Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya


A. Pengertian WWW (World Wide Web)

WWW (World Wide Web) adalah suatu ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan Pengidentifikasi Sumber Ragam/ URL untuk mengenali sumber daya berguna. World Wide Web berisi kumpulan peladen web dari berbagai bagian dunia untuk menyediakan informasi dan data yang bisa digunakan bersama.

WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah nama yang diberikan agar semua bagian internet yang bisa diakses dengan sebuah software web browser. Dan dengan adanya WWW kita dapat menerima berbagai macam informasi di dalam berbagai format. WWW juga sering disebut sebagai sebuah protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator),dan juga sering disebut sebagai istilah untuk mengidentifikasikan sebuah media jaringan internet.

World Wide Web sebagai bagian dari internet mengandung informasi-informasi seperti suara, video, gambar, dan video. Singkatnya, WWW adalah sistem untuk mengirimkan dan menyebarkan data melalui jaringan internet pada skala yang besar di seluruh penjuru dunia.

WWW Menurut Para Ahli (World Wide Web)
1. MCLeod (Pearson), WWW adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana berbagai dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
2. V. Djong, WWW adalah fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protocol http, sering kita lihat sebuah nama domain ditulis secara lengkap, misalnya www.google.co.id.
3. Akbar Kaelola, WWW adalah media bagi manusia dalam kegiatan berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa di internet.
4. Lisa Kuswayatno, WWW / World Wide Web adalah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.
5. Yuhefizar, WWW adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui sebuah paladen/ browser.
6. F. Budi Hardiman, World Wide Web adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

B. Sejarah WWW (World Wide Web)
WWW (World Wide Web) yang mendapatkan perhatian dari publik yang teramat besar dan tidak bisa untuk disamai oleh aplikasi internet lainnya. Pada sekitar tahun 1995, WWW menggantikan FTP sebagai sebuah aplikasi internet yang bertanggung jawab terhadap sebagian besar dari lalu lintas jaringan internet. Web yang sudah menjadi sedemikian terkenal sehingga kemudian dicampuradukan dengan sebuah istilah internet, walaupun sebenarnya pengertian Web dan Internet tidaklah sama.

Web ialah sebuah sistem pengiriman dokumen yang juga tersebar dan berjalan di internet. Web sudah di kembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research) yakni sebuah lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Yang awalnya lembaga ini bertujuan untuk membantu para fisikawan yang ada di berbagai macam lokasi yang berbeda di dalam bekerja sana dan juga berbagi material penelitian.

WWW (World Wide Web) ialah sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee di tahun 1991-an. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan sebuah cara untuk menyusun arsip-arsip dari risetnya. Oleh karena itu, Berners-Lee kemudian mengembangkan sebuah sistem untuk keperluan pribadinya. Sistem tersebut ialah sebuah program peranti lunak yang juga dinamai Equire. Dan dengan program tersebut Berners-Lee sudah berhasil menciptakan sebuah jaringan terkait di antara berbagai macam arsip-arsip yang kemudian memudahkan informasi yang dibutuhkan. Dan itulah yang kemudian menjadi suatu dasar dari revolusi yang juga dikenal sebagai web.

C. Fungsi WWW (World Wide Web)
WWW berfungsi untuk menyediakan data dan informasi apapun dan dari manapun agar dapat diakses orang lain dari seluruh bagian dunia. Dengan adanya WWW di internet dapat memberikan kemudahan dan kecanggihan pengguna internet secara lebih cepat dan mudah. WWW memungkinkan pengguna untuk berselancar dengan mudah hanya melalui sebuah alamat URL atau link. Untuk mengakses WWW perlu menggunakan koneksi internet.

D. Manfaat WWW (World Wide Web)
Umumnya terdapat empat layanan manfaat World Wide Web di antaranya,
1. Web Mail Service
Web mail service memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima dan meninjau email dari browser web mereka. web mail service menawarkan akses mudah dan penyimpanan pesan email untuk pengguna yang tidak terhubung ke Internet dari lokasi biasanya.

Web mail service menawarkan banyak fitur dan fungsi yang sama untuk mengelola e-mail sebagai perangkat lunak email desktop seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird. Beberapa layanan web mail service yang lebih populer adalah Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, dan AOL Mail.

Saat masuk ke web mail service, Anda cukup memasukkan URL situs webmail web di kolom alamat atau lokasi browser, dan kemudian menggunakan akun webmail dengan mengetikkan nama pengguna serta kata sandi.

2. Search Engine
Dan pada dasarnya, WWW memudahkan search engine dalam merangkum semua website yang ada di dunia. Karena ada ratusan juta situs di internet, maka hadirlah search engine alias mesin pencari. Mesin pencari adalah program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menelusuri informasi atau konten di world wide web.

Ini membantu mengambil informasi yang diinginkan dalam waktu minimum. Ini memungkinkan Anda untuk memasukkan kata kunci atau frasa tertentu dan mengambil daftar item yang cocok dengan kata kunci dan frasa tersebut.

Dengan demikian, tidak langsung memberikan informasi, itu hanya mengambil halaman yang terkait dengan kata kunci atau istilah pencarian lainnya. Beberapa mesin pencari yang populer adalah Google, Bing, dan Yahoo!, Search.

3. Web Hosting
Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk mengirim situs web atau halaman web ke Internet. Situs web dihost atau disimpan pada komputer khusus yang disebut server. Ketika pengguna Internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan adalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda di browser mereka.

Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser. Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain untuk dapat di hosting. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya.

4. Portal
Portal adalah lokasi pribadi di internet yang bertindak sebagai titik akses ke informasi yang tersedia di World Wide Web. Beberapa portal populer adalah facebook.com, gmail.com, dan twitter.com.

Jadi, secara keseluruhan pengertian www secara singkat yakni, www itu layaknya buku elektronik besar yang halamannya disimpan di beberapa server dari seluruh dunia. Halaman web diberi alamat online yang disebut Uniform Resource Locator (URL). Kumpulan halaman web tertentu yang dimiliki oleh URL itu kemudian disebut situs web, misalnya, www.facebook.com, www.google.com, dll.

E. Contoh WWW (World Wide Web)
Tentunya para pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan istilah World Wide Web. Sebagian besar website yang ada di internet menggunakan WWW pada awal nama domainnya. Berikut beberapa contoh di antaranya,
1. www.google.com
2. www.sosiologi79.com
3. www.yahoo.com
4. www.facebook.com
5. www.twitter.com
6. www.youtube.com
7. Dan lain-lain
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya"