Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Competitor Analysis, Kegunaan, dan Caranya

Pengertian Competitor Analysis, Kegunaan, dan Caranya


A. Pengertian Competitor Analysis

Competitor analysis (competitor research) adalah strategi marketing untuk mengidentifikasi kompetitor dengan meneliti produk, penjualan, serta strategi pemasaran mereka demi mendapatkan peluang meningkatkan strategi atau hal-hal unik yang belum dilakukan oleh kompetitor. Competitive analysis ini bertujuan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan dari kompetitor serta mencegah ancaman persaingan yang masuk ke dalam bisnis Anda.

B. Kegunaan Competitor Analysis
1. Menghadirkan Perbedaan
Dengan adanya cara untuk mengetahui SWOT kompetitor maka Anda bisa mengetahui perbedaan antara produk Anda dengan milik kompetitor. Jadi Anda bisa mengukur nilai dari produk Anda. Apakah produk Anda ini sudah bisa dikatakan kreatif dan inovatif ataukah belum. Dengan melakukan analisis terhadap kompetitor maka Anda juga bisa menganalisis perbedaan yang ada di antara bisnis Anda dan kompetitor.

2. Mengetahui solusi
Anda juga bisa memahami secara lebih jauh mengenai jenis dan juga alur dari sebuah solusi yang akan diambil. Umumnya solusi ini diambil dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis Anda. Khususnya bagi startup atau bagi perusahaan yang baru saja didirikan atau baru berdiri. Maka Anda bisa mengevaluasi solusi yang saat ini sudah ada.

C. Cara Melakukan Competitor Analysis
Setelah mengetahui pengertiannya, kini saatnya beralih ke pembahasan bagaimana cara melakukannya.
1. Tentukan siapa pesaing Anda
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan siapa saja pesaing yang bergerak di area bisnis Anda. Dalam menentukan kompetitor, Anda bisa membaginya menjadi dua tipe, yaitu kompetitor langsung dan tidak langsung.

Kompetitor langsung adalah pesaing yang menawarkan produk atau layanan yang hampir mirip dengan apa yang Anda tawarkan. Selain itu, mereka juga bergerak dalam target pasar yang sama. Sementara, kompetitor tidak langsung adalah pesaing yang produk atau layanannya tidak sama, tetapi target pelanggan atau pasarnya bergerak di wilayah yang sama.

2. Tentukan produk yang ditawarkan kompetitor
Langkah selanjutnya dalam melakukan competitive analysis adalah menentukan produk yang mereka tawarkan. Secara sederhana, Anda dapat mempertimbangkan beberapa pertanyaan di bawah ini:
a. Mereka bergerak di harga rendah atau tinggi?
b. Apa karakteristik dan kebutuhan pelanggan mereka?
c. Bagaimana mereka mendistribusikan produk atau layanan mereka?
d. Apa keunikan dari produk mereka?

Selain itu, pahami juga diskon yang mereka tawarkan. Dengan begitu, Anda bisa lebih tahu apa yang harus dilakukan terhadap produk atau layanan Anda.

3. Pahami strategi penjualan kompetitor
Selain produk, strategi penjualan dari kompetitor adalah hal yang harus diperhatikan dalam praktik competitive analysis. Seperti apa proses penjualan mereka? Di mana mereka mendistribusikan produk atau layanannya?

Selain itu, pahami juga mengenai pola penjualan mereka dalam menerapkan diskon dan promo terkait produk. Dengan begitu, setidaknya Anda bisa memahami strategi penjualan yang tepat untuk produk Anda ke depannya.

4. Analisis strategi marketing kompetitor
Strategi marketing dari kompetitor juga harus dianalisis dengan baik. Lihat bagaimana kompetitor melakukan pemasaran terhadap produk mereka, apakah melalui blog atau platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Pahami dengan detail setiap medium yang dimanfaatkan kompetitor dalam melakukan kegiatan marketing.

Sebagai contoh, kompetitor utamamu memiliki blog dan meng-upload artikel setiap hari. Dari situ pahami dengan baik apa yang disajikan dari kompetitor lewat blog tersebut. Setelah itu, cari tahu kelemahan mereka, lalu jadikan itu sebagai celah untuk strategi marketing Anda.

5. Analisis SEO kompetitor
Setelah mengetahui bahwa kompetitor memiliki blog, maka langkah selanjutnya adalah dengan menganalisis  search engine optimization (SEO) dari kompetitor. Untuk menganalisis pergerakan kompetitor dari SEO, Anda bisa menggunakan tools seperti SEMRush, Ahrefs, Ubersuggest, dan lain-lain.

Dari situ, lakukan riset keyword yang tepat supaya konten Anda dapat berada di peringkat teratas halaman Google dan mengalahkan kompetitor.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Competitor Analysis, Kegunaan, dan Caranya"