Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Adwords: Pengertian, Manfaat, Keuntungan, Jenis, dan Cara Menggunakannya

Pengertian Google Adwords atau Google Ads
Google Adwords (Google Ads)
Pengertian Google Adwords
Google AdWords (Google Ads) adalah platform periklanan yang disediakan oleh Google. Google AdWords menggunakan mesin pencarian Google sebagai sarana beriklan (Search Engine Marketing) atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Dengan Google AdWords Anda dapat mengatur iklan dari situs bisnis Anda. Di sini Anda bisa mengatur tempat penempatan iklan yang akan tampil di Google Search atau jaringan pencarian Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

Google akan mengelola dan menampilkan iklan yang telah kita buat sesuai dengan target dan tujuan yang sudah ditentukan. Iklan yang kita pasang akan muncul pada perangkat orang yang melakukan penelusuran dengan keyword (kata kunci) yang kita pilih.

Google Ads memungkinkan Anda untuk menentukan target calon pelanggan Anda berdasarkan keyword (kata kunci), topik, kategori, lokasi, hingga waktu yang Anda pilih. Anda dapat memulai menggunakan Google Ads sesuai dengan budget pemasaran Anda.

Manfaat Google Adwords
Berikut beberapa manfaat yang bisa di dapat jika menggunakan Google Adwords di antaranya,
1. Kemudahan Menargetkan Iklan
Hal ini dilakukan dengan menargetkan iklan Anda ke satu bidang, atau menargetkan ke para pengunjung yang memang hanya tertarik untuk mencari bisnis. Dengan kata lain mesin pencari akan menampilkannya jika saja kata kunci sesuai dengan kata kunci yang ada dalam bisnis Anda.

Namun Google Ads menawarkan beberapa cara untuk menargetkan iklan pada setiap kliennya di antaranya,
a. Penargetan Berdasarkan Kata Kunci. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kata kunci merupakan salah satu cara untuk mengiklankan produk atau layanan Anda yang paling diminati. Sebab iklan hanya muncul jika terjadi kecocokan pencari dan pemasang keyword atau kata kunci di dua belah pihak.
b. Penargetan Berdasarkan Lokasi Iklan. Iklan hanya bisa ditampilkan sesuai zona lokasi yang sudah ditentukan.
c. Penargetan Berdasarkan Usia, Lokasi, dan Bahasa. Dengan ini Anda bisa menentukan mengenai usia, lokasi serta Bahasa yang cocok untuk para calon pelanggan Anda.
d. Penargetan Berdasarkan Hari dan Waktu. Penargetan ke empat bisa Anda setting berdasarkan hari dan waktu. Dengan kata lain iklan Anda dapat muncul di hari-hari dan waktu tertentu, sesuai yang Anda inginkan.
e. Penargetan Berdasarkan Perangkat. Iklan bisnis Anda bisa diatur untuk bisa muncul di semua jenis perangkat, dan sebaliknya bisa juga Anda setting untuk muncul di perangkat mana sesuai yang Anda tujukan.

2. Memberikan Kendali Biaya
Google Ads juga memberikan suatu kendali kepada klien-kliennya mengenai suatu cara membelanjakan uang Anda. Di sini Anda bisa menentukan berapa besar Anda bisa mengeluarkan biaya bisa per bulan, atau bahkan per hari, dan per iklan yang ditampilkan. Dengan konsekuensi bahwasanya Anda akan membayar ke pihak Google jika saja ada pengunjung yang mengklik iklan Anda.

3. Kemudahan Mengukur Kesuksesan Bisnis
Dengan platform Google Ads Anda bisa memantau bisnis. Entah dari siapa saja yang mengunjungi situs bisnis, atau bahkan setiap pengunjung yang mengklik iklan Anda dan melakukan sesuatu yang cukup menguntungkan untuk bisnis yang Anda jalani.

4. Kemudahan Mengelola Kampanye Bisnis Anda
Dengan Google Ads Anda juga bisa mendapatkan alat yang bisa Anda gunakan untuk memantau serta mengelola akun dengan sangat mudah. Bagi yang memiliki beberapa akun Google Adwords, Anda bisa melihat dan mengelolanya semua akun dengan mudah bahkan hanya di satu lokasi.

Keuntungan Menggunakan Google Adwords
Berikut beberapa keuntungan yang akan dirasakan dalam menggunakan Google Adwords di antaranya,
1. Google Menguasai Pasar Online
Google adalah suatu platform yang mampu menjawab setiap pertanyaan penggunanya, mulai dari membeli barang sampai mencari informasi yang tidak penting sekalipun, Google bisa menjawabnya.

Berdasarkan laman resmi statcounter, perusahaan Google sudah berhasil menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia dengan tingkat persentase yang menyentuh angka 92,07%. Lebih lanjut, statcounter juga menjelaskan bahwa Google juga sudah berhasil menguasai pangsa mesin pencari di Indonesia dengan tingkat persentase sebanyak 97,44%.

Selain Google, sebenarnya ada juga mesin pencari lain seperti Yahoo, namun mereka hanya memperoleh pangsa pasar sebanyak 0,93%, dan Bing hanya menyentuh angka 0,36%. Dengan melihat besarnya peluang yang diberikan oleh Google, tentu Anda akan memperoleh keuntungan yang besar saat menggunakan fitur Google Ads dengan tujuan mengiklankan bisnis.

2. Target Pasar Lebih Spesifik
Saat menggunakan Google Ads, Anda bisa menentukan sendiri target pasar yang memang sedang Anda perlukan.  Target pasar ini bisa Anda perluas lagi, mulai dari sabang hingga Merauke, atau bahkan bisa Anda persempit lagi dalam tingkat kota ataupun daerah.

Selain bisa mengatur target pasar, Anda juga bisa melakukan pengaturan iklan agar bisa tampil di perangkat tertentu saja. Selama ini, kebanyakan orang akan membuka Google lewat perangkat PC, Laptop, Tablet, dan smartphone masing-masing.

Anda bisa mengatur iklan Anda agar nantinya bisa tampil pada perangkat tersebut atau memilih salah satu di antaranya saja.

Tidak hanya bisa melakukan pengaturan berdasarkan lokasi ataupun perangkat saja, di Google Ads juga Anda bisa mengatur sendiri jadwal tayang iklan Anda. contohnya, Anda bisa mengatur tayangan iklan Anda ingin ditampilkan dari jam berapa hingga jam berapa saja.

Tentunya hal ini sangat berguna saat Anda mempunyai jam operasional yang terbatas. Contohnya, bisnis Anda buka dari jam 8 sampai jam 5 sore, nah dari sini Anda bisa membuat pengaturan sendiri jadwal tayang iklan Anda.

Dengan adanya ketiga hal ini, Google Adwords adalah fitur yang sangat tepat untuk digunakan oleh Anda yang tertarik dan ingin menjalankan bisnis online.

3. Hemat Biaya
Sebagian dari Anda pasti mengira bahwa memasang iklan di Google Ads memerlukan biaya yang sangat mahal. Namun faktanya, memasang iklan di Google Adwords sangatlah terjangkau, Anda bisa memulainya dengan harga 50 ribu rupiah saja.

Bahkan, kemungkinan biayanya bisa lebih sedikit lagi jika Anda menggunakan strategi PPC atau Pay Per Click. Dengan adanya sistem ini, maka Anda hanya akan dikenakan biaya bila target Anda melakukan klik saja.

Jenis Google Adwords
Berdasarkan lokasi tayangnya, Google Ads dibagi menjadi beberapa macam di antaranya,
1. Iklan Penelurusan. Ini artinya iklan akan muncul di laman penelusuran Google setelah pengguna mengetikkan keyword yang relevan, misalnya nama produk yang Anda jual.
2. Iklan Display. Iklan Display ini berbentuk teks dan gambar yang tersebar di seluruh jaringan Google. Dengan lebih dari 2 juta situs dan aplikasi, iklan Anda bisa menjangkau calon customer di berbagai penjuru dunia.
3. Iklan Video. Google Ads ini memungkinkan Anda untuk memasang iklan berupa video di YouTube. Iklan jenis ini akan ditampilkan di awal video.
4. Iklan Aplikasi. Iklan aplikasi ini akan ditampilkan di semua jaringan Google. Tak usah khawatir soal desain, sebab Google siap menyediakannya untuk Anda.

Cara Menggunakan Google Adwords
Adapun cara menggunakan Google Adwords di antaranya,
1. Buat Akun Google
Untuk bisa menggunakan Google Ads, sebenarnya Anda bisa menggunakan akun pribadi Google Anda. Tapi jika Anda enggan untuk menerima email masuk yang banyak dari Google Ads, maka Anda bisa membuat akun Google yang baru demi keperluan Google Ads Anda.

2. Pilih Goal
Jika sudah berhasil masuk, hal pertama yang akan Anda lihat adalah kalimat “pick a goal for your ad”. Di dalam goal itu nantinya akan ada tiga pilihan goal atau tujuan, yakni call your business, visit your storefront dan take an action on your website.

Anda bisa mempelajari ketiga goal tersebut lebih dulu, jika sudah Anda tinggal klik tulisan “pock goal” yang terletak di bagian kanan bawah halaman.

3. Pilih Target Lokasi
Dalam halaman ini, Anda harus memilih target lokasi secara bebas sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa memperluas atau mempersempit target lokasi Anda di sini. Ini adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan Google Ads.

4. Pilih Kategori Bisnis
Selanjutnya, Anda harus bisa menentukan kategori bisnis yang sesuai dengan produk atau layanan jasa Anda. jika Anda menjalankan bisnis F&B atau bisnis kuliner, maka Anda harus memilih kategori bisnis tersebut.

Hal ini dilakukan agar nantinya Anda bisa menentukan pasar secara tepat dan juga sesuai dengan target. Jangan sampai Anda salah dalam memilih kategori bisnis, karena hal ini akan berdampak besar di masa depan.

5. Membuat Copy Iklan
Pada halaman ini, Anda harus pandai dalam menggunakan kemampuan copywriting. Karena copy iklan adalah bagian yang sangat penting saat Anda ingin beriklan menggunakan Google Adwords. Google pun membatasi karakter untuk copy iklan yang ingin Anda buat.

Untuk bagian headline iklan, Google memberikan batasan sebanyak 30 kata saja. Sedangkan untuk isi iklannya sendiri, Google memberikan batasan hingga 80 karakter kata. Dengan demikian, Anda tidak boleh asal dalam membuat copy iklan.

Berusahalah untuk membuat iklan yang mampu menjalankan bisnis Anda secara jelas, jangan sampai Anda menggunakan kata yang clickbait. Karena, audiens memerlukan penjelasan produk yang lebih jelas, bukan yang membuat mereka penasaran.

6. Memasukkan Foto
Pilihlah Foto Logo bisnis Anda, namun memasukkan foto logi ini sifatnya opsional dan tidak wajib.

7. Menentukan Biaya
Salah satu keuntungan yang akan Anda rasakan dari Google Adwords adalah Anda bisa menentukan biaya iklan Anda sendiri secara bebas. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya iklan yang mahal, karena Google bisa menerapkan sistem PPC atau Pay Per Click.

Dengan adanya sistem ini, Anda hanya perlu membayar bila iklan buatan Anda di klik oleh para audiens. Cara ini diklaim mampu menghemat lebih banyak biaya. Sehingga, Anda bisa bebas dalam menetapkan estimasi biaya iklan Anda.

Tapi jika Anda baru pertama kali menggunakan layanan Google Ads, maka kami sarankan untuk menentukan biaya yang paling rendah terlebih dahulu.

8. Memilih Metode Pembayaran
Terakhir, Anda harus memilih metode pembayaran. Metode pembayaran dari Google Ads sangat banyak, mulai dari transfer bank hingga menggunakan kartu kredit. Untuk Anda yang tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa menggunakan metode pembayaran transfer bank untuk membayar iklan Google Ads Anda.

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Google AdMob: Pengertian, Sejarah, Fitur, Jenis, Langkah Menggunakan, dan Kelebihannya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Google Adwords: Pengertian, Manfaat, Keuntungan, Jenis, dan Cara Menggunakannya"