Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel USB OTG: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menggunakan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Kabel USB OTG atau On The Go
Kabel USB OTG (On The Go)
Pengertian Kabel USB OTG
Kabel USB OTG (On The Go) adalah spesifikasi standar yang memungkinkan perangkat membaca data dari perangkat USB tanpa memerlukan PC. Kabel USB OTG awalnya hanya ditemukan pada komputer untuk menghubungkannya dengan flashdisk.

Namun, saat ini, kebutuhan terhubung dengan flashdisk tidak hanya komputer, tetapi juga Hp. Maka dengan adanya kabel USB OTG yang bisa menghubungkan HP dengan flashdisk dapat menjadi konektor antar perangkat guna menyalin data atau melakukan berbagai pekerjaan lainnya.

Fungsi kabel USB OTG
Seperti yang sudah diuraikan di atas, fungsi dari kabel USB OTG adalah untuk menghubungkan handphone dengan Flashdisk. Selain itu, terdapat pula beberapa fungsi dari kabel USB OTG yang masih tetap melibatkan handphone namun dengan perangkat-perangkat lain di antaranya,
1. Memberi tambahan memori baik pada internal maupun eksternal pada handphone anda. Hal ini dikarenakan ketika terhubung dengan Flashdisk atau Card Reader maka secara otomatis ruang yang ada juga menjadi milik handphone Anda.
2. Tidak hanya Flashdisk, namun beberapa komponen pendukung komputer lainnya seperti Mouse dan Keyboard (wireless) ataupun Joystick juga dapat digunakan pada handphone Anda dengan memakai USB OTG.
3. Membaca data pada memori Kamera DSLR ataupun yang jenis lainnya kini juga bisa dilakukan pada handphone Anda ketika kondisi mungkin lupa tidak membawa laptop.
4. Bisa juga dimanfaatkan sebagai daya untuk lampu darurat yang saat ini tersedia dalam bentuk USB dan dikoneksikan dengan adaptor mirip pada handphone. Dengan ini maka ketika kondisi rumah mati lampu maka lampu hanya perlu dikoneksikan ke handphone anda menggunakan USB OTG.

Selain fungsi tersebut, sebenarnya masih banyak fungsi lain yang bisa diperoleh sesuai dengan kemampuan handphone Anda, seperti untuk Portable CD, dihubungkan ke kabel LAN, untuk membaca memori harddisk eksternal atau bahkan membaca media handphone lain.

Jenis Kabel OTG
USB OTG dijadikan sebagai media penghubung untuk berbagai perangkat elektronik. Mulai dari untuk transfer dari smartphone, laptop, printer, kamera, mouse dan banyak lainnya.

Mengingat banyaknya perbedaan port yang didapati pada alat elektronik tersebut, maka kabel USB pun didesain dengan berbagai macam bentuk dan jenis. Berikut beberapa jenis kabel OTG di antaranya,
1. Kabel USB OTG Standar A
Kabel USB standar A atau kabel tipe A merupakan salah satu yang cukup populer. Penggunaannya sering kita temukan untuk berbagai keperluan. Misalnya seperti digunakan pada smartphone, PC, konsol game, mouse, DVD, televisi dan lain-lain.

Kabel USB standar dengan tipe A memiliki ukuran cukup lebar, serta memiliki bentuk persegi. Tipe tersebut juga dikenal dengan istilah female port dan tersedia dalam berbagai versi. Mulai dari versi USB tipe 1.1, USB 2.0, USB 3.0 hingga tipe 3.1.

2. Kabel USB OTG Tipe B
Kabel tipe B memiliki bentuk yang khas, yakni memiliki ujung sudut yang tumpul dan juga berbentuk persegi. Fungsi dari alat tersebut biasa digunakan untuk konektor. Selain itu bisa juga untuk membantu menghubungkan dengan berbagai  perangkat tambahan.

Misalnya menghubungkan Android pada scanner, printer, dan lain sebagainya. Dibandingkan dengan OTG standar A, kabel OTG tipe B memiliki ukuran yang tidak terlalu lebar serta dibedakan menjadi 3 jenis di antaranya,
a. USB OTG Tipe B Standar
USB tipe B standar merupakan kabel USB yang penggunaannya sering ditemukan pada perangkat elektronik dengan ukuran besar. Misalnya saja seperti perangkat laptop, PC, printer, scanner dan lain banyak lainnya.

OTG jenis ini juga diproduksi dengan berbagai versi, yakni mulai dari USB 2.0 dan juga USB 1.1. Dan tentu saja semakin kesini akan selalu ada inovasi versi terbaru yang terus diproduksi.

b. USB OTG Tipe B Mini
USB OTG mini sering digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya saja digunakan untuk smartphone, kamera, tablet dan beragam jenis perangkat lainnya. Untuk bentuk fisiknya sendiri, kabel USB tersebut memiliki ukuran lebih kecil jika ukurannya dibandingkan dengan tipe standar B.

c. USB OTG Tipe B Micro
USB tipe B macro juga merupakan perlengkapan yang dapat kita temukan pada smartphone maupun tablet. Untuk ukurannya sendiri, OTG tipe micro memiliki ukuran paling kecil dibandingkan dengan USB versi standar maupun mini.

3. Kabel USB OTG Tipe C
Kabel OTG tipe C memiliki ukuran yang tipis dan lebih kecil dibandingkan dengan para pendahulunya. Bentuknya yang relatif kecil serta tidak terlalu lebar memang sesuai untuk digunakan pada beragam jenis peralatan elektronik portabel yang tipis. Misalnya saja seperti perangkat notebook, laptop dan yang sejenisnya.

Untuk kabel OTG tipe C, Anda dapat menemukannya dalam versi USB 3.1. Versi tersebut memiliki tegangan supply sebesar 20 V dan juga 5A. Dan yang menjadi keunggulannya yakni kecepatan proses transfer data. Di mana menggunakan kabel USB versi ini, Anda bisa melakukan transfer data dengan kecepatan 10 Gbps.

Cara Menggunakan Kabel USB OTG
Kabel USB OTG memiliki cara kerja terbilang sederhana sehingga memungkinkan digunakan oleh siapa pun.
1. Pertama-tama, pastikan perangkat elektronik yang akan digunakan sudah memiliki support atau mendukung teknologi OTG.
2. Setelahnya, gunakan kabel USB untuk menghubungkan kedua perangkat yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
3. Selanjutnya Anda tinggal menggunakan beragam fitur yang ada. Mulai dari bermain game, menonton film, mengedit file dan lain sebagainya dengan bantuan koneksi dari USB OTG.

Kelebihan dan Kekurangan kabel USB OTG
Bicara soal kelebihan kabel USB OTG, tentu saja tak bisa lepas dari sejumlah fungsi yang dimiliki oleh kabel USB OTG. Yang pasti, sejak adanya kabel ini, ada banyak peran komputer yang bisa diambil oleh hp android. Sehingga hidup jadi semakin simpel dan sederhana.

Meski demikian, kabel USB OTG juga bukan tanpa kekurangan. Terutama karena tidak semua kabel USB OTG cocok pada semua hp. Sehingga kabel USB OTG kurang fleksibel. Bahkan bagi hp dengan RAM kecil, menghubungkannya dengan kabel USB OTG bisa membuat kinerja Hp melambat.

Penting juga diingat, bila hp kamu hubungkan dengan kabel USB OTG dengan flashdisk berkapasitas besar atau bahkan harddisk, maka bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kabel USB OTG: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menggunakan, Kelebihan, dan Kekurangannya"