Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Gadget, Fungsi, dan Macamnya

Pengertian Gadget, Fungsi, dan Macamnya


A. Pengertian Gadget (Gawai)

Gadget dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah peranti elektronik dengan fungsi praktis. Gawai (gadget) dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Pendapat lain menyebutkan gadget (gawai) adalah perangkat elektronik portable karena dapat digunakan tanpa harus terhubung dengan stop kontak beraliran listrik.

Gadget merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Dengan kata lain, teknologi adalah bahasa secara umumnya, sedangkan gadget adalah bahasa spesifiknya.

B. Fungsi Gadget (Gawai)
Pada dasarnya gadget berfungsi untuk membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Berdasarkan jenis-jenis gadget terdapat beberapa fungsi gadget di antaranya,
1. Media Komunikasi, fungsi gadget yang paling bermanfaat bagi manusia adalah sebagai media komunikasi. Setiap orang dapat terhubung dan saling berkomunikasi dengan menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone, laptop, smart watch, dan lainnya.
2. Akses Informasi, selain sebagai media komunikasi, gadget juga berfungsi sebagai alat untuk mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet.
3. Media Hiburan, beberapa jenis gadget dibuat khusus untuk tujuan hiburan. Misalnya iPod untuk mendengar musik dan smartphone yang dapat membuka video.
4. Gaya Hidup, gadget sudah menjadi bagian penting kehidupan manusia saat ini. Jadi, boleh dikatakan bahwa gadget akan mempengaruhi gaya hidup setiap penggunanya.
5. Menambah Wawasan, dari beberapa fungsi gadget yang disebutkan di atas maka hal tersebut akan membuat para pengguna gadget akan semakin bertambah wawasannya.

Meskipun gadget dapat mendorong produktivitas para penggunanya, namun tentu saja ada dampak negatif yang bisa terjadi. Misalnya penggunaan gadget oleh anak-anak untuk menonton atau bermain game tanpa kontrol dari orang tuanya sehingga mengakibatkan mereka kecanduan.

C. Macam Gadget (Gawai)
1. Handphone (HP)/Smartphone, merupakan salah satu jenis gadget yang paling banyak digunakan. Seiring dengan perkembangannya, handphone ragamnya ada banyak sekali. Bahkan kini sudah eranya smartphone dan meninggalkan featuredphone. Handphone ada yang menggunakan OS android dan ada yang iOS. Ada pula yang windowsphone, Titan dan lain-lain.
2. Laptop/Notebook/Komputer. Jenis gadget ini paling banyak digunakan untuk mendukung pekerjaan. OS yang mendukung gadget ini juga beragam, ada windows, Mac, Linux, Unix, Solaris dan lain-lain.
3. Tablet. Memiliki bentuk yang sedikit lebih lebar dari hp ada nama tablet. Keunggulan tablet jika dibanding dengan hp tentu saja terletak pada layarnya yang lebih lebar sehingga membuat penggunanya lebih nyaman dalam bermain game, streaming, belajar dan bermain sosial media.
4. iPad All Series. Apple mengeluarkan perpaduan antara tablet dan komputer yang kemudian disebut dengan iPad. Semua aktivitas yang bisa dilakukan oleh komputer bisa dilakukan pula di iPad. Idealnya iPad untuk belajar, tetapi bisa pula untuk menyelesaikan pekerjaan.
5. Kamera Digital. Kamera digital juga masuk dalam kategori atau jenis Gadget. Jenisnya kamera digital ada beragam, ada kamera Poket, kamera DSLR dan juga kamera Mirrorless. Kita bisa gunakan kamera Digital untuk mengabadikan moment penting melalui jepretan foto.
6. Headphone/Headshet. Salah satu cara terbaik menikmati musik adalah dengan menggunakan Gadget Headphone atau headshet. Cara mendengarkan musik menggunakan gadget ini terbilang lebih tenang dan mantap. Menggunakan headphone atau headset saat mendengarkan musik tidak akan mengganggu orang lain.

Selain beberapa macam gadget di atas, juga masih ada beberapa jenis lainya. Sebut saja: (7) Mouse Wireless/Mouse Wired; (8) Powerbank; (9) Media Player (MP3/MP4/Ipod); (10) Kabel Data; (11) Chargeran; (12) Media Penyimpanan (Harddisk Eksternal, Flashdisk, Memory Card); (13) Speaker; (14) Smartwatch dan lain sebagainya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Gadget, Fungsi, dan Macamnya"