Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Email Blast: Pengertian, Tips, Manfaat, dan Aplikasi Email Blast Gratis

Pengertian Email Blast
Email Blast
Pengertian Email Blast
Email blast adalah aktivitas mengirim email kepada banyak penerima dalam waktu bersamaan. Email  blast ini digunakan sebagai tujuan marketing. Email blast dikenal juga sebagai email broadcast. Berbeda dengan komunikasi yang dilakukan antara 2 orang, email blast memungkinkan Anda mengirimkan pesan ke ratusan hingga ribuan orang secara bersamaan.

Tips Email Blast
Karena tidak tersedianya fitur yang lengkap pada layanan email biasa, Anda dapat memanfaatkan beberapa platform yang khusus. Platform tersebut tidak hanya memiliki fitur yang lengkap, tetapi juga dapat mengirim email dalam jumlah sangat banyak sekaligus.

Berikut beberapa tips yang perlu diketahui untuk menemukan platform penyedia email blast yang tepat di antaranya,
1. Mengenali Kebutuhan Anda
Mengenali kebutuhan promosi menjadi hal yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum memilih platform email blast. Setiap layanan email marketing memiliki spesifikasi dan juga fitur yang berbeda-beda. Dengan mengetahui kebutuhan dan tujuan yang diinginkan, Anda dapat memilih platform yang paling tepat.

2. Memilih Platform Gratis Atau Berbayar
Ada beberapa aplikasi email blast gratis yang dapat dimanfaatkan, contohnya adalah seperti MailChimp. Namun, layanan email gratis tersebut tentunya memiliki banyak kekurangan dan juga fitur yang terbatas.

Lain halnya dengan penyedia platform berbayar. Dengan menggunakan platform berbayar, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan. Seperti di antaranya fitur yang lebih lengkap serta tingkat keamanan yang lebih terjamin.

3. Desain Template Email
Setiap platform menyediakan fitur template yang berbeda. Hal ini juga perlu menjadi pertimbangan. Karena dengan banyaknya fitur template yang tersedia, maka Anda akan dapat membuat tampilan email menjadi lebih menarik.

4. Segmentasi Audiens
Anda harus memperhatikan segmentasi audiens dengan memilih platform yang memiliki fitur sesuai. Terdapat beberapa kriteria segmentasi audiens di antaranya,
a. Tipe konsumen
b. Minat konsumen
c. Lokasi konsumen dan lain sebagainya.

5. Tersedianya Layanan Customer Support
Memilih penyedia email blast yang menyediakan layanan customer support juga penting untuk dipertimbangkan. Saat awal menggunakan dan menemui kendala maka Anda tidak lagi bingung mengatasinya sendiri. Layanan customer support akan membantu mengatasi masalah Anda.

6. Analisis Email Marketing
Analisis perkembangan email marketing yang Anda kirimkan kepada konsumen juga perlu dilakukan secara berkala. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui seberapa potensial kampanye yang dilakukan melalui email marketing.

Anda juga perlu memastikan bahwa platform yang dipilih memiliki fitur tersebut. Dengan demikian, Anda dapat melakukan analisa sejauh mana keberhasilan promosi yang dilakukan melalui email marketing selama ini.

Manfaat Email Blast
Terdapat beragam manfaat dari penggunaan email blast di antaranya,
1. Biaya rendah
Salah satu kelebihan dari email blast atau email marketing dibandingkan cara pemasaran yang lain adalah biayanya yang rendah. Anda tidak perlu mencetak surat atau membayar prangko, serta tidak diperlukan biaya cetak eksposur yang didapatkan.

Orang-orang yang mengurus email marketing atau email blast mungkin harus memikirkan berinvestasi di spesialis perangkat lunak untuk menjalankan alur kerja yang di otomatisasi agar mudah mengevaluasi email mereka.

