Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Globalisasi Teknologi, Ciri, Manfaat, dan Dampaknya

Pengertian Globalisasi Teknologi, Ciri, Manfaat, dan Dampaknya


A. Pengertian Globalisasi Teknologi

Globalisasi teknologi adalah terhubungnya antara negara satu dengan negara lainnya, dan informasi antar negara dapat diketahui dalam waktu singkat melalui teknologi informasi tersebut. Berkembang pesatnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apa pun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa.

Arus globalisasi yang bergerak sangat cepat membawa pengaruh di bidang teknologi. Ada banyak dampak yang bisa dirasakan oleh manusia di seluruh dunia. Penemuan teknologi yang semakin canggih ditujukan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan sekaligus mempermudah pekerjaan manusia. Tak bisa dipungkiri, globalisasi membawa banyak dampak positif di bidang teknologi. Namun jika tidak disikapi dengan benar, maka ada pula dampak negatif yang dibawanya.

B. Ciri Globalisasi Teknologi
1. Adanya perangkat Komputer, Laptop, Handphone
2. Adanya Media Cetak dan media visual
3. Berkembangnya iptek dengan adanya teknologi baru seperti hadirnya smartphone canggih
4. Informasi bisa dicari dengan mudah dan tidak tertandingi
5. Kebebasan dalam Berpikir
6. Informasi yang Semakin Mudah Terserap
7. Peningkatan kreativitas dan kecerdasan dalam berbahasa asing

C. Manfaat Globalisasi Teknologi
1. Adanya kemajuan dan perkembangan teknologi di segala aspek
2. Mengetahui teknologi yang modern dan bisa kita pelajari teknologi yang dari zaman ke zaman
3. Dapat mempercepat komunikasi jarak jauh
4. Memudahkan dalam mencari informasi

D. Dampak Globalisasi Teknologi
1. Dampak Positif
a. Kemudahan Dalam Komunikasi Jarak Jauh
Dampak ini pastinya sudah sangat dirasakan setiap hari di mana kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan siapa pun meski berjarak puluhan ribu kilometer. Hal ini tak lepas dari peranan gadget dan jaringan internet yang menyambungkan setiap individu dengan cepat tanpa harus bertemu muka.

b. Kemudahan Dalam Proses Jual Beli
Kemajuan teknologi di era globalisasi juga memberikan dampak positif terhadap kemudahan proses jual beli. Ini berkat adanya fitur yang disediakan oleh bank, seperti fitur m-banking dan internet banking yang memudahkan manusia untuk bertransaksi lewat perangkat elektronik untuk mentransfer sejumlah uang. Selain itu kini telah banyak e-commerce yang bermunculan untuk menawarkan berbagai produk melalui website marketplace secara gratis.

c. Kemudahan Dalam Sarana Transportasi
Dampak globalisasi di bidang teknologi ternyata juga merambah ke sektor transportasi. Sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk beraktivitas, kehadiran transportasi kini juga sudah mengalami perkembangan yang pesat. Saat ingin melakukan perjalanan ke tempat lain, kini sudah tersedia pilihan transportasi darat, laut, dan udara.

d. Kemudahan Dalam Mengakses Informasi dari Internet
Tersedianya gadget dan internet yang dimiliki oleh hampir seluruh orang di dunia tentunya memberikan kemudahan dalam mengakses informasi apa pun di dunia maya. Kapan saja dan di mana saja informasi tersebut bisa diakses dengan mudah. Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut di antaranya meningkatkan pola pikir manusia, kualitas ilmu pengetahuan berkembang, serta menumbuhkan sikap toleran antar umat beragama.

Kemudahan dalam mengakses informasi juga bisa bermanfaat di bidang pendidikan. Anda bisa mempelajari berbagai hal terkait dengan pembelajaran melalui jurnal maupun website dan blog yang banyak tersedia di internet. Bila benar-benar dimanfaatkan dengan baik, diharapkan dapat memacu motivasi para pelajar untuk menambah wawasan serta mengembangkan kreativitas mereka.

e. Terciptanya Mesin Canggih untuk Mempermudah Aktivitas Manusia
Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, kemajuan teknologi berdampak pada terciptanya berbagai mesin canggih yang ditujukan untuk mempermudah aktivitas manusia. Contohnya banyak terdapat pada mesin-mesin produksi yang ada di pabrik-pabrik. Keberadaan mesin canggih tersebut membantu meningkatkan produksi barang yang sebelumnya dikerjakan oleh tenaga manusia. Dengan begitu biaya produksi jadi bisa lebih ditekan, tapi produksi barang bisa dilakukan dengan cepat.

2. Dampak Negatif
a. Tenaga Manusia Semakin Tergeser
Terciptanya mesin canggih berbasis teknologi ternyata tidak hanya membawa dampak positif tapi juga negatif. Dikarenakan lebih menguntungkan dengan adanya mesin tersebut, alhasil tenaga manusia pun sudah tidak diperlukan lagi sehingga membuat banyak buruh pabrik yang terkena PHK. Selain itu mesin modern juga bisa menggeser peran dari barang-barang tradisional. Dengannya, diperlukan inovasi kreatif untuk membuat kelangsungan ekonomi mereka tetap berjalan di tengah era modernisasi ini.

b. Munculnya Individualisme
Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran gadget dan luasnya jangkauan internet bisa memunculkan sikap individualisme kepada pengguna teknologi. Individualisme diartikan sebagai suatu pandangan yang menunjukkan keegoisan seseorang dalam mementingkan hak pribadinya tanpa memperhatikan orang lain.

c. Kejahatan Dunia Maya Marak Terjadi
Kejahatan dunia maya atau lebih dikenal dengan sebutan cybercrime semakin meningkat akibat dari arus globalisasi di bidang teknologi yang kian meningkat. Kemajuan teknologi disalahgunakan oleh orang jahat untuk mencari keuntungan. Masalah ini menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi seluruh negara di dunia.

d. Masuknya Budaya Baru yang Buruk
Keberadaan internet dan televisi bisa membuat budaya baru masuk dengan mudah ke suatu negara. Beberapa di antaranya ada yang baik, tapi ada juga yang buruk dan tidak sesuai dengan budaya asli di negara tersebut.

e. Ketergantungan Teknologi
Teknologi memang memberikan kemudahan bagi aktivitas manusia di berbagai bidang, tapi penggunaannya yang berlebihan juga bisa berdampak buruk. Manusia bisa mengalami ketergantungan terhadap teknologi karena terlalu terlena dengan fitur-fitur canggih yang diberikan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Globalisasi Teknologi, Ciri, Manfaat, dan Dampaknya"