Dedicated Server: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Dedicated Server
Dedicated Server

Pengertian Dedicated Server
Dedicated server (server khusus) adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah fasilitas server dengan skala penuh kepada hanya satu akun pengguna. Dedicated server ditujukan untuk pengguna yang mengalami pembengkakan data dan trafik. Dengan layanan hosting dedicated server, Anda akan mendapatkan akses sepenuhnya terhadap sebuah server.

Anda dapat mencapai kecepatan tugas setinggi mungkin dengan server khusus karena Anda tidak berbagi daya komputasi atau konektivitas dengan organisasi lain serta memiliki kontrol penuh atas server. Dengan demikian, ada kasus penggunaan tanpa batas yang dapat Anda capai dengan server khusus.

Anda bisa melakukan instalasi sistem operasi sendiri, memilih jenis sistem operasi yang ingin Anda gunakan sendiri, menginstal software aplikasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan server sendiri dan lain sebagainya.

Fungsi Dedicated Server
Dedicated server memiliki kegunaan di antaranya dapat meningkatkan traffic SEO, bebas melakukan kustomisasi, keamanan penyimpanan terjaga dan kegunaan lain di antaranya,
1. Memiliki kendali penuh atas data yang disimpan.
2. Mendapat kapasitas penyimpanan lebih besar dibanding hosting.
3. Kapasitas atau memori penyimpanan tidak terbagi-bagi dengan pengguna lain.
4. Fleksibel, karena selain digunakan untuk membuat website, Anda juga bisa memanfaatkan server sebagai tempat penyimpanan data (library).

Meski memiliki fungsi yang sangat berguna dan menarik untuk dicoba, namun jenis server yang satu ini kurang cocok atau bahkan tidak disarankan untuk Anda yang menggunakan website sebagai blog pribadi atau portfolio. 

Baca Juga: Website Portofolio: Pengertian, Elemen, dan Cara Membuatnya

Tipe hosting Dedicated Server cocok sekali untuk perusahaan besar yang membutuhkan resource yang besar, serta memiliki traffic website yang tinggi. Memiliki modul tertentu yang tidak dimiliki dalam layanan shared hosting, serta mengutamakan tingkat keamanan data yang tinggi.

Website yang tepat untuk menggunakan Dedicated Server seperti:
1. Website Toko Online / Online Shop
2. Website Pemerintahan
3. Website Perusahaan
4. Website Berita (News Portal)
5. Website Bisnis

Cara Kerja Dedicated Server
Beberapa tujuan yang bisa dicapai menggunakan server adalah membangun Learning Management System (LMS), tempat menyimpan file, menjadi area kerja yang bisa diakses secara umum, mengembangkan sistem operasi, bahkan Anda juga bisa membuat bisnis hosting sendiri dengan menginstal control panel.

Namun sebelum menjalankan server, ada beberapa hal yang wajib disiapkan di antaranya,
1. Tentukan OS yang akan digunakan oleh server (Windows, Linux, atau OS yang Anda inginkan).
2. Setelah mendapat informasi login ke server, tingkatkan keamanan server dengan menginstal firewall, melakukan pembaruan atau update OS ke versi terbaru hingga menginstal dan mengonfigurasi webserver).
3. Arahkan domain ke alamat IP VPS.
4. Lakukan pemasangan sertifikat SSL untuk mengamankan transfer data di website.

Baca Juga: VPS: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kelebihan Dedicated Server
Tanpa batasan server bersama, dedicated server memberi Anda dan pengguna akhir Anda berbagai manfaat jaringan. Memilih server khusus untuk situs web Anda memungkinkan Anda untuk mempunyai keunggulan dan manfaat di antaranya,
1. Keamanan dan kontrol
Jika Anda berada dalam industri yang diatur dan dituntut untuk menjaga privasi data dan informasi pelanggan, Anda sama sekali tidak dapat berbagi server dengan perusahaan lain. Ini karena Anda tidak dapat membiarkan kemungkinan bahwa salah satu dari perusahaan lain ini mungkin dapat mengakses data server dan informasi pelanggan Anda.
 