2. Dapat menjangkau audiens yang sudah Anda miliki
Email marketing atau email blast adalah satu-satunya channel di mana konsumer meminta untuk mendapatkan informasi mengenai produk, jasa atau perusahaan Anda. Mayoritas bisnis menggunakan platform ini untuk mengirimkan pesan kepada pembeli yang telah mendaftar untuk menerima buletin.

Hal ini bisa membantu peningkatan konversi karena bisnis menargetkan orang-orang yang sudah memiliki minat dengan produk atau jasa. Perusahaan memang bisa mengirimkan email marketing kepada pembeli atau klien yang tidak mendaftar, namun hal ini justru bisa mengganggu klien atau pembeli dan merusak reputasi bisnis.

3. Meningkatkan penjualan
Email blast atau email marketing sangat bagus dalam mengambil keuntungan dari pembelian impulsif. Tidak banyak platform marketing yang membuat pembeli dari melihat suatu produk atau jasa ke membeli produk atau jasa yang mereka lihat hanya dengan 2 kali klik dalam satu tombol.

Kemudahan call to action dan link yang langsung mengarahkan ke pembelian, email newsletter dapat menjadi penggerak penjualan yang luar biasa.
 
4. Mudah untuk dimulai
Ketika Anda ingin perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan mengirimkan email marketing kepada pembeli atau klien, Anda tidak memerlukan tim yang besar agar email yang Anda kirim sukses. Anda bisa membuat email template yang terligat fancy, dengan video, gambar dan pesan yang persuasif.

Namun, cukup banyak kampanye email marketing yang sukses hanya menggunakan teks saja. Ini artinya konten dari suatu email lah yang terpenting.

5. Mudah untuk dipantau performanya
Benefit lain dari email marketing adalah Anda bisa mengawasi performanya, dan mengetahui jika ada sesuatu yang salah. Mayoritas perangkat lunak untuk email marketing memberikan Anda fitur untuk memantau perkembangan, seperti tingkat konversi. Sehingga mudah untuk mengetahui bagian mana dari kampanye yang bisa diperbaiki. Perbaikan atau perubahan juga bisa dilakukan secepatnya.

6. Mudah untuk dibagikan
Jika pembeli tertarik dengan salah satu atau beberapa tawaran, mereka bisa membagikannya ke teman atau keluarga terdekat hanya dengan mengklik tombol. Tidak banyak tipe pemasaran yang bisa dengan mudah membagikan tawaran dari sebuah perusahaan atau brand. Tanpa Anda sadari, pembeli Anda menjadi salah satu orang yang juga memasarkan produk atau jasa Anda.

Banyak bisnis mulai menggunakan taktik ini dan menjadi pengaruh yang besar terhadap penjualan online di beberapa tahun terakhir.

7. Dampak yang cukup instan
Bisnis dapat melihat hasil dari email marketing hanya dalam hitungan menit sejak email dikirim. Tawaran terbatas seperti diskon khusus 24 jam adalah cara pemasaran yang brilian jika menggunakan email, sehingga menimbulkan rasa urgensi bagi pembeli dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

Biasanya, bisnis harus menunggu beberapa minggu untuk melihat hasil, namun dengan email marketing Anda bisa melihat hasilnya dalam jangka waktu yang jauh lebih cepat.

Aplikasi Email Blast Gratis
Ada banyak aplikasi email blast yang dapat Anda pilih, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Meskipun umumnya fitur utama yang disediakan sama, namun ada beberapa fitur tambahan yang seringkali terbatas atau hanya disediakan platform tertentu. Anda dapat membandingkan beberapa penyedia aplikasi email blast gratis di antaranya,
1. HubSpot Email Marketing
2. Sender
3. Sendinblue
4. Omnisend
5. Sendplulse
6. Benchmark Email
7. Mailchimp
8. MailerLite
9. Mailjet
10. Moosend

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Email Blast: Pengertian, Tips, Manfaat, dan Aplikasi Email Blast Gratis"