2. Formulir Pendaftaran Kerja
Akibat banyaknya perusahaan atau kantor yang menerapkan ketentuan protokol kesehatan di masa pandemi sekarang ini, tak sedikit bidang pekerjaan saat ini yang menjalankan aktivitasnya secara online dan remote.

Hal tersebut membuat tak sedikit pula perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara online dengan memanfaatkan layanan ini.

Selain lebih praktis, cepat, fungsi dari Google Form tersebut juga mampu menjangkau lebih banyak pelamar dengan kualifikasi yang lebih mumpuni. Dengan begitu, perusahaan mampu mendapatkan sumber daya yang lebih berkualitas dan memaksimalkan operasional bisnisnya untuk meraih tujuan atau keuntungan.

3. Lembar Kerja
Google Form juga bisa dimanfaatkan untuk membuat formulir pengisian mengenai lembar kerja. Informasi atau data yang dipakai dalam formulir tersebut biasanya terkait form untuk mengunggah dokumen, pengerjaan tugas sekolah, baik dalam bentuk esai atau pilihan ganda, dan lainnya.

4. Pembelian Produk
Google Form juga dapat digunakan untuk membuat formulir pembelian layanan atau produk. Dengan begitu, pengguna tak lagi harus mencatat hasil penjualan produk melalui media konvensional secara manual. Hal tersebut menjadikan pula seluruh informasi dari formulir tersebut bisa terekam dengan lebih baik, serta mudah untuk diakses.

Google Form merupakan layanan yang berguna untuk memudahkan penggunanya dalam membuat serta mengoleksi maupun mengumpulkan data yang ingin didapatkan. Selain mudah dan praktis untuk dilakukan, penyimpanan data menggunakan layanan ini juga bersifat real time dan bisa diakses oleh siapa pun secara online.

Cara Membuat Google Form
Untuk menggunakan layanan Google Form, Anda wajib memiliki akun gmail. Kemudian tinggal mengikuti langkah berikut di antaranya,
1. Membuat Google Form Tipe Kuesioner
a. Buka Google Docs dan Pilih Template
Pertama, buka google docs dan pilih “form”. Di sana akan tersedia beberapa opsi template. Pilihlah template yang sesuai dengan yang selera.

Jika tidak ada yang cocok, pilih template blank berlatar belakang putih, yang di dalamnya ada gambar “+” .

b. Mengisi Judul dan Deskripsi Form
Kalau sudah pilih template blank, lanjutkan dengan mengisi kuisioner yang Anda inginkan. Anda akan melihat kotak dialog “Untitled Form” memiliki ukuran huruf cukup besar.

Klik kolom tersebut dan ketikan judul dari kuesioner yang Anda inginkan.

Setelah mengisi judul, akan ada deskripsi di kolom “ form descirption” di kolom tersebut, paparkan secara deskriptif tentang kueosioner Anda. Deskripsi perlu dibuat dengan rinci dan jelas.

Dengan demikian, orang akan lebih mudah mengerti dan sepaham dengan maksud Anda.

c. Membuat Pertanyaan
Setelah judul dan deskripsi, lanjut ke tahap memasukkan daftar pertanyaan untuk kuesioner.

Di bawah kolom “form description’’ ada kolom “question“. Lalu tulis pertanyaan yang ingin Anda ajukan.

Anda juga dibebaskan untuk memilih jenis pertanyaan misalnya multiple choice atau short answer. Multiple choice untuk pertanyaan dengan jawaban “mungkin, tidak, atau ya”.

Short answer untuk jawaban yang berupa deskripsi pendek. Ada pula jenis jawaban “paragraph”. Hal ini berbeda dengan short answer.

Paragraph membuat pengguna bisa mengisi jawaban dengan lebih panjang.

d. Kirim Kuisioner
Kalau Anda sudah mengisi semua pertanyaan yang Anda ingin ajukan, step terakhir ialah mengirimnya ke orang yang Anda inginkan.

Bisa melalui email atau menyalin link.

Caranya, klik “send” di kanan atas. Kemudian akan ada opsi mengirim form ke email dengan menulis tujuan email dan pilih “include form in email”.

Langkah terakhir klik send yang ada di pojok kanan bawah.

2. Membuat Google Form Tipe Formulir Pendaftaran
Cara membuat google form tipe formulir pendaftaran ini hampir sama dengan membuat kuisioner di antaranya,
a. Memilih template
Pertama, Anda perlu memilih template untuk formulir pendaftaran. Tapi sebelum itu, syarat untuk bisa membuka google form ialah memiliki gmail untuk masuk ke google docs sama seperti sebelumnya.

b. Mengisi judul dan deskripsi
Serupa dengan pembuatan kuesioner, buatlah judul dan deskripsi di formulir pendaftaran yang ingin Anda buat.

c. Menyusun Pertanyaan
Pertanyaan dalam formulir pendaftaran umumnya tidak menggunakan opsi multiple choice melainkan short answer atau paragraph.

Apa yang perlu ditanyakan? Biasanya berupa “nama, tempat tanggal lahir, usia” maupun info lain yang Anda butuhkan.

Untuk mempermudah, Anda bisa juga memilih “multiple choice grid” untuk membuat tabel di Google form. Tabel bisa diisi informasi yang Anda butuhkan dari pengguna.

d. Kirim dan share formulir pendaftaran
Langkah terakhir dari cara membuat google form yakni dengan mengirim dengan klik “send” di pojok kanan atas. Bagikan lewat email dan klik “send” di bagian pojok kanan bawah.

Setelah itu, copy link dan bagian di sosial media maupun langsung ke segmen yang Anda tuju.

Contoh Penggunaan Google Form
Contoh Penggunaan Google Form untuk keseharian di antaranya,
1. Untuk kuis online, ujian online, survei performa guru, survei masukan orang tua murid, formulir registrasi online
2. Mendorong paperless culture. Tidak lagi print-print formulir, semuanya dijadikan online, bahkan tabulasi hasilnya pun otomatis dan sudah online

Kelebihan Google Form
Berikut beberapa kelebihan menggunakan Google Form di antaranya,
1. Mudah digunakan
Seperti yang telah dibahas di atas, program ini sangat mudah digunakan dan terdapat banyak tutorial tentang penggunaannya.
 
2. Dapat dengan mudah dibagikan
Kelebihan selanjutnya adalah bahwa program ini sangat mudah untuk dibagikan kepada informan. Dengan mengklik tombol kirim atau send, link formulir yang telah dibuat dapat langsung dikirim kepada responden atau informan yang telah dipilih.

3. Penyajian data dari responden yang bervariasi
Penyajian data yang telah dihimpun dari responden dapat tersaji dalam berbagai bentuk. Penghimpunan data yang dilakukan dapat disajikan dalam bentuk diagram, hingga dalam pola spreadsheet.

4. Bersifat open source
Kelebihan lainnya ialah Google Form masuk dalam sisi G-Suite, artinya program ini termasuk dalam program yang bisa dimanfaatkan tanpa dipungut bayaran atau gratis. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan dana setiap kali ingin menggunakan Google Form.

Kekurangan Google Form
Berikut beberapa kekurangan Google Form di antaranya,
1. Tidak menggunakan equation
Salah satu kekurangannya adalah tidak bisa menggunakan equation secara langsung karena program Google Form belum dapat menggunakan lambang matematika setiap pembuatan formulirnya.

2. Tidak menyediakan survei yang berskala thurstone
Google Form hanya menyediakan 10 batas rasio linear saja dan tidak menyediakan rasio dengan skala thurstone.  

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Google Form: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh Penggunaan, Kelebihan, dan Kekurangannya"