Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasar Abstrak: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Pasar Abstrak
Pasar Abstrak

Pengertian Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah tempat berlangsungnya aktivitas ekonomi, yaitu transaksi atau jual beli barang, jasa, dan informasi yang tidak dapat dilihat secara langsung atau bersifat tidak nyata atau abstrak. Pasar abstrak merupakan dampak dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sehingga pasar pun mengalami perkembangan dari wujud aslinya.

Aktivitas pasar ini biasanya dilakukan melalui internet dan melalui perantara atau pialang atau broker dengan menggunakan saluran telekomunikasi, seperti telepon, telepon seluler, dan aplikasi jual beli yang sekarang ini sangat marak dilakukan. Di mana penjual dan pembeli melakukan interaksi jual beli tanpa harus bertatap muka langsung.

Fungsi Pasar Abstrak
1. Tempat atau media transaksi jual beli barang atau jasa secara tidak langsung atau online (melalui sarana komunikasi modern atau canggih)
2. Tempat atau media yang memudahkan pihak penjual dan pembeli untuk bertransaksi setiap waktu dan sepanjang saat tanpa perlu bertemu secara langsung
3. Tempat melakukan transaksi tanpa harus menggunakan uang secara langsung
4. Tempat atau media melakukan transaksi perdagangan dengan menggunakan sistem pembayaran secara online transfer atau menggunakan kartu kredit atau debit; dan
5. Tempat atau media transaksi perdagangan tanpa adanya tawar menawar.

Dikarenakan wujudnya yang tidak nyata atau abstrak, maka pihak penjual dan pembeli sangat sulit dibedakan. Serta, seiring dengan perkembangan perangkat elektronik dan internet yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, pasar ini kini telah menjamur di semua kalangan, baik remaja maupun orang tua dan di semua tingkatan masyarakat.

Dengan menggunakan aplikasi jual beli yang dapat diunduh dengan mudah di semua perangkat telepon seluler, pasar ini dapat terjadi kapan pun dan di mana pun. Selain itu, keberadaan pasar ini tidak lagi terbatas pada permodalan atau tenaga kerja, sekarang pasar ini dapat berwujud sebagai online shop atau telemarket atau belanja daring. Semua orang dapat menjadi penjual, retailer, supplier, dan sekaligus pembeli pada saat yang bersamaan.

Contoh Pasar Abstrak
Faisol Mukarrom dalam Ekonomi Mineral Indonesia (2017), terdapat beberapa contoh pasar abstrak di antaranya,
1. Pasar Modal
Pasar modal hampir ada di setiap negara dan dijadikan sebagai tolok ukur dalam menentukan situasi perekonomiannya. Tingginya investasi di pasar modal mengindikasikan bahwa situasi politik dan ekonomi negara tersebut cukup aman dan bagus.

Artinya, dalam situasi seperti itu, siapa pun dapat membeli saham. Bagi perusahaan yang sudah go public, mereka bahkan bisa mendapatkan tambahan modal untuk memperluas kapasitas usahanya.

2. Pasar Valuta Asing
Pasar valuta asing adalah suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya. Pasar jenis ini melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.

Halnya dengan jenis pasar lain, pasar valuta asing juga memiliki dampak bagi perekonomian dunia di antaranya,
a. Mempermudah melakukan konversi uang asing ke rupiah dan sebaliknya.
b. Mempermudah penarikan dana dari luar negeri ke Indonesia.
c. Memperlancar transaksi perdagangan internasional.
d. Sarana untuk mendapatkan keuntungan dan juga kemungkinan kerugian dengan adanya fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

3. Bursa Tenaga Kerja
Bursa tenaga kerja adalah suatu pasar yang menjadi tempat permintaan serta penawaran tenaga kerja secara internasional. Dalam pasar jenis ini, para pihak yang terlibat akan bertemu dan memiliki titik keseimbangan berupa upah serta kuantitas tenaga kerja yang diterima.

Adapun manfaat utama dari bursa tenaga kerja yaitu untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan tenaga kerja di luar dan dalam negeri. Selain itu, pasar ini juga bisa membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat.

4. Bursa Komoditas
Bursa komoditas adalah tempat bertemunya aktivitas penjualan dan pembelian produk-produk komoditas dan derivatnya, antara lain kopi, kakao, kapas, kedelai, jagung, logam mulia, dan lain-lain. Selain penjual dan pembeli, di sana juga terdapat pedagang perantara yang sering disebut komisioner. Tugas komisioner adalah menjembatani keinginan antara penjual dan pembeli.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pasar Abstrak: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya"