Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Weebly: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Membuat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Weebly
Weebly
Pengertian Weebly
Weebly adalah salah satu website builder yang bisa digunakan untuk membuat blog atau website secara gratis maupun berbayar. Platform pembuatan situs web ini menawarkan fitur- fitur yang kuat dan menarik, mudah digunakan dan juga ditujukan untuk mereka yang memerlukan situs web bisnis, profesional atau penggunaan pribadi.

Weebly merupakan website builder paling populer di antara para blogger yang telah digunakan oleh 40 juta pengguna. Situs ini diciptakan oleh David Rusenko, Dan Veltri, dan Chris Fanini, dan semua yang menghadiri Penn State untuk gelar sarjana. Weebly pernah masuk dalam majalah Time sebagai Situs Keempat terbaik dari lima puluh situs pada tahun 2007.

Pada Juni 2008, Weebly menambahkan fitur baru yaitu Weebly pro, memungkinkan pengguna untuk membuat password halaman yang dilindungi, peningkatan batasan ukuran file upgrade, serta menerima layanan dukungan tambahan atau support. Pada tahun 2008, fitur Weebly editor kompatibel dengan Safari dan Google Chrome, kompatibilitas weebly editor diperkenalkan sebelumnya untuk Internet Explorer dan Firefox

Fungsi Weebly
Tujuan utama Weebly adalah menyambut semua orang yang hendak dan berniat mengambangkan website mereka dengan senyaman mungkin. Anda dapat mengembangkan situs Anda lebih cepat dengan panduan SEO, mengoptimalkan pekerjaan Anda lebih fokus kepada kualitas blog, portfolio, toko online dan apapun yang ingin Anda capai.

Karena Weebly dikembangkan bagi orang-orang untuk mempermudah pembuatan halaman web, maka Weebly menjaga keunggulan dan kesederhanaannya. Karena itu, Weebly menonjol karena kualitas positifnya di antara banyak platform lain.
 
Manfaat Weebly
Weebly memberi kemudahan penggunaan dan tidak mengharuskan penggunanya untuk mempelajari bahasa pemrograman yang tidak dikuasai semua orang yang ingin membuat website. Untuk mereka pengguna dengan latar belakang agar lebih fleksibel, pengembang layanan ini juga menawarkan penempatan detail dengan kode HTML yang bisa dikostumisasi sesuai dengan keinginan.

Anda mempunyai banyak kesempatan untuk mengedit dan memuat template baru desain situs, menempatkan iklan di laman web dengan tema situs web yang Anda kembangkan sendiri. Pembuat situs web Weebly dapat digunakan dengan perangkat apa pun (bahkan iPad) dan mempunyai ospi yang banyak tanpa berbayar atau gratis.
 
Cara Membuat Blog di Weebly
1. Membuat Akun
Langkah pertama untuk membuat website dengan Weebly tentu saja dengan membuat akun. Kunjungi website Weebly website builder dan lakukan registrasi dengan klik tombol “Sign Up”. Nanti akan muncul dua pilihan, jika ingin membuat blog biasa bisa memilih model “I just need a website”. Jika ingin membuka toko online pilih model “I need a website with an online store”.

2. Memilih Tema
Usai memilih jenis atau model website, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tema. Pilihannya beragam, silahkan memilih kategori sesuai selera dan kebutuhan.

3. Menentukan Nama Domain
Berikutnya adalah menentukan nama domain, dan tersedia tiga pilihan. Yakni “fin a custom domain”, “use a domain I own”, dan “use a weebly subdomain”. Jika masih bingung maka bisa dilewati dan langsung ke langkah berikutnya.

4. Membuat Desain Website
Berikutnya adalah mendesain tampilan Weebly ketika nanti dipublikasikan, pilih menu yang dirasa diperlukan. Nantinya bisa ditambah, dikurangi, dan tentunya diedit sesuai kebutuhan.

