Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Term of Service (ToS): Pengertian, Penggunaan, dan Fungsinya

Pengertian Term of Service atau ToS
Term of Service atau ToS
Pengertian Term of Service (ToS)
Terms of service (ToS) adalah halaman yang memberikan penjelasan peraturan yang harus di patuhi oleh pengunjung, peraturan ini sifatnya mengikat. Term of Service merupakan hal umum yang biasa kita temukan pada banyak hal, entah itu di website, aplikasi, ataupun secara cetak di formulir, dan lain-lain. Pengguna yang tidak mengikuti aturan yang ditentukan dalam ToS dapat dihentikan.

Banyak situs web dan aplikasi mempublikasikan persyaratan layanan mereka. Persyaratan layanan ToS harus mencakup hak dan tanggung jawab pengguna. ToS juga harus transparan tentang semua aktivitas layanan yang memiliki arti penting bagi pengguna, seperti detail tentang apa yang dilakukan layanan dengan data pengguna serta bagaimana layanan menjaga privasi dan keamanan pengguna.

ToS dapat menentukan apa yang dapat diharapkan pengguna dari layanan sehingga mereka tidak dapat mengklaim ketidaktahuan tentang sesuatu yang kemudian mereka tolak.

Penggunaan Term of Service (ToS)
Tidak ada undang-undang yang mewajibkan situs web menggunakan perjanjian ToS, namun, disarankan untuk memiliki salah satu perjanjian ini. Meskipun situs web tidak diharuskan memiliki perjanjian Term of Service, mereka secara hukum diharuskan memiliki kebijakan privasi.

Kebijakan ini dimaksudkan untuk melindungi data sensitif pengguna seperti, alamat email, nama pengguna, informasi tagihan, dan alamat pengiriman. Jadi saat pengguna menerima perjanjian ToS, mereka mengonfirmasi bahwa mereka akan mematuhi serangkaian peraturan ketat saat menggunakan layanan.
 
Fungsi Penggunaan Term of Service (ToS)
Mengingat dalam memberikan data dan informasi itu termasuk hal sensitif, maka diperlukannya suatu hal yang dapat menjembatani klien dan produsen. Oleh karena itu Term of Service bisa digunakan. Berikut beberapa manfaat penggunaan laman Term of Service pada bisnis online di antaranya,
1. Mencegah penyalahgunaan
Term of Service akan bertindak sebagai kontrak yang mengikat secara hukum antara Anda dan pengguna Anda. Ini adalah perjanjian yang menetapkan aturan dan pedoman yang harus disetujui dan diikuti oleh pengguna untuk menggunakan dan mengakses situs web atau aplikasi seluler Anda.

Dalam perjanjian ini, Anda dapat menyertakan bagian yang diperlukan untuk memberi tahu pengguna tentang pedoman penggunaan situs web atau aplikasi seluler Anda, apa yang terjadi jika pengguna menyalahgunakan situs web atau aplikasi seluler Anda, dan sebagainya.

2. Mengklaim konten
Sebagai pemilik situs web, Anda adalah pemilik logo, konten kecuali untuk konten buatan pengguna, karena sebagian besar situs web akan memberi tahu pengguna bahwa konten apa pun yang dibuat oleh pengguna adalah milik mereka, desain situs web, dan sebagainya.

Dalam Term of Service, Anda dapat memberi tahu pengguna bahwa Anda adalah pemilik konten tersebut sebagaimana disebutkan di atas dan bahwa konten yang Anda miliki dilindungi oleh undang-undang hak cipta internasional.

3. Wewenang menutup akun
Jika pertama adalah untuk mencegah penyalahgunaan menyarankan agar Anda dapat memblokir pengguna untuk sementara, klausul umum lainnya yang termasuk dalam perjanjian Term of Service adalah klausul Penghentian atau Termination. Klausul ini bertujuan untuk memberi tahu pengguna bahwa akun yang melanggar akan dihentikan dan dilarang menggunakan layanan.

Klausul Termination ditujukan untuk situs web yang memiliki bagian pendaftaran misalnya pengguna harus mendaftar sebelum menggunakan atau mengakses bagian tertentu dari situs web, karena Anda dapat menonaktifkan atau melarang pengguna yang melanggar berdasarkan aktivitas akun mereka.

4. Membatasi kewajiban/liability
Perjanjian Term of Service biasanya mencakup penafian garansi yang mencoba membatasi tanggung jawab pemilik situs web jika ditemukan kesalahan dalam konten yang disajikan di situs web. Klausul semacam ini memberi tahu pengguna bahwa pemiliknya tidak dapat bertanggung jawab atas kesalahan apa pun dalam konten yang disajikan, atau atas informasi yang diberikan akurat, lengkap, atau sesuai untuk tujuan apa pun.

5. Mengikuti peraturan hukum
Biasanya, klausul Hukum yang Mengatur dari perjanjian Term of Service mengacu pada yurisdiksi yang berlaku untuk syarat-syarat yang disajikan dalam perjanjian. Hukum disini juga bisa juga mengikuti peraturan dan hukum dari negara arau teritorial masing- masing situs web bisnis online.

Dari berbagai sumber

Baca Juga:

1. Terms and Conditions: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menampilkannya

2. Disclaimer: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, dan Perbedaannya dengan Terms and Conditions

3. Privacy Policy: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Nilai dan Norma Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 5. Perilaku Menyimpang (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 6. Pengendalian Sosial (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Nilai dan Norma Sosial
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi
11. Materi Ujian Nasional Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial  
12. Materi Ringkas Nilai dan Norma Sosial
13. Materi Ringkas Sosialisasi
14. Materi Ringkas Penyimpangan dan Pengendalian Sosial

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Term of Service (ToS): Pengertian, Penggunaan, dan Fungsinya"