Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian IPTEK, Manfaat, dan Dampaknya

Pengertian IPTEK, Manfaat, dan Dampaknya


A. Pengertian IPTEK

Kehidupan manusia tidak terlepas dari perkembangan IPTEK. IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hadir untuk menunjang segala aktivitas manusia. IPTEK adalah suatu sumber atau wadah informasi yang akan meningkatkan dan menambah ilmu juga wawasan seseorang dalam bidang teknologi. Segala aktivitas dan kebutuhan manusia dapat dilakukan dengan mudah berkat perkembangan IPTEK.

IPTEK Menurut Para Ahli
1. Poerbawadja Harahap, IPTEK adalah ilmu pengetahuan tentang teknik yang dapat membuat manusia terpacu untuk mengetahui seluk beluk bidang industri. Oleh sebab itu, hasil IPTEK lebih sering dikaitkan dengan kegiatan pabrik atau industri. Selain itu, berkat adanya IPTEK manusia dapat mengerjakan beragam pekerjaan dengan lebih praktis.
2. Naisbit, IPTEK adalah benda atau peralatan yang memiliki wujud berbeda dengan manusia. Selain memiliki wujud yang berbeda dengan manusia, IPTEK berfungsi sebagai pembantu pekerjaan manusia. Hasilnya, manusia tidak perlu menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan tangan secara langsung.
3. Miarso, IPTEK adalah usaha yang dilakukan oleh manusia untuk dapat menghasilkan suatu hal yang bernilai lebih. Contohnya, sebuah pekerjaan yang biasanya dikerjakan dengan target standar, dapat melebihi target yang sudah ditentukan dengan adanya IPTEK. Memanfaatkan IPTEK dapat sangat menguntungkan, khususnya dalam bidang produksi.

B. Manfaat IPTEK
Perkembangan IPTEK yang semakin maju terutama di bidang sains, komunikasi, permesinan, dan lain sebagainya membuatnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Kini semua orang di seluruh dunia bisa memanfaatkan produk yang dihasilkan dari kemajuan IPTEK. Seperti mesin otomatis, robot, telepon genggam atau smartphone, komputer, dan yang lainnya. Berikut adalah manfaat kemajuan IPTEK bagi kehidupan manusia di antaranya,
1. Kehidupan Manusia Menjadi Lebih Praktis
Manfaat pertama, IPTEK membuat segala kehidupan di dunia menjadi lebih praktis. Anda kini tidak perlu waktu lama untuk memesan berbagai hal yang Anda inginkan, bahkan dari jarak yang sangat jauh sekalipun seperti antar pulau atau negara. Anda juga bisa memesan berbagai jasa dalam waktu yang sangat cepat dan singkat seperti jasa laundry dan lainnya. Bahkan Anda juga bisa menghemat biaya serta tenaga jika ingin melakukan aktivitas tanpa bantuan orang lain.

2. Ekonomis dan Efektif
Penggunaan berbagai produk teknologi sebenarnya lebih ekonomis dan efektif karena bisa menghemat waktu, uang, dan biaya. Anda tidak perlu lagi memanfaatkan bantuan jasa orang lain dengan menghubungi atau mendatangi rumahnya, serta membayarnya secara rutin, Karena Anda telah bisa menggantinya dengan mesin untuk berbagai keperluan.

3. Menghasilkan Keuntungan Secara Materiil
Dengan adanya mesin untuk berbagai keperluan ternyata memberikan manfaat yang sangat menguntungkan, terutama secara materiil. Mesin otomatis bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang lebih hemat dan efektif. Anda pun bisa dengan mudah mencari peluang usaha dari adanya produk-produk teknologi yang kini marak berkembang. Misalnya Anda bisa membuka rental komputer karena memiliki modal berupa sepaket perangkat komputer, printer, dan lainnya.

4. Mudahnya Berkomunikasi Tanpa Batas
Produk hasil kemajuan IPTEK yang paling spektakuler dan mengesankan adalah diciptakan dan dikembangkannya teknologi informasi dan komunikasi. Dengan produk tersebut, seluruh manusia bisa menjalani segala kebutuhan hidup dengan sangat mudah dan praktis. Akibat munculnya teknologi jaringan juga memungkinkan manusia saling berkomunikasi.

5. Memperluas Jaringan di Berbagai Aspek Kehidupan
Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, bahwa kemajuan IPTEK yang paling masif lebih pada bidang informasi dan komunikasi. Hal ini pertama kali muncul dengan pengembangan jaringan komunikasi lewat kabel telepon kemudian semakin dikembangkan lebih canggih. Penemuan jaringan tersebut pun akhirnya berguna di segala bidang kehidupan. Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah jaringan sosial seperti relasi pertemanan, diskusi publik secara luas lewat ruang virtual. Memperluas dan menambah jaringan dan relasi bisnis, dan masih banyak lagi.

C. Dampak IPTEK
1. Dampak Positif
a. Menunjang Kegiatan Produksi
Produksi merupakan sebuah kegiatan yang menghasilkan barang/jasa atau menambah nilai guna dari barang/jasa tersebut. IPTEK dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan produksi khususnya yang mengandalkan mesin.

b. Memudahkan Komunikasi Antar Manusia
Teknologi yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK juga berdampak pada kemudahan manusia untuk berkomunikasi. Walau terpisah jarak yang jauh sekalipun, komunikasi masih tetap terjalin. Contoh penggunaan teknologi untuk memudahkan komunikasi adalah handphone.

c. Memudahkan Proses Pembelajaran
Dampak positif IPTEK tentunya juga berperan penting dalam sektor pendidikan, salah satu contohnya adalah penggunaan internet. Berkat adanya internet, siswa dapat memperbanyak informasi untuk menunjang kegiatan belajarnya. Selain itu, layanan pendidikan juga bisa dilakukan secara online tanpa adanya tatap muka antar murid dan guru. Proses pembelajaran via internet dapat dilakukan dengan cara memasukkan materi pembelajaran ke sebuah situs yang dapat diunduh oleh siswa.

2. Dampak Negatif
a. Carding, merupakan salah satu tindak kejahatan yang dilakukan melalui internet dalam bentuk pembobolan kartu kredit. Para pelaku carding ini memanfaatkan internet dengan cara mendeteksi keberadaan transaksi pengguna kartu kredit. Pelaku kemudian mencatat kode kartu dan digunakan sebagai transaksi gelap.
b. Ketergantungan dan Membuat Malas, teknologi bisa membuat orang-orang terlalu nyaman sehingga timbul rasa malas. Salah satu contoh hasil IPTEK yang bisa membuat seseorang menjadi malas adalah ketergantungan bermain game online hingga mengganggu aktivitas lainnya.
c. Mengandung Banyak Unsur Kekerasan, selain itu, dampak negatif dari teknologi khususnya internet adalah banyaknya unsur kekerasan yang bisa mengakibatkan kerusakan moral. Sebuah studi eksperimental menunjukkan bahwa terjadi keterkaitan antara game online yang mengandung unsur kekerasan dengan tingkat kejahatan yang dilakukan kalangan anak muda.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian IPTEK, Manfaat, dan Dampaknya"