Jika Anda berada di server yang sama dengan spammer atau situs web jahat yang dimaksudkan untuk menyebarkan virus atau malware lainnya, ini dapat membuka situs web Anda untuk masalah keamanan. Terlebih lagi jika situs web Anda menangani transaksi kartu kredit atau data lain yang perlu dienkripsi dan dijaga ketat, Anda lebih baik menggunakan server khusus.

Baca Juga: Pengertian SPAM, Tujuan, Dampak, Contoh, dan Tipsnya

2. Tidak ada biaya tambahan pemeliharaan
Jika perusahaan membutuhkan server khusus, tetapi tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengelola server sendiri, hosting khusus adalah cara berbiaya rendah untuk mengakses sumber daya server lengkap. Penyedia hosting khusus menangani biaya pembuatan dan pemeliharaan peralatan server, mengurangi overhead untuk bisnis yang membeli ruang server, dan meningkatkan laba atas investasi mereka.

Keuntungan ini datang dengan biaya, namun shared hosting adalah cara termurah bagi bisnis untuk menjalankan situs webnya, dan dedicated hosting memang meminta biaya khusus. Tetapi situs yang menangani banyak lalu lintas, atau memiliki kebutuhan yang ketat untuk penyesuaian dan keamanan, mungkin menemukan bahwa penyedia dedicated server adalah pilihan terbaik yang bisa mereka andalkan.

Baca Juga: Pengertian Cyber Security, Elemen, Manfaat, dan Caranya

3. Fleksibilitas
Sebuah dedicated server memungkinkan fleksibilitas bagi klien dalam menyesuaikan server dengan kebutuhan unik klien untuk CPU, RAM, ruang disk dan perangkat lunak. Dengan shared hosting, pelanggan terbatas pada aplikasi, perangkat lunak, dan lingkungan operasi yang sudah dimuat di server. Mereka mungkin menawarkan perangkat lunak yang tidak dibutuhkan klien atau kekurangan hal-hal yang mereka lakukan.

Sedangkan dedicated server memungkinkan organisasi lingkungan server disesuaikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Penggunanya dapat memilih platform dan perangkat lunak yang benar-benar mereka butuhkan, memungkinkan lebih banyak kontrol atas konfigurasi server khusus mereka.

4. Alamat IP unik
Setiap server memiliki alamat IP uniknya sendiri. Dengan shared hosting, itu berarti Anda juga berbagi alamat IP dengan beberapa situs web lain. Jika salah satu tetangga Anda adalah situs spam atau situs dewasa, ini bisa berarti peringkat situs web Anda diturunkan. Dengan hosting khusus, Anda memiliki server khusus, yang berarti alamat IP unik Anda sendiri.
 
Kekurangan Dedicated Server
Setelah membahas kelebihan, perhatikan beberapa kekurangan atau konsekuensi berikut yang menyebabkan para pemilik blog atau portfolio online tidak disarankan untuk menggunakan dedicated server di antaranya,
1. Harga Terjangkau Mahal
Kekurangan yang dimiliki oleh hosting dengan tipe Dedicated Server adalah biaya yang dibutuhkan melakukan masuk ke dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Berbeda dengan share hosting yang memungkinkan kamu untuk membayar sewa bersama dengan pengguna lainnya.

2. Harus Memiliki Pengetahuan Soal Server
Kekurangan lain adalah penyewa harus memahami kinerja dan cara kontrol server. Hal tersebut sangat penting agar Anda bisa mengelola dedicated server dengan maksimal. Apalagi, ada cukup banyak pengaturan di berbagai aplikasi yang harus dilakukan. Sehingga Anda harus benar-benar mempelajari pengelolaan data menggunakan server sebelum menyewa server tersebut.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Dedicated Server: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya"