Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penulisan Artikel SEO: Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya

Pengertian Penulisan Artikel SEO
Penulisan Artikel SEO
Pengertian Penulisan Artikel SEO
Artikel SEO adalah jenis artikel yang dibuat khusus untuk kebutuhan optimasi website. Artikel ini dibuat untuk membuat website bisa masuk daftar teratas hasil pencarian Google. Oleh karena itu, dalam penulisannya perlu memenuhi standar kriteria yang disukai algoritma Google.

Artikel jenis ini biasanya ditulis dengan keyword tertentu dan tidak bersifat terlalu menjual, tetapi hanya diarahkan untuk menjangkau calon pengunjung website, menarik mereka untuk masuk ke website kita dan membaca tulisan hingga selesai. Para penulisnya hanya bertugas untuk membangun branding dan engagement bersama para pengunjung.

Untuk menulis artikel SEO tentunya dibutuhkan riset kata kunci terlebih dahulu, lalu menuliskannya sesuai dengan kaidah SEO. Tidak berhenti sampai menentukan keyowrd saja, dalam penulisan konten juga harus memenuhi kaidah SEO seperti menanamkan keyowrd tersebut dalam artikel, menulis dengan jumlah kata setidaknya 400 kata, memasukan heading, dan judul.

Manfaat Artikel SEO
Artikel ramah SEO sering digunakan untuk website bisnis demi menunjang pemasaran bisnis mereka. Namun, saat ini sudah banyak website lain yang ingin menuju halaman 1 Google untuk menarik perhatian pengunjung. Berikut beberapa poin tentang manfaat menulis artikel yang ramah SEO di antaranya,
1. Meningkatkan Kunjungan
Ketika sebuah website memiliki banyak artikel SEO yang berkualitas, maka pengaturan SEO secara keseluruhan akan lebih mudah. Dengan begitu, akan lebih banyak pula yang berkunjung ke website tersebut. Jika website tersebut ramai dikunjungi, artinya keberadaan website sudah diketahui banyak orang dan bisa menjadi acuan untuk mencari informasi.

2. Brand Awareness
Artikel SEO dapat secara langsung mempromosikan Anda atau brand dari perusahaan Anda, sehingga akan banyak orang baru yang mengetahui dan mengenal brand tersebut. Semakin banyak orang yang mengetahui dan mengenal, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pembeli
Dengan meluasnya keberadaan website tersebut, maka akan menambah popularitas dan kredibilitasnya. Pengunjung baru tentu akan lebih percaya dengan website yang banyak dikunjungi daripada yang sepi pengunjung.

Jadi, secara tidak langsung, website yang sudah banyak dikunjungi akan lebih dipercaya oleh masyarakat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menawarkan produk atau jasa melalui website tersebut.

Tips Artikel Ramah Mesin Pencari
Terdapat beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk membuat artikel yang ramah mesin pencari di antaranya,
1. Skillful
Walau dimaksudkan agar teroptimasi di mesin pencari Google, artikel yang dibuat sejatinya diperuntukkan bagi para pembaca yang membutuhkan informasi. Untuk itulah kita membutuhkan artikel yang ditulis dengan baik.

2. Judul dan Intro
Perbedaan paling hakiki antara menulis biasa dan menulis untuk SEO terletak pada bagaimana kita membuat judul dan 50 kata pertama dalam artikel. Dua elemen tersebut sangat penting dalam SEO. Jika dapat, masukkanlah keyword di judul artikel.

Judul merupakan headline yang selain mencerminkan isi, juga harus menarik perhatian dari orang yang membacanya. Jika perlu, Anda juga diperbolehkan untuk memasukkan clickbait pada judul selama bukan yang menyesatkan. Panjang ideal dari judul sebaiknya tidak melebihi 60 karakter.

Sementara itu, 50 kata pertama dari artikel juga memiliki peran penting untuk menggambarkan keseluruhan isi. Elemen ini juga sebaiknya mengandung keyword atau frasa keyword yang ingin dioptimasi.

3. Unik
Google sangat menyukai artikel yang unik, sehingga Anda jangan pernah berpikir untuk membuat artikel dari hasil copy paste atau dengan spinner yang serba otomatis. Jika memang harus melakukan hal tersebut, pastikan porsinya tidak melebihi 10 % dari keseluruhan artikel.

4. Panjang
Secara prinsip, semakin panjang artikel semakin lama pula seseorang akan membacanya. Tetapi ini dapat menjadi bumerang tatkala artikel tersebut memiliki mutu yang rendah. Google sendiri menyukai artikel yang lebih panjang selama isinya relevan. Maka pastikan artikel yang dibuat memiliki jumlah kata minimal 400. Angka yang lebih ideal adalah 1000-2000 kata tergantung dari kata kunci dan taring kompetitor yang ada dari kata kunci tersebut.

Meski panjang, pastikan artikel ditulis dalam paragraf-paragraf yang tidak terlampau panjang, sekitar 100-200 kata per paragraph. Untuk artikel yang sangat panjang, kita dapat menggunakan teknik paginasi yang memisahkan konten menjadi beberapa banyak plugins yang dapat membantu kita untuk itu.

5. Kombinasi
Selain membuat artikel yang jelas, informatif dan enak dibaca, penambahan konten visual seperti gambar dan video cukup penting dalam SEO karena dapat membuat pembaca menjadi lebih betah. Maka sisipkan konten- konten visual di dalam artikel pada posisi yang tepat.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Penulisan Artikel SEO: Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya"