Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zoho Mail: Pengertian, Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Zoho Mail
 Zoho Mail
Pengertian Zoho Mail
Zoho Mail adalah salah satu platform email dengan target bisnis dan penggunaan profesional. Dengan demikian, platform ini membebaskan pengguna dari iklan atau ads dan antarmuka atau interface lebih bersih dengan desain minimalis dilengkapi fitur menarik dan bermanfaat.

Zoho memberikan kontrol penuh bagi para penggunanya untuk mengatur inbox mereka. Disamping menawarkan email, Zoho juga mempunyai fitur- fitur seperti Zoho Docs, Zoho Connect, Zoho Chat, Zoho Writer, Zoho Show, Zoho Sheet, Zoho Docs, Zoho Sites and Zoho ShowTime.
 
Fungsi Zoho Mail
Sebagai penyedia email yang mengkhususkan diri dalam membantu pemilik bisnis dan pekerja profesional, Zoho Mail datang membawa berbagai macam opsi dan fitur manajemen domain untuk perusahaan.

Zoho Mail dapat membantu Anda untuk mendaftarkan domain baru, menangani beberapa domain di saat yang bersamaan dan turut membantu mengaktifkan hosting email bagi penggunanya yang sudah memiliki domain sebelumnya.

Zoho Mail juga menawarkan dan mempunyai control panel admin yang sangat membantu. Datang dengan antarmuka atau interface yang bersih dan sederhana, pengguna dapat mengelola domain dan tim pekerja mereka fitur lain yang sama kuatnya dengan fitur- fitur yang ditawarkan lainnya.
 
Beberapa fitur yang menarik adalah fitur yang dapat memblokir email yang mengganggu atau yang tidak diinginkan dengan cukup memasukkan IP address, konten subyek tertentu dan domain seluruh organisasi yang mengganggu.

Anda juga bisa mengatur email masuk dan email keluar dari pengguna korporat lain serta mengatasi email atau daftar spam. Semua pengaturan ini memungkinkan untuk dilakukan dari admin atau pengguna Zoho Mail.

Selain itu migrasi Zoho Mail juga sangat praktis dan mudah, Anda dapat menggunakan Support Zoho Mail untuk membantu dan memandu Anda atau juga dapat mengunduh dan menggunakan dan alat migrasi mandiri.

Dengan server yang terjamin di pusat data, Zoho Mail juga menggunakan enkripsi 256 bit SSL tersendiri yang mempunyai keamanan infrastruktur dan penerapan penggunaan software terbaik untuk semua pelanggannya.

Fitur Zoho Mail
Berikut beberapa fitur dari Zoho Mail yang membuatnya lebih unggul sekaligus menjadi daya tarik tersendiri di antaranya,
1. Inbox Terorganisir dan Tertata
Zoho Mail tidak menampilkan ads atau iklan. Bahkan pengguna yang menggunakan paket gratis juga tidak akan melihat iklan atau ads. Anda sebagai pengguna juga bisa menata serta mengatur inbox dengan cara membuat katefori yang diinginkan lewat flag, label dan folder dan juga bisa difilter.

Zoho Mail mendukung struktur folder multi level yang tidak ada pada interface webmail lainnya. Fitur yang unik ini membuat pengguna bisa mengatur email secara struktural serta sistematis sehingga navigasi inbox bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Email yang masuk juga bisa dikelola otomatis dan melakukan filter di setiap folder. Pengguna juga dapat memberi label pada email sesuai keinginan dan juga import filters dari sumber lain. Jika thread email masuk serta berlanjut, maka Anda bisa melihat tampilan percakapan dan melacak thread tertentu apabila dibutuhkan.

2. Integrasi CRM
Costumer Relationship Management atau CRM merupakan salah satu poin yang penting untuk setiap email marketing untuk mencari leads, menjadikannya sebagai prospek kostumer yang nantinya akan menjadi kostumer tetap. Hal tersebut membuat perusahaan memerlukan email marketing untuk sarana komunikasi yang bisa mencakup banyak kostumer pada waktu yang bersamaan.

Zoho Mail akan membantu untuk mengatur database CRM dengan cara menyimpan data kostumer serta meninggalkan reminder atau pengingat yang berguna untuk menghubungi kostumer pada waktu yang sudah ditentukan. Dengan adanya integrasi CRM tersebut, maka akan ada banyak perusahaan yang terbantu.

3. Scrub Pembersih Inbox
Sebagai perusahaan yang memiliki email, maka inbox akan penuh dengan berbagai macam email dengan tujuan yang juga beragam. Ada kalanya admin mungkin lupa untuk membersihkan inbox yang penuh dengan email tidak relevan serta spam. Agar bisa terhindar dari hal tersebut, maka bisa memakai fitur scrub yang jauh lebih praktis dibandingkan menghapusnya satu per satu.

4. Smart Compose
Dengan semakin populernya sosial media sekarang ini, maka Zoho Mail juga turut membuat fitur yang serupa untuk memudahkan pengguna ketika mengirim email. Dengan smart compose, maka pengguna hanya perlu menyusun isi dari email kemudian tekan @ sama seperti ketika melakukan tag.

Sesudah itu, nama penerima bisa dimasukkan dan email akan langsung dikirim ke bagian alamat email teratas secara otomatis.

5. Bookmark
Biasanya, bookmark lebih umum dilihat pada browser. Akan tetapi, pada Zoho Mail juga disediakan bookmark untuk pengguna agar bisa menemukan serta mengunjungi website favorit tanpa harus mengetik serta mencari di browser.

Cara menggunakan dan daftar Zoho Mail
Selain lebih condong bagi para pengguna korporat dan profesional, Anda juga dapat membuat akun personal sendiri di Zoho Mail dengan langkah- langkah sebagai berikut di antaranya,
1. Klik Sign-up Zoho Mail
2. Klik pilihan Personal Email
3. Masukkan username yang diinginkan
4. Masukkan password yang kuat dan tidak mudah dideteksi
5. Ketik nama depan dan belakang Anda
6. Masukkan nomor seluler yang aktif untuk melakukan proses verifikasi
7. Centang Terms of Service dan Privacy Policy
8. Klik Sign up for Free
9. Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS
10. Lalu klik Verify Code sebagai langkah terakhir

Kelebihan Zoho Mail
1. Memiliki pilihan custom domain yang bisa anda pilih guna mengakomidir kebutuhan email perusahaan Anda.  Pengguna bisa membuat domain bari khusus yang berguna untuk menghubungi para kliennya ataupun melakukan promosi melalui email marketing
2. Bisa mengaktifkan hosting email dengan cepat  untuk pengguna yang sudah memiliki nama domain sebelumnya
3. Zoho bisa melayani beberapa domain sekaligus
4. Tersedia control panel bagi admin sehingga bisa menjalankan fungsi secara powerfull
5. Zoho diberikan kemampuan untuk melakukan pemblokiran pada email yang tidak di inginkan oleh pengguna. Pemblokiran ini bisa Anda lakukan melalui alamat IP maupun konten subjek serta domain
6. Interface yang dimiliki Zoho ini sangat sederhana, sehingga membuat pengguna bisa bebas mengatur domain pribadi maupun domain time untuk mengerjakan tugas

Kelemahan Zoho Mail
1. Zoho ini tidak bisa melakukan impor kontak dari akun sosial media pengguna
2. Kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh Zoho ini sangat terbatas, yakni hanya 5 GB saja

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Zoho Mail: Pengertian, Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan, dan Kekurangannya"