5. Menambahkan Apps
Langkah berikutnya adalah menambahkan Apps, yakni bentuk plugin jika menggunakan WordPress yang membantu memaksimalkan fitur dari website Weebly.

6. Memilih Paket
Jika memperhatikan pilihan paket Weebly di atas maka setelah menambah Apps, Anda bisa menentukan pilihan. Sesuaikan dengan kebutuhan maupun anggaran agar pilihannya tepat.

7. Publikasi Blog
Langkah final dalam pembuatan website Weebly adalah melakukan publikasi. Caranya Anda masuk ke menu “dashboard” lalu klik menu “publish your website”. Berikutnya cari menu “edit website” kemudian klik lagi menu “publish”. Jika sudah sampai di tahap ini maka website sudah bisa diakses siapa saja secara online.

Jika memerlukan editing lebih lanjut, maka bisa melakukan Weebly login dan mengakses menu yang dibutuhkan untuk diedit sesuai keperluan. Khusus untuk langkah yang dilewati maka perlu segera dilengkapi, yakni dalam tahap menentukan domain.

Kelebihan Weebly
Kemudahan dalam membuat website adalah salah satu unggulan dari Weebly. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain di antaranya,
1. Drag & drop builder
Membuat website tak perlu menulis kode dan hanya dengan melakukan drag & drop. Fitur yang satu ini memang ditujukan bagi para pemula yang tidak memiliki kemampuan teknis sama sekali tapi ingin membuat website-nya sendiri. Hanya dengan beberapa kali drag & drop, Anda bisa merancang website yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Elemen konten yang lengkap
Weebly menyediakan fitur yang memudahkanmu untuk mengatur teks, foto, dan video untuk menghiasi halaman website Anda. Anda tak perlu menginstal software apa pun karena bisa dilakukan dari browser secara langsung. Jadi, pengaturannya pun sangat praktis dan tidak memerlukan banyak waktu.

3. Tersedia beragam template menarik
Kelebihan Weebly yang selanjutnya adalah tersedianya banyak template menarik yang bisa digunakan oleh pengguna secara gratis. Template cantik dan responsif tersebut dirancang secara profesional dan terdapat berbagai macam variasi. Mulai dari modern, klasik, hingga tampilan yang profesional.

4. Bisa memilih nama domain
Fitur selanjutnya adalah kemudahan dalam membuat nama domain untuk website. Pengguna dapat menggunakan alat pencarian nama domain Weebly untuk memeriksa apakah nama domain yang diinginkan tersedia.

5. Tersedia tools SEO
Kelebihan lain dari Weebly adalah tersedianya tools untuk SEO. Hal yang satu ini tentu sangatlah penting karena akan membantu website lebih mudah ditemukan di mesin pencarian. Website yang dibuat dengan Weebly dipastikan memiliki performa yang baik. Pasalnya, mulai dari site map, pemformatan HTML, hingga meta description sudah dirancang agar ramah SEO.

Kekurangan Weebly
Weebly juga mempunyai beberapa kekurangan di antaranya,
1. Dibandingkan dengan WordPress dan Blogger, Weebly tidak begitu dikenali para pembuat website di Indonesia.
2. Memerlukan sedikit waktu untuk memahami dan menggunakan Weebly Website Builder.
3. Belum terindeks dengan otomatis di Google dan browser pencarian lainnya, Anda harus menambahkan kata Weebly di belakang nama situs web Anda sebelum mencarinya di kotak pencarian.
4. Pengguna tidak dapat menggunakan domain mereka sendiri dan akan terus menggunakan subdomain bawaan dari Weebly.

Dari berbagai sumber

Baca Juga:

1. Blog: Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi, Jenis, dan Perbedaannya dengan Website

2. WordPress: Pengertian, Sejarah, Fitur, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan, serta Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org 

3. Blogger: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Keunggulan, dan Cara Membuatnya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Weebly: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Membuat, Kelebihan, dan Kekurangannya"