Pengertian Baliho, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Baliho
Baliho

A. Pengertian Baliho
Baliho adalah suatu media atau sarana promosi yang mengandung unsur memberitakan suatu kegiatan atau event yang berkaitan dengan khalayak umum. Papan iklan atau reklame adalah Baliho. Istilah Baliho berasal dari bahasa Arab yang artinya menyampaikan. Baliho adalah salah satu media untuk menyampaikan sesuatu hal, baik itu pesan, promosi produk, iklan atau pemberitahuan lain yang sifatnya agar diketahui oleh orang banyak (khalayak umum).

Baliho merupakan salah satu hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pada kecanggihan mesin cetak digital. Media promosi ini dicetak menggunakan mesin print digital yang umumnya berbentuk vertikal maupun portrait.  Baliho sering digunakan karena baliho mudah dipindah-pindahkan posisinya, mudah digulung, awet, dan juga praktis.

B. Ciri Baliho
1. Memiliki ukuran yang besar, umumnya 4 x 6 meter.
2. Baliho dibuat untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu event produk tertentu.
3. Penempatan baliho umumnya ditempatkan di pinggir jalan.
4. Proses pemasangan dan pembongkaran baliho cenderung mudah, cepat, dan praktis.

Baliho sering kali digunakan untuk mempromosikan sebuah produk event, di antaranya seperti dealer, mall, bank, asuransi, caleg pemilu dan lain sebagainya. Alasan mengapa baliho banyak digunakan untuk promosi iklan adalah karena baliho mudah untuk dipindah-pindahkan posisinya, mudah digulung, awat dan juga praktis.

C. Fungsi Baliho
Penggunaan baliho sebagai media informasi dan promosi bukan tanpa alasan. Dalam penggunaan baliho terdapat beberapa fungsi dan manfaat yang tidak dimiliki oleh media lainnya di antaranya,
1. Untuk menyampaikan materi iklan kepada masyarakat luas.
2. Baliho sebagai media promosi yang mudah dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu besar.
3. Sebagai promosi kontemporer dan dapat dilakukan secara instan.
4. Baliho untuk menaikkan penjualan atau market serta menaikkan pamor atau popularitas dari pengiklan.

D. Jenis Baliho
Secara umum baliho dibagi menjadi dua jenis di antaranya,
1. Baliho Vertikal, yaitu baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter. Umumnya baliho ini dibuat dengan bahan papan triplek, kain, kertas, dan dipasang pada tiang.
2. Baliho Horizontal, yaitu baliho yang berukuran 3×4 meter. Baliho ini umumnya dibuat dengan bahan triplek, kain, kertas sticker, dan dibuat dengan konstruksi yang lebih kokoh.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Baliho, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya"