Pengertian Media Cetak, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Media Cetak
Media Cetak
A. Pengertian Media Cetak
Media cetak adalah media penyampai informasi yang memiliki manfaat dan terkait dengan kepentingan rakyat banyak, yang disampaikan secara tertulis. Media cetak memakai bahan dasar kertas (bisa juga dengan kain) yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Unsur-unsur utama dari media cetak adalah teks dan gambar visualisasi.

Media ini pertama kali ditemukan pada tahun 1455 oleh Johannes Gutenberg. Pada awal kemunculannya, media yang digunakan masih berupa daun atau tanah liat. Hingga saat ini perkembangan media cetak semakin maju, baik dalam hal media, bentuk, serta teknis serta alat-alat percetakannya.

Media cetak merupakan bagian dari saluran informasi masyarakat di samping media elektronik dan digital. Media cetak bisa menyampaikan sebuah informasi secara detail dan terperinci. Sementara untuk media elektronik dan digital, mereka lebih mengutamakan kecepatan informasi. Sehingga tak jarang informasi yang disampaikan lebih bersifat sepotong dan berulang-ulang.

Media Cetak Menurut Para Ahli
1. Eric Barnow, media cetak adalah segala barang yang dicetak dan ditujukan untuk umum. Media cetak merupakan berbagai bentuk barang cetakan seperti majalah, surat kabar, atau lainnya yang dibuat dengan tujuan menyebarkan informasi atau pesan komunikasi kepada masyarakat luas.
2. Ronald H Aderson, media cetak merupakan segala bahan bacaan yang diproduksi secara profesional, misalnya buku dan majalah.
3. Azhar Arsyad, media cetak sebagai cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, misalnya buku dan materi visual statis. Penyampaian materi ini Dilakukan melalui proses percetakan mekanis dan fotografis.
4. Dewi Salma Prawiradilaga, media cetak memiliki dua komponen utama yaitu teks (verbal) dan bahan visual. Media cetak memiliki kekhususan berkaitan dengan kebiasaan pembaca dalam mencerna materi secara linear, mencerna visual menurut ruang, dan gerak pembacanya bersifat pasif. Terdapat ketergantungan terhadap aspek kebahasaan, biasanya pesan disusun kembali berdasarkan kepentingan pemakai.

B. Jenis Media Cetak
1. Surat Kabar Harian, terbit dalam setiap hari, isinya berupa informasi terkini (berita). Surat kabar harian sering disebut koran. Cara penulisannya apa adanya, atau bisa dikatakan ala kadarnya.
2. Surat Kabar Mingguan, umumnya dikenal dengan nama tabloid. Bentuk isinya berupa berita hiburan atau liputan mendalam. Gaya tulisannya lebih deskriptif dan lebih lengkap jika dibandingkan koran.
3. Majalah Mingguan, yang terbit sekali dalam seminggu. Isinya berupa liputan yang mendalam atau tentang suatu peristiwa.
4. Majalah Tengah Bulanan, terbit dua kali dalam sebulan. Isinya berupa berita yang dibuat lebih informatif. Umumnya isinya berupa gaya hidup.
5. Majalah Bulanan, terbit satu kali dalam sebulan. Isinya berupa berita atau informasi yang diperoleh dari hasil penelitian.
6. Majalah Dwibulanan, terbit sekali dalam dua bulan. Umumnya isinya berupa informasi tentang laporan dari hasil aktivitas sesuatu. Contohnya, laporan pendapatan sebuah perusahaan dan lainnya.
7. Majalah Tribulanan, terbit setiap tiga bulan sekali. Isinya semodel dengan majalah dwibulanan
8. Bulletin, merupakan media cetak yang dibuat untuk kelompok atau kalangan tertentu (luar lingkupnya terbatas). Secara fisik, biasanya hanya dibuat beberapa halaman saja. Pembuatan buletin umumnya tidak untuk kepentingan komersial.

C. Kelebihan dan Kekurangan Media Cetak
Media cetak memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan media elektronik dan digital di antaranya,
1. Kelebihan Media Cetak
a. Dapat dibaca berkali-kali, jika di simpan
b. Membuat seseorang berpikir secara lebih spesifik mengenai isi tulisan
c. Dapat dikoleksi
d. Harganya cukup terjangkau
e. Mampu menjelaskan hal yang bersifat kompleks dengan lebih baik

2. Kekurangan Media Cetak
a. Lambat dalam memberikan informasi, sebab perlu menunggu proses cetak dan pendistribusian sebelum menyebarkan informasi tersebut.
b. Tidak dapat menyebarkan informasi secara langsung
c. Hanya dapat menampilkan tulisan atau gambar
d. Efek visual hanya berupa gambar
e. Biaya produksi cukup mahal. Sebab perlu dicetak dan dikirim sebelum sampai kepada pembaca.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Media Cetak, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya"