Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FTP (File Transfer Protocol): Pengertian, Sejarah, Cara Kerja, Manfaat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian FTP atau File Transfer Protocol
FTP (File Transfer Protocol)
Pengertian FTP (File Transfer Protocol)
FTP (File Transfer Protocol) atau protokol pengiriman berkas adalah protokol standar yang digunakan untuk mentransfer data antar komputer melalui koneksi internet. Anda dapat bertukar file apa pun, termasuk musik, video, dan dokumen melalui FTP. Jika itu adalah data dalam satu file, Anda bahkan mungkin mendapatkannya lebih cepat daripada dengan HTTP, kecuali jika servernya jauh.

Banyak transfer ditangani oleh HTTP, tetapi FTP masih umum digunakan untuk mentransfer file di belakang layar untuk aplikasi, seperti perbankan, dan pembuat platform situs web besar. FTP jauh lebih tua daripada HTTP yang umum diketahui saat ini. Bahkan FTP sendiri mendahului protokol TCP / IP, protokol jaringan standar yang menggerakkan internet, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mentransfer file antar komputer jauh sebelum internet berada dalam tahap awal pengembangannya.

Sejarah FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu format paling sederhana dan paling awal dibuat untuk memindahkan file dengan cepat dari satu perangkat ke perangkat lainnya. FTP telah ada selama lebih dari 40 tahun, tetapi telah berubah secara signifikan selama itu karena mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan.

Spesifikasi asli untuk FTP (File Transfer Protocol) sendiri ditulis oleh Abhay Bhushan dan diterbitkan pada 16 April 1971, sebagai RFC 114. RFC adalah singkatan dari “Request for Comments” dan merupakan dokumen formal dari Internet Engineering Task Force.

Pada tahun 1980, TCP / IP muncul dan FTP diganti dengan versi TCP / IP di RFC 765, dan kemudian RFC 959 pada Oktober 1985 yang merupakan spesifikasi yang digunakan hingga saat ini. Perubahan selanjutnya menambahkan ekstensi keamanan, mode pasif dan dukungan IPv6.

Klien FTP pertama tidak bisa lebih dari program baris perintah karena mereka dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki GUI. Sejak itu, banyak klien GUI dan utilitas otomatisasi telah dikembangkan untuk desktop, server, perangkat seluler, dan perangkat keras. FTP saat ini juga telah diintegrasikan ke dalam aplikasi, seperti browser web.

Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol)
File Transfer Protocol atau FTP adalah protokol client-server yang bergantung pada dua saluran komunikasi antara klien dan server yakni saluran perintah yang digunakan untuk mengontrol percakapan dan saluran data yang digunakan untuk mentransfer konten file. Klien memulai dialog dengan server dengan meminta untuk mengunduh file. Menggunakan FTP, klien dapat mengunggah, mengunduh, menghapus, mengganti nama, memindahkan, dan menyalin file di server.

Pengguna biasanya perlu masuk ke server FTP, meskipun beberapa server dapat membuat beberapa atau semua konten tersedia tanpa masuk. Ini disebut FTP anonim. Sesi FTP bekerja dalam mode pasif atau aktif. Mode tidak aktif, setelah klien meminta untuk memulai sesi melalui saluran perintah, server akan memulai koneksi data dengan klien dan mulai mengirimkan data. Dalam mode pasif, server menggunakan saluran perintah untuk mengirim informasi yang diperlukan untuk membuka saluran data ke klien.

Karena mode pasif memungkinkan klien untuk memulai semua koneksi, mode ini bekerja dengan baik antara firewall dan gateway terjemahan alamat jaringan (NAT). Pengguna dapat menggunakan FTP melalui antarmuka baris perintah sederhana misalnya, dari konsol atau jendela terminal Microsoft Windows, Apple OS X, atau Linux atau antarmuka pengguna grafis (GUI) khusus. Selain itu, browser web juga dapat digunakan sebagai klien FTP.
 
Manfaat FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah protokol jaringan standar yang dapat mengaktifkan kemampuan transfer file yang luas di seluruh jaringan IP. Tanpa FTP, transfer file dan data dapat dikelola dengan mekanisme lain seperti email atau layanan web HTTP. Tetapi opsi lain tersebut tidak memiliki kejelasan fokus, presisi, dan kontrol yang dimungkinkan oleh FTP.

Di samping FTP digunakan untuk transfer file antara satu sistem dan sistem lainnya, dan memiliki beberapa kasus penggunaan umum di antaranya,
1. Cadangan. FTP dapat digunakan oleh layanan pencadangan atau pengguna individu untuk mencadangkan data dari satu lokasi ke server cadangan aman yang menjalankan layanan FTP.
2. Replikasi. Mirip dengan pencadangan, replikasi melibatkan duplikasi data dari satu sistem ke sistem lain tetapi menggunakan pendekatan yang lebih komprehensif untuk memberikan ketersediaan dan ketahanan yang lebih tinggi. FTP juga dapat digunakan untuk memfasilitasi ini.
3. Akses dan pemuatan data. Tentunya FTP juga biasa digunakan untuk mengakses hosting web bersama dan layanan cloud sebagai mekanisme untuk memuat data ke sistem jarak jauh.

Jenis FTP (File Transfer Protocol)
Ada beberapa cara berbeda agar server FTP dan perangkat lunak customer dapat melakukan transfer file menggunakan FTP di antaranya,
1. Anonymous FTP
Ini adalah bentuk paling dasar dari FTP. Ini memberikan dukungan untuk transfer data tanpa mengenkripsi data atau menggunakan nama pengguna dan kata sandi. Ini paling sering digunakan untuk mengunduh materi yang diizinkan untuk distribusi tidak terbatas. Hal ini mampu bekerja di Port

2. Password-protected FTP
Ini juga merupakan layanan FTP dasar, tetapi memerlukan penggunaan nama pengguna dan kata sandi, meskipun layanan ini mungkin tidak dienkripsi atau aman. Hal ini juga berfungsi pada Port 21.

3. FTP Secure (FTPS)
Kadang-kadang disebut sebagai FTP Secure Sockets Layer (FTP-SSL), pendekatan ini memungkinkan Transport Layer Security (TLS) implisit segera setelah koneksi FTP dibuat. FTPS awalnya digunakan untuk membantu mengaktifkan bentuk transfer data FTP yang lebih aman. Biasanya default untuk menggunakan Port 990.

4. FTP over explicit SSL/TLS (FTPES)
Pendekatan ini memungkinkan dukungan TLS eksplisit dengan memutakhirkan koneksi FTP melalui port re ke koneksi terenkripsi. Ini adalah pendekatan yang umum digunakan oleh layanan berbagi file dan web untuk memungkinkan transfer file yang aman

5. Secure FTP (SFTP)
Secara teknis hal ini bukan protokol FTP, tetapi fungsinya sama. Sebaliknya SFTP adalah bagian dari protokol Secure Shell (SSH) yang berjalan diatas Port 22. SSH biasanya digunakan oleh administrator sistem untuk mengakses sistem dan aplikasi jarak jