Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Search Engine Marketing, Cara Kerja, Jenis, dan Kelebihannya

Pengertian Search Engine Marketing, Cara Kerja, Jenis, dan Kelebihannya


A. Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing (SEM) adalah strategi marketing yang bertujuan meningkatkan visibilitas sebuah website di halaman mesin pencari seperti Google. Dengan kata lain, SEM merupakan kegiatan membeli traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google. SEM dapat membuka peluang mengembangkan bisnis dengan iklan yang lebih efektif saat konsumen mencari produk atau jasa tertentu.

Dengan menggunakan strategi SEM, pemasar dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mereka mencari informasi. Cara kerja SEM yaitu iklan memilih beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual. Jadi, ketika orang mencari kata kerja kunci tersebut, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berbayar.

B. Cara Kerja Search Engine Marketing (SEM)
Search engine menggunakan algoritma rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan untuk setiap pencarian. Namun dengan SEM iklan Anda akan muncul di bagian atas dan di samping halaman hasil mesin telusur untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan dengan pencarian organik. Untuk mencapai hasil tersebut, cara ini bisa dilakukan ketika ingin mengadopsi layanan search engine marketing di antaranya,
1. Lakukan registrasi pada penyedia layanan search engine marketing.
2. Tentukan detail iklan yang diinginkan seperti kata kunci, lokasi dan lain sebagainya.
3. Search engine akan melakukan pelelangan antara para pengiklan dengan keyword yang sama.
4. Search engine akan menampilkan pemenang lelang pada halaman hasil mesin telusur.
5. Anda mendapat laporan kinerja iklan dan selanjutnya membayar sejumlah klik yang didapatkan.

SEM diwujudkan dengan menyematkan keyword pada format yang digunakan. Sebelum menentukan keyword yang akan disematkan seperti pada poin kedua, biasanya dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui tren apa yang paling banyak dicari saat itu. Lalu dari tren tersebut, tentukan mana yang relevan dan yang memungkinkan dipakai ketika mencari produk atau jasa yang Anda sediakan.

Ketika melakukan riset, Anda juga bisa menambahkan keyword yang berhubungan dengan kegiatan pembelian seperti beli, diskon, kupon, promo dan kata kunci lain yang memiliki intensi pembelian. Ada banyak webiste yang memberi layanan riset ini seperti Ahrefs, Google Trends hingga Ubersuggest. Sebagai contoh Google Trends yang memberikan saran keyword yang sedang tren secara real time. Selain itu Google Trends juga dapat menunjukkan informasi di wilayah mana yang volume pencariannya tinggi.

C. Jenis Keywords Search Engine Marketing (SEM)
Meski Anda bisa memilih sendiri kata kunci alias keyword yang mau ditargetkan, perhatikan juga jenis keyword-nya. Dilansir dari Alexa, ada 4 jenis keyword dalam SEM di antaranya,
1. Broadmatch Keyword
Ini adalah variasi dari kata kunci yang disasar. Termasuk kesamaan kata, sinonim, bahkan typo yang cukup umum. Contohnya, Anda sedang menjalankan campaign untuk jasa asisten virtual. Selain menyasar target “asisten virtual”, Anda juga bisa menargetkan  “asisten online“.

2. Phrase Match Keyword
Kata kunci ini menargetkan beberapa kata yang spesifik atau menambahkan kata lain sebelum kata kunci yang ingin disasar. Contohnya keyword “asisten virtual” bisa juga dibarengi dengan “asisten virtual terbaik” atau “jasa asisten virtual”.

3. Exact Match Keyword
Hampir mirip dengan broadmatch keyword, exact match keyword menargetkan kata yang lebih spesifik lagi. Bahkan yang terdekat dari kata kunci yang disasar. Exact match keyword mencakup typo, sinonim, pengulangan kata, parafrase atau kata yang sangat-sangat dekat dan kemungkinkan besar dicari oleh konsumen. Contohnya keyword “asisten virtual” bisa ditargetkan juga dengan “asst. virtual” atau “virtual assistant“.

4. Negative Keyword
Negative keyword adalah kata-kata yang tidak ingin ditargetkan. Negative keyword merupakan perpaduan dari tiga jenis keyword sebelumnya yang tidak mau digunakan. Bisa dikatakan bahwa negative keyword ini adalah kata-kata yang tidak relevan dengan keyword yang tertarget dalam search engine marketing.

Contohnya, “gaji asisten virtual” termasuk ke dalam negative keyword karena informasinya tidak relevan dengan keyword tersebut. Orang yang mencari “gaji asisten virtual” biasanya punya maksud (intent) untuk berkarier dalam bidang tersebut.

Sedangkan kamu sedang menjalankan campaign untuk orang-orang yang akan menggunakan jasa asisten virtual (user). Jika ada pengguna internet yang memasukkan negative keyword tersebut, situs atau produkmu tidak akan tampil di mesin pencarian.

D. Kelebihan Search Engine Marketing (SEM)
Terdapat beberapa kelebihan yang bisa didapatkan melalui penggunaan Search Engine Marketing di antaranya,
1. Biaya tidak terlalu banyak
Untuk mengoperasikan SEM memang diperlukan biaya. Namun biaya yang dibutuhkan untuk SEM ini sebenarnya tidaklah besar. Jadi Anda tidak memerlukan biaya besar untuk memulai penggunaan SEM ini. Bahkan Anda bisa menentukan sendiri berapa budget yang akan dialokasikan untuk menggunakan SEM. Budget yang dibutuhkan bisa beragam mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Bahkan bisa saja Anda membutuhkan biaya sebanyak puluhan juta rupiah untuk bisa mengoperasikan SEM.

2. Bisa menentukan target secara spesifik
Melalui SEM maka Anda juga bisa menentukan target tentunya secara lebih spesifik. Dalam hal ini Anda bisa menentukan beberapa karakteristik pengunjung yang bisa melihat iklan Anda. Mulai dari karakteristik berdasarkan usia dan jenis kelamin serta karakteristik yang berdasarkan ketertarikan hingga lokasi. Semua ini bisa ditentukan dengan adanya peran dari SEM.

3. Meningkatkan conversion rate
SEM umumnya juga digunakan untuk meningkatkan conversion rate pada sebuah website. Metode untuk meningkatkan conversion rate ini bisa pula digunakan untuk menemukan berbagai kata kunci. Conversion rate sendiri menjadi sebuah metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan bahkan pelanggan di suatu web sehingga pelanggan nantinya akan semakin meningkat.

4. Hasil relatif lebih cepat
Bagi Anda yang ingin memulai sebuah website atau blog maka sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan SEM. Pada dasarnya SEM cenderung lebih cepat memberikan hasil dibanding dengan lainnya seperti misalnya SEO. Tentu saja hal ini akan sangat membantu website Anda agar website Anda ini bisa muncul di hasil pencarian dengan lebih cepat.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Search Engine Marketing, Cara Kerja, Jenis, dan Kelebihannya"