Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Email Hosting: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Email Hosting
Email Hosting
Pengertian Email Hosting
Email hosting adalah layanan alamat email khusus yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Perusahaan biasanya menggunakan layanan ini untuk mengatur alamat email semua karyawannya agar sama dan memudahkan dalam mengatur database. Halnya web hosting, saat menggunakan email hosting Anda akan mempunyai server tersendiri.

Manfaat Email Hosting
Berikut beberapa manfaat email hosting di antaranya,
1. Meningkatkan konsistensi brand
Selain membuat bisnis terlihat profesional, manfaat yang diberikan oleh email hosting adalah menjaga atau bahkan meningkatkan konsistensi brand. Sebab, email jadi salah satu alat yang biasanya digunakan oleh pelanggan untuk menghubungi pengusaha atau perusahaan.

Jika Anda sudah memiliki domain email sendiri, otomatis pelanggan akan mudah mengingat nama perusahaan Anda. Secara tidak langsung, hal ini juga akan menimbulkan brand identity atau identitas brand yang kuat.

Dengan demikian, layanan ini sangat penting digunakan untuk melakukan email marketing agar dapat menjangkau pelanggan lebih banyak.

2. Memperluas ruang penyimpanan
Sama seperti membuat website, tanpa hosting biasanya seseorang akan kehabisan penyimpanan sehingga mengakibatkan performa website tidak stabil. Hal tersebut juga akan terjadi jika email hosting adalah layanan yang tidak Anda manfaatkan.

Jika Anda menggunakan layanan email gratis, bisa jadi isi inbox-nya sangat banyak sehingga mengakibatkan ruang penyimpanan tidak cukup. Mau tidak mau, Anda harus menghapusnya satu per satu dan itu akan memakan waktu yang lama. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan email hosting.

3. Meningkatkan keamanan
Email hosting jauh lebih aman ketimbang layanan email yang gratis. Melalui hosting, Anda dapat memastikan bahwa semua kotak masuk aman dan tidak ada spam yang berlebihan.

4. Tidak perlu khawatir jika ada kendala
Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan hosting, otomatis semua masalah akan langsung diselesaikan oleh jasa penyedia layanan hosting-nya. Mereka dengan senang hati akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah dalam waktu 24 jam penuh.

Sebab, penyedia layanan hosting juga menyadari bahwa email sangat penting untuk keperluan bisnis.

Cara Kerja Email Hosting
Saat Anda mengirim email, maka email tersebut akan dialihkan antara dua server, untuk memastikan kelancaran pengiriman dan transportasi email Anda. Ini menambahkan keamanan yang lebih besar ke email Anda, sehingga menghilangkan risiko spam dan virus.

Server email profesional biasanya juga telah dilengkapi dengan enkripsi industri, memastikan transfer data terenkripsi sepenuhnya dan pihak yang tidak berwenang tidak dapat mengaksesnya. Selain itu, dengan hosting email profesional, Anda selalu dapat mengandalkan waktu aktif yang lebih baik.

Anda dapat menghindari kesalahan komunikasi yang kritis, dan berkomunikasi dengan cepat dan tepat waktu. Peran email semakin penting bagi bisnis yang mungkin secara teratur mengirim dan menerima komunikasi dari pelanggan yang memerlukan perhatian segera.

Kelebihan Email Hosting
1. Karena Hosting tersebut khusus untuk email saja, maka akan sangat lancar untuk email.
2. Untuk pengiriman email tidak dibatasi atau unlimited (selama email tersebut bukan spam)

Kekurangan Email Hosting
1. Tidak dapat membuat dan menyimpan website.
2. Tidak dapat addon domain, sub domain dan park domain.
3. Account email hanya dengan domain utama.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Email Hosting: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya"