Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kreativitas, Ciri, Bentuk, dan Contohnya

Pengertian Kreativitas
Kreativitas
A. Pengertian Kreativitas
Daya cipta atau kreatif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti memiliki daya cipta, memiliki kemampuan untuk menciptakan, bersifat (mengandung) daya cipta. Sementara kreativitas mempunyai arti kemampuan untuk mencipta, daya cipta, perihal berkreasi, kekreatifan. Daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada.

Kreativitas mengarah pada kemampuan seorang manusia untuk merumuskan ide yang unik, berbeda dan fresh. Hasil tersebut sangat dipengaruhi oleh bagaimana seseorang mengamati hal yang menarik perhatian, menghubungkan antara banyak hal dan memikirkan agar menjadi sesuatu yang tidak menjiplak. Ide-ide baru yang mencuat dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan isu spesifik ataupun isu kekinian. Selain ide, kreativitas juga dapat memecut seseorang untuk menghasilkan suatu benda atau produk.

Demikian, pengertian kreativitas merujuk pada satu arah yaitu hal yang baru dan solutif. Hasil dari suatu kreativitas manusia memiliki karakteristik yakni nilai guna yang tinggi bagi kehidupan. Kreativitas membutuhkan dorongan salah satunya adalah rasa ingin tahu. Manfaat dari kreativitas antara lain menjadikan kehidupan lebih mudah, meningkatkan semangat dan memicu terjadinya inovasi.

Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdayacipta (creative thinking) (kadang disebut pemikiran bercabang) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Daya cipta pada masa kini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor keturunan dan lingkungan.

Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli
1. Asep Hamdani, makna dari kreativitas mengarah pada proses yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan untuk menghasilkan suatu perubahan yang baru dan lebih baik. Lebih jelasnya lagi, proses tersebut membutuhkan kemauan yang kuat dan ide yang fleksibel.
2. Utami Munandar, kreativitas adalah salah satu bentuk dari aktualisasi diri yang menjadi kebutuhan setiap individu. Kreativitas butuh dikembangkan sehingga dapat memberikan kepuasan pada diri sendiri sekaligus bermanfaat untuk memecahkan persoalan tertentu.
3. Abraham Maslow dan Carl Rogers, kreativitas memuat inti yang sama. Mereka berpendapat bahwa kreativitas berkaitan sangat dekat dengan aktualisasi diri setiap manusia. Dengan begitu, potensi yang dimiliki oleh setiap manusia dapat dimunculkan.
4. James Gallagher, terdapat dua hal penting yang membentuk konsep kreativitas menurut James Gallagher. Pertama, kreativitas adalah sebuah proses mental yang mendorong seseorang untuk menghasilkan gagasan ataupun karya baru. Kedua, kreativitas merujuk pada kombinasi antara gagasan dan karya tersebut sehingga terpatri di dalam dirinya.
5. Supriadi, kreativitas dimaknai sebagai suatu kemampuan untuk memunculkan segala sesuatu yang sifatnya baru dan memiliki ciri khas tersendiri. Bentuk dari sesuatu tersebut dapat berupa ide ataupun produk yang nyata.
6. Clark Monstakis, kreativitas dianggap sebagai sebuah pengalaman seseorang saat mengaktualisasikan diri dalam bentuk hubungan antara diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

B. Ciri Kreativitas
Berikut ciri-ciri individu yang memiliki kreativitas di antaranya,
1. Mudah Beradaptasi, adalah salah satu ciri orang yang memiliki rasa kreatif pada kalangan individu atau secara kelompok sehingga dapat menemukan ide dan berpikir secara cepat untuk menghasilkan gagasan dalam penyelesaian masalah.
2. Sering Berimajinasi, adalah salah satu ciri yang sangat mempengaruhi dalam melakukan suatu tindakan yang kreativitas sehingga mereka mudah berimajinasi dalam mengembangkan hal yang positif.
3. Pribadi Yang Misterius, adalah salah satu ciri dalam menumbuhkan rasa yang kreativitas sehingga mereka sulit ditebak dan terkadang ide-idenya sangat membingungkan orang lain.
4. Menyukai Tantangan, adalah salah satu ciri yang dapat membangun jiwa yang kreativitas sehingga dapat memicu potensi secara umum dalam menghadapi tantangan.

C. Bentuk Kreativitas
Beberapa bentuk yang dapat mewujudkan kreativitas di antaranya,
1. Gagasan, adalah salah satu bentuk Kreativitas yang dapat juga mewujudkan dari berbagai ide dan gagasan untuk mengatasi masalah yang ada.
2. Ide, adalah salah satu bentuk kreativitas yang dapat menghasilkan ide yang unik sehingga dapat juga menciptakan solusi yang baru pada kehidupan di masyarakat.
3. Produk, adalah salah satu bentuk kreativitas yang dihasilkan sehingga terjadinya proses untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen.

D. Contoh Kreativitas
Banyak contoh dari kreativitas yang dapat Anda temui di lingkungan sekitar.
1. Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah daur ulang baik itu sampah, benda layak pakai yang sudah tidak digunakan maupun kombinasi benda yang rusak.
2. Produk makanan kaleng seperti sarden dan manisan sehingga lebih praktis disimpan dan dibawa bepergian
3. Produk minuman yang mencampurkan dua atau beberapa bahan sekaligus seperti susu dan sereal
4. Mengubah bahan alami yang tidak digunakan menjadi sesuatu yang bisa digunakan. Contohnya, tas unik yang terbuat dari daun kering.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA 

1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Nilai dan Norma Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 5. Perilaku Menyimpang (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 6. Pengendalian Sosial (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Nilai dan Norma Sosial
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi
11. Materi Ujian Nasional Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial  
12. Materi Ringkas Nilai dan Norma Sosial
13. Materi Ringkas Sosialisasi
14. Materi Ringkas Penyimpangan dan Pengendalian Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kreativitas, Ciri, Bentuk, dan Contohnya"