Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google AdMob: Pengertian, Sejarah, Fitur, Jenis, Langkah Menggunakan, dan Kelebihannya

Pengertian Google AdMob atau Advertising on Mobile
Google AdMob (Advertising on Mobile)
Pengertian Google AdMob
Google AdMob (Advertising on Mobile) adalah satu platform iklan Google yang saat ini dipakai untuk mempromosikan dan memonetisasi aplikasi seluler. AdMob memebrikan kesempatan kepada para pengembang untuk mempromosikan aplikasi mereka melalui iklan dalam aplikasi, juga dapat digunakan untuk memonetisasi aplikasi dengan mengaktifkan iklan di dalamnya.

Sebagai solusi periklanan untuk berbagai platform seluler, AdMob dapat dioperasikan dengan baik pada sistem Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone. AdMob juga telah menyematkan fitur-fitur yang dapat memaksimalkan nilai setiap tayangan. Platform ini menggabungkan antara permintaan pengiklan global, format iklan yang sangat inovatif, dan kecanggihan teknologi monetisasi dalam aplikasi.

AdMob awalnya didirikan oleh Omar Hamoui pada tahun 2006. Namun, pada November 2009, perusahaan iklan mobile tersebut diakuisisi oleh sang raksasa teknologi, Google. Saat ini, AdMob merupakan salah satu perusahaan iklan seluler terbesar yang telah melayani lebih dari 40 miliar mobile banner dan iklan teks setiap bulan di berbagai aplikasi seluler dan situs web.
 
Sejarah Google AdMob
Google AdMob by Google adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Layanan Google AdMob didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 yang kemudian diakuisisi oleh Google seharga $ 750 juta. Akuisisi diambil alih pada 27 Mei 2010 oleh Apple Inc.

Hal ini telah dinyatakan minatnya untuk membeli perusahaan itu pada tahun yang sama, namun mereka keluar-tawaran oleh Google. Bahkan, Sebelum diakuisisi oleh Google, Google AdMob mengakuisisi perusahaan AdWhirl, sebelumnya Adrollo, yang merupakan platform untuk mengembangkan iklan di aplikasi iPhone.

AdMob juga menawarkan solusi iklan untuk platform mobile, termasuk Android, IOS, WebOS, Flash Lite, dan semua browser web mobile standar.

Fitur Google AdMob
AdMob memiliki mekanisme bawaan, yang memungkinkan developer menampilkan “iklan internal” untuk mempromosikan secara silang portofolio aplikasi lain mereka secara gratis. Kerangka kerja ini juga dapat digunakan untuk penawaran langsung, memungkinkan menjalankan kesepakatan iklan yang dinegosiasikan langsung dengan pengiklan.

Fitur lain AdMob adalah Mediation, teknologi yang membantu aplikasi memaksimalkan jumlah iklan yang ditampilkan dalam aplikasi, dan membantu meningkatkan pendapatan. Melalui mediation, Anda dapat mengintegrasikan hampir 40 jaringan iklan mobile yang berbeda dan bahkan terlibat dalam mediasi pengembangan software untuk jaringan tertentu.

Dengan mediation, aplikasi dapat menikmati integrasi langsung dan penawaran dinamis dengan jaringan iklan lain yang memungkinkan pembaruan CPM otomatis. Hal ini tentunya memperhemat upaya dan waktu untuk menyesuaikan penawaran secara manual. Ketika menyangkut monetisasi, AdMob adalah alat yang berguna karena memiliki semua fitur yang dibutuhkan.

Selain fitur yang disebutkan di atas, AdMob juga memiliki tiga fitur tak kalah menarik lain di antaranya,
1. AdMob In-App Purchase House Ads
Format baru benar-benar dapat mengubah cara orang berpikir tentang strategi monetisasi pembelian dalam aplikasi. Format ini dapat digunakan untuk membuat iklan yang disesuaikan untuk mempromosikan item yang dijual kepada pengguna.

AdMob dapat menampilkan iklan reguler. Pendekatan ini berarti bahwa seseorang dapat mempertahankan pengguna bernilai tinggi yang terlibat dalam aplikasi, dan untuk orang lain.

2. Audience Builder
Ini adalah fitur canggih yang membantu kamu membuat daftar audiens berdasarkan cara orang menggunakan aplikasi dan membuat user experience yang disesuaikan untuk pengguna yang belum menggunakan aplikasi dalam dua minggu.

Impor daftar ke Google AdWords dan tampilkan iklan sesuai dengan daftar tersebut untuk melibatkan kembali pengguna saat mereka berada di aplikasi atau website lain.

3. AdMob Native Ads
Developer yang berpartisipasi dapat menampilkan iklan asli dalam aplikasinya dan menyesuaikannya agar berbaur dengan bentuk dan fungsi aplikasinya. Dengan native ads, kamu dapat membangung user experience yang lebih menyenangkan untuk pengguna aplikasi kamu.

Jenis Iklan Google AdMob
Untuk menampilkan iklan dengan menggunakan fasilitas Google AdMob, Anda dapat memilih jenis format iklan yang tepat. Format iklan tersebut dapat disesuaikan agar tidak mengganggu pengguna aplikasi. Berikut beberapa beragam jenis iklan AdMob yang paling umum digunakan di antaranya,
1. Banner Ads
Salah satu jenis iklan yang sering ditemukan pada AdMob apk adalah banner Ads. Iklan banner biasanya ditempatkan pada salah satu bagian tata letak aplikasi. Iklan ini didesain dalam bentuk persegi panjang dan biasanya dapat berupa teks, gambar atau bahkan video.

Banner Ads merupakan jenis iklan yang mudah ditampilkan, selain itu juga tidak mengganggu user experience dari pengguna aplikasi.

2. Interstitial Ads
Tipe iklan interstitial Ads biasanya muncul dalam bentuk pop up. Jenis iklan AdMob tersebut biasanya menampilkan satu halaman penuh pada aplikasi. Iklan yang ditampilkan juga sangat bervariasi, mulai dari gambar atau bahkan video. Untuk dapat menampilkan iklan interstitial diperlukan koneksi internet yang baik.

Karena tipe iklan tersebut memperlihatkan gambar dan video dalam satu layar penuh dalam batas waktu yang telah ditentukan.

3. Rewarded Ads
Rewarded ads merupakan jenis iklan yang paling banyak memberikan pendapatan kepada publisher. Jadi, iklan jenis tersebut akan memberikan reward kepada pengguna. Baik dalam bentuk koin, nyawa tambahan atau bahkan poin.

Untuk dapat memperoleh reward dari iklan ini, pengguna diharuskan melihat iklan sampai selesai tanpa di skip. Selanjutnya mereka akan mendapatkan reward yang berupa koin, poin atau bahkan nyawa tambahan.

Strategi ini juga menguntungkan bagi pengiklan karena iklan yang ditayangkan akan dilihat oleh pengguna sampai selesai. Singkatnya, tujuan marketingnya akan lebih tercapai saat market semakin familiar dengan produk Anda.

4. Native Ads
Format iklan dari Google AdMob ini menyesuaikan dengan tampilan dan juga nuansa aplikasi Anda. Iklan tersebut biasanya berbaur dengan web atau aplikasi dimana Iklan ditampilkan. Native ads juga tidak mengganggu karena formatnya seperti bagian dari aplikasi atau website tersebut.

Langkah Menggunakan Google AdMob
Berikut beberapa langkah menggunakan Goggle AdMob di antaranya,
1. Search https://apps.admob.com/ pada browser Anda
2. Kemudian “Sign in” dengan akun Anda
3. Setelah itu Klik “Monetize New App”
4. Beri nama aplikasi dan detail platform alu klik “Add App”
5. Pilih satu aplikasi untuk memonetisasi dengan memilih di antara 3 metode berikut di antaranya,
a. Search for your Apps Anda dapat mencari aplikasi Anda di Google Play, lalu anda klik + Select agar dapat memilih aplikasi yang telah ditentukan.
b. Add your App manually : Ketika aplikasi Anda dirilis di Google Playstore, Anda dapat memasukkan nama dan platform anda, lalu klik + Select to add the App manually.
c. Select from Apps you have added : Pada daftar apps yang sudah ada di akun AdMob Anda, klik + Select untuk memilih aplikasi yang Anda mau.

6. Ketika Anda ingin membuat sebuah iklan, Anda dapat memilih salah satu format iklan dan kemudian masukkan data yang relevan untuk iklan banner. Lalu Anda dapat melakukan “Save”
7. Setelah itu, Anda dapat mempelajari kembali instruksi on-screen. Setelah itu Anda dapat mengimplementasikan iklan Anda di aplikasi Anda.

Kelebihan Google Admob
Kelebihan Google Admob dari Sisi Pendapatan Iklan
1. Maksimalkan Pendapatan Iklan Anda
Sebagai salah satu jaringan iklan global terbesar, AdMob bekerja sama dengan jutaan pengiklan untuk bersaing memperebutkan ruang iklan Anda untuk memaksimalkan penghasilan, sementara Anda tetap memegang penuh kendali prosesnya. Anda dapat memanfaatkan Google AdMob dengan plot iklan yang variatif dan juga ditempatkan pada lokasi yang strategis dan platform yang beragam.

2. Jaringan Iklan Google
Layanan Google AdMob memiliki jaringan yang berperforma terbaik untuk lokasi dan format iklan Anda dari 100+ jaringan di seluruh dunia. Sehingga Anda akan mempunyai peluang besar untuk dapat menampilkan iklan Anda di berbagai platform sehingga hal ini juga dari sisi developer juga akan lebih fleksibel untuk bisa menggunakan Google AdMob sebagai pendapatan tambahan.

3. Dapatkan CPM Tertinggi Untuk Setiap Tayangan
Dengan memanggil semua jaringan yang berpartisipasi secara bersamaan, sumber iklan Anda dapat mengajukan bid pada setiap tayangan secara real time, memastikan Anda selalu mendapatkan pengiklan yang membayar paling tinggi dan juga potensial selama Anda mengikuti aturan dari Google AdMob sendiri.

4. Maksimalkan Penghasilan Anda
Tarik data real-time CPM secara langsung dari pengiklan sehingga Anda dapat menghemat waktu, meningkatkan penghasilan, dan menghindari kesalahan yang merugikan. Google AdMob  diatur oleh algoritma yang pastinya akan membuat keputusan yang tepat dan kepada user yang tepat sehingga akan memaksimalkan pendapatan Anda.

5. Nikmati Rasio Pengisian Yang Tinggi
Karena Google AdMob juga menjual ruang iklan secara real-time kepada pembeli terprogram, Anda dapat menikmati rasio pengisian yang termasuk tertinggi di industrinya, di seluruh dunia. Peluang ini bisa Anda dapatkan pada layanan Google AdMob untuk dapat mendapatkan penghasilan yang besar, apalagi jika Anda mempunyai aplikasi yang berkualitas dan mempunyai trafik yang besar.
 
Kelebihan Google Admob dari Sisi Format Iklan
1. Dukungan Format Iklan yang Beragam
Google Admob memiliki berbagai tampilan iklan yang beragam sehingga akan membuat Anda lebih mempunyai banyak opsi dalam memaksimalkan iklan di Aplikasi Anda sehingga akan mendapatkan jumlah klik yang lebih banyak.

2. Model Iklan yang Variatif
Bentuk dan Model dari Periklanan dari Google Admob disajikan dalam beberapa bentuk seperti Iklan native, Iklan Reward, dan Iklan Interstisial dan Banner yang dapat digunakan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan dari Aplikasi Anda.
 
Keunggulan Google Admob dari Sisi Hasil Analisis
1. Terintegrasi Google Analytics
Anda dapat menautkan hasil Periklanan Anda dengan integrasi dari Google Analytics for Firebase untuk mendapatkan hasil dan monitor terkait periklanan Google Admob yang dipasang pada aplikasi Anda.

2. Pelaporan yang Sesuai
Anda dapat melihat semua arus pendapatan pada satu tempat dengan mudah dipahami dan digunakan mencakup penghasilan iklan dan pendapatan pembelian dalam aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Google Analytics for Firebase, AdMob secara otomatis dengan metrik tertentu yang Anda butuhkan.

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Google Adwords: Pengertian, Manfaat, Keuntungan, Jenis, dan Cara Menggunakannya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Google AdMob: Pengertian, Sejarah, Fitur, Jenis, Langkah Menggunakan, dan Kelebihannya"