Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Online: Pengertian, Jenis, Manfaat, Tantangan, dan Platform Website Bisnis Online Terbaik

Pengertian Bisnis Online
Bisnis Online
Pengertian Bisnis Online
Bisnis online adalah seluruh kegiatan yang berhubungan dengan proses jual dan beli yang dilakukan secara daring atau online. Berbeda dengan bisnis konsep konvensional yang memerlukan lokasi toko atau outlet agar konsumen bisa datang, memilih, dan membeli produk yang ditawarkan, dalam bisnis online tidak memerlukan hal itu.

Salah satu modal utama memulai bisnis online adalah perangkat yang mendukung dan jaringan internet yang memadai. Dengan begitu, Anda bisa mengelola bisnis dari rumah atau di mana saja tanpa ada batasan waktu dan tempat. Jadi, bisnis online disebut sebagai sebuah usaha yang tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar, bahkan ada juga cara bisnis online tanpa modal yang sudah banyak dipraktikkan.

Memilih platform situs web yang tepat untuk memulai bisnis online adalah keputusan yang penting dan harus dipertimbangkan dengan seksama. Karena platform yang Anda pilih untuk menjadi pondasi dalam menjalankan bisnis online Anda haruslah kuat dan dapat memenuhi kebutuhan semua transaksi perdagangan Anda.

Jenis Bisnis Online
Terdapat tiga jenis bisnis online sesuai platform yang digunakan penjual di antaranya,
1. Bisnis Online di Website
Jenis bisnis online yang pertama adalah bisnis online di website. Bisnis online ini mengandalkan website sebagai tempat berjualan. Halnya selayaknya toko, tapi versi online. Artinya, pengunjung bisa melihat informasi produk langsung dari website, melakukan transaksi, menghubungi penjual, dan lainnya.

Bisnis online melalui website menjadi primadona di kalangan pebisnis. Sebab, website mempunyai kelebihan yang tak dimiliki jenis bisnis online lain. Mulai dari branding yang lebih baik, pemasaran lebih luas, kebebasan desain, dan sebagainya.

2. Bisnis Online di Media Sosial
Awalnya, media sosial sekadar digunakan sebagai sarana bersosialisasi. Tapi, saat ini media sosial juga digunakan untuk bisnis online.  Alasan utama bisnis online di media sosial populer karena sangat mudah memulainya. Anda bisa menggunakan akun pribadi yang sudah ada dan langsung berjualan.

Namun, akan lebih baik menggunakan akun bisnis karena tersedianya fitur untuk menunjang bisnis online Anda. Misalnya, fitur melacak performa bisnis, melihat demografi pembeli, dan lainnya.

3. Bisnis Online di Marketplace
Marketplace adalah platform yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli bertransaksi online. Dengan kata lain, pasar online. Beberapa contoh marketplace di Indonesia yang pasti sudah Anda kenal antara lain Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.

Memulai bisnis online di marketplace juga cukup populer karena mudah dan gratis. Anda cukup pilih marketplace-nya, registrasi akun, pasang produk, dan tunggu pembeli datang bertransaksi. Selain itu, bermacam-macam kategori produk juga disediakan di marketplace. Mulai dari produk fisik seperti baju, elektronik, makanan dan minuman, hingga produk jasa seperti travel agent dan wedding organizer.

Manfaat Bisnis Online
Terdapat beberapa manfaat baik yang bisa didapatkan jika memilih untuk menjalankan bisnis secara digital di antaranya,
1. Modal yang Tidak Besar
Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini tidaklah banyak. Alasannya sudah pasti, bisnis online tidak mengharuskan Anda memiliki toko atau outlet offline, dengan begitu secara otomatis Anda juga tidak perlu menyiapkan modal khusus untuk menyewa tempat atau ruko. Anda bisa memanfaatkan ruang di rumah sendiri untuk menyimpan stok barang.

Bahkan, saat ini pun sudah ada cara bisnis online tanpa modal, yang lebih dikenal dengan nama dropshipper. Bukan hanya tidak memerlukan modal, dengan menjadi seorang dropshipper maka Anda juga tidak butuh ruangan khusus untuk menyimpan stok barang.

Dalam hal pemasaran atau promosi produk pun, bisnis online hanya mengoptimalkan promosi dalam bentuk e-flyer, e-banner, dan memanfaatkan fitur promo dari marketplace. Tidak perlu memesan dan mencetak poster, brosur, bahkan baliho yang harganya sangat mahal.

2. Fleksibel
Bisnis online dikatakan sebagai bisnis yang fleksibel karena Anda bisa menjalankannya dari mana dan kapan saja. Tidak ada yang namanya jam operasional toko, konsumen bisa mengakses barang dagangan Anda selama 24 jam penuh. Selain itu, jam operasional bisnis online pun juga fleksibel.
 
3. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas
Dengan jaringan internet yang luas, maka secara otomatis jaringan pasar yang bisa Anda raih juga akan menjadi lebih luas. Bukan tidak mungkin bahwa pelanggan nantinya adalah warga dari kota atau negara lain.

Tantangan Bisnis Online
Meski sangat mudah, buka berarti bisnis online tidak memiliki tantangan maupun rintangan. Sama dengan bisnis lainnya seperti bisnis offline, bisnis online juga memiliki tantangan yang sering muncul di antaranya,
1. Kompetitor
Sama halnya dengan bisnis offline, bisnis online ternyata juga memiliki tantangan yang berkaitan dengan kompetitor. Banyak yang mengatakan bahwa persaingan dalam bisnis online tidak sebesar dengan persaingan bisnis offline. Padahal jika ditelusuri secara lebih jauh sebenarnya bisnis online ini memiliki banyak persaingan.

Perlu diketahui bahwa bisnis online menawarkan kemudahan dan juga kepraktisan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline. Karena kemudahan yang ditawarkan tersebut tidak heran jika banyak orang yang juga tertarik menjalankan usaha secara online.

Saking mudahnya bisnis ini, setiap orang bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah. Oleh karena itu kompetitor akan terus bermunculan setiap hari.

2. Keamanan
Selain dari kompetitor, tantangan lainnya yang harus dihadapi oleh para pengusaha di bidang online yaitu masalah keamanan. Umumnya ini lebih mengincar bisnis-bisnis online yang sudah masuk dalam skala besar. Untuk tantangan yang satu ini Anda perlu berhati-hati.

Pelajarilah dari sejak awal bagaimana menjalankan bisnis online secara aman. Baik keamanan untuk Anda sebagai pemilik usaha. Maupun keamanan pelanggan Anda.

3. Konsumen
Ketika Anda menjalankan bisnis online, pasti Anda menemukan berbagai macam karakter konsumen mulai dari yang sabar hingga yang banyak permintaan atau cerewet. Dari banyaknya tipe konsumen yang tersedia, konsumen yang cenderung mudah berubah-ubah perlu untuk Anda waspadai.

Karena biasanya tipe konsumen yang mudah berubah-ubah akan lebih senang bertanya-tanya dan kemudian tertarik untuk memesan. Namun tipe ini juga cenderung suka berpindah ke perusahaan lain yang menawarkan harga lebih murah.

4. Penipuan
Satu lagi tantangan yang perlu diperhatikan ketika menjalankan bisnis online yaitu adanya kasus penipuan. Para praktisi atau penjual dalam bisnis online bisa saja melakukan penipuan yang menyebabkan kehilangan kepercayaan konsumen.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi. Perlu diketahui jika sekarang ini banyak pengusaha-pengusaha online yang tidak bertanggungjawab yang menginginkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Kondisi tersebut membuat para konsumen memiliki keraguan ketika hendak berbelanja online. Solusi yang bisa Anda lakukan ketika mengalami kondisi seperti ini yaitu Anda harus mampu meyakinkan para konsumen dengan menampilkan beberapa testimoni yang diberikan oleh para konsumen yang sudah membeli produk Anda.

Platform Website Bisnis Online Terbaik
Beberapa rekomendasi platform pembuat website bisnis online di antaranya,
1. WordPress
WordPress merupakan salah satu platform website yang populer yang telah terbukti bisa digunakan untuk membuat segala jenis model website, seperti blog pribadi, situs web professional, toko e-Commerce, forum komunitas, dan lain-lain. Terdapat 2 jenis WordPress yang tersedia di antaranya,
a. WordPress(dot)org
WordPress(dot)org adalah platform pembuatan situs web paling populer di dunia yang memerlukan akun hosting WordPress dan situs web milik Anda di hosting sendiri. WordPress memberi Anda kendali penuh pada setiap aspek situs web dan kehadiran online Anda dengan ribuan tema WordPress pre-made berkualitas tinggi yang dapat Anda gunakan untuk desain situs web Anda.

b. WordPress(dot)com
WordPress(dot)com adalah layanan hosting blog dan situs web yang dijalankan oleh Automattic. Namun, WordPress(dot)com tidak di hosting sendiri dan tidak menawarkan fungsionalitas drag and drop yang sama dari pembuat situs web lainnya. Namun, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan desain sampai batas tertentu.
 
2. BigCommerce
Anda bisa mempertimbangkan BigCommerce yang merupakan pembuat situs web e-Commerce terbaik yang datang dengan solusi e-Commerce yang dihosting sepenuhnya, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kecepatan, keamanan, atau pembaruan situs web. BigCommerce akan menangani server dan sisi teknis untuk Anda, sehingga Anda dapat fokus mengembangkan bisnis Anda.

Tidak seperti solusi e-Commerce yang dihosting lainnya, BigCommerce memiliki integrasi asli dengan WordPress yang memungkinkan Anda memanfaatkan fleksibilitas WordPress sambil memanfaatkan kekuatan e-Commerce tanpa kepala dari BigCommerce. Secara sederhana, situs web Anda akan cepat dan aman tidak peduli berapa banyak lalu lintas yang Anda dapatkan.

Hadir dengan banyak fitur bawaan untuk menangani pengoptimalan tingkat konversi seperti pengabaian keranjang, pencarian produk yang ditingkatkan, ulasan produk, kupon, dan banyak lagi. Untuk fitur tambahan, Anda dapat terhubung dengan aplikasi pihak ketiga dari toko aplikasi mereka.
 
3. Gator
Gator adalah pembuat situs web online populer yang dibuat oleh HostGator, salah satu penyedia hosting web terbesar di dunia. Ini adalah platform yang dihosting sepenuhnya, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang perangkat lunak, pembaruan, atau pencadangan.

Anda mendapatkan pembuat situs web mudah yang memungkinkan Anda memilih dari ratusan templat desain situs web profesional. Setiap desain dilengkapi dengan opsi penyesuaian sederhana yang dapat Anda konfigurasikan dari pembuatnya sendiri.

Anda dapat mengedit item apa pun di halaman dengan antarmuka tunjuk dan klik yang sederhana. Anda juga dapat drag and drop item yang biasa digunakan seperti gambar, video, galeri foto, teks, kolom, peta, dan formulir kontak. Semua paket berbayar menyertakan nama domain khusus gratis untuk situs web Anda.

Paket e-Commerce juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyiapkan toko online dan menjual produk Anda secara online yang karena Gator adalah produk berbayar, Gator tidak menjual data Anda atau menampilkan iklan apapun di situs web Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Bisnis Online: Pengertian, Jenis, Manfaat, Tantangan, dan Platform Website Bisnis Online Terbaik"