Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Card Reader: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Card Reader atau Memory Card Reader
Card Reader (Memory Card Reader)
Pengertian Card Reader
Card Reader (memory card reader) adalah alat untuk membaca kartu memori yang biasanya dihubungkan ke komputer dengan kabel USB. Jika komputer Anda tidak memiliki card reader secara built-in, maka Anda membutuhkan card reader kalau ingin transfer data dari memori card ke hard drive atau juga sebaliknya.

Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca satu jenis kartu memori saja, misalnya hanya kartu CF saja atau kartu SD saja. Kini banyak didapati memory card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori, alat ini sering disebut dengan Multicard reader.

Kecepatan akses card reader bisa mencapai rata-rata 37.4MB/s sementara untuk kecepatan menulis rata-rata mencapai 17. 6MB/s. Dengan speed tersebut bisa membantu aktivitas, seperti memindah serta mengisi memori eksternal Anda.

Fungsi Card Reader   
Card reader berfungsi sebagai media perantara yang memiliki kemampuan untuk membaca memori. Untuk lebih detailnya, berikut fungsi card reader di antaranya,
1. Media Penghubung dan Pembaca
Card reader memiliki kemampuan untuk menghubungkan kartu memori dengan komputer melalui sambungan USB. Misalnya saja Anda punya data yang tersimpan di memori card handphone, kamera atau lainnya. Maka Anda bisa lihat data yang ada di dalam memori tersebut di komputer.

Cukup Anda ambil memori card-nya, lalu pasang di slot card reader lalu hubungkan kabel Usb card reader ke komputer. Data yang tersimpan di memori card, bisa pula Anda hapus, copy dan lainya.

2. Penyimpan Data
Card reader juga bisa berfungsi sebagai media penyimpan data. Syaratnya harus ada kartu memori yang terpasang di card reader. Jadi kalau hanya kartu memori saja, tentu Anda tidak bisa memindahkan data dari komputer ke memori card. Card reader di sini akan berperan sebagai media penyimpanan.

Dibanding dengan lainya, menggunakan card reader sama artinya tidak memerlukan perangkat asli untuk mengakses isi memori card dan menghemat daya baterai.

Cara Kerja Card Reader
Saat Anda mengakses file melalui komputer, card reader akan mengirimkan sinyal listrik ke kartu media melalui kontak di ujung kotak kartu. Sinyal listrik ini digunakan untuk membaca data yang disimpan pada kartu media.

Seperti halnya bentuk memori solid-state, kartu media menggunakan serangkaian transistor untuk merekam data. Transistor ini disusun berdasarkan data biner yaitu, bentuk dasar dari semua file komputer. Jika arus dari USB card reader dapat melewati transistor, maka akan terbaca sebagai 1, jika tidak maka akan kembali 0.

Card reader meng-compile hasil di atas dan mengirimkannya ke program komputer dan meminta informasi dari kartu memori. Program dapat menggunakan data biner untuk membuat representasi visual dari data, seperti gambar atau dokumen teks yang dapat Anda lihat.

Beberapa USB card reader juga memiliki fungsi menulis (write). Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file dari komputer Anda di kartu media, mengedit file yang ada, atau menghapus data kartu memori sepenuhnya.

Proses mengubah data sama dengan membaca data. Alih-alih mengirim arus untuk membaca keadaan transistor, pembaca mengirimkan arus untuk mengatur ulang transistor untuk mewakili data baru. Dalam hal menghapus satu atau semua file, transistor yang terpengaruh beralih ke posisi 1.

Untuk membaca dan menulis transmisi data, card reader memiliki kecepatan yang sangat baik yaitu kecepatan baca (read) rata-rata 37,4MB/s dan kecepatan tulis (write) rata-rata 17,6MB/s. Oleh karena itu, card reader sangat layak dimiliki untuk membantu aktivitas transfer data memori Anda.

Jenis Card Reader
Menurut tipenya, card reader dibagi menjadi jenis di antaranya,
1. Single slot yang sering pula disebut dengan card reader 2in1, 3in1, 5in1 dan seterusnya.
Sebagaimana namanya, jenis card reader ini hanya punya satu lubang dan hanya bisa membaca satu jenis memori tertentu saja, misalnya T-Flash, Nokia, MMC, SD Card, RSMMC dan RSMMCDV.

2. Multi slot atau card reader yang punya empat lubang/slot.
Jenis ini, sering pula disebut sebagai Ia juga dikenal dengan sebutan 9in1, 12in1, 15in1 dan seterunya. Hanya saja untuk saat ini lebih akrab disebut dengan “All in One”. Hal ini karena jenis kartu ini bisa untuk banyak jenis memori card, mulai dari Memory Stick Duo (SD), CF, XD, Stick Pro Duo, MicroDrive, Secure Media dan lain-lain.

Manfaat Card Reader
Dengan hanya membawa card reader dan memori card, Anda bisa menyimpan data dan juga memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain. Anda juga bisa memindahkan data atau menyimpan data atau mengedit data dari satu media digital ke komputer atau sebaliknya. Ukurannya yang kecil sehingga bisa dibawa ke mana-mana tanpa memerlukan ruang yang besar.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Card Reader: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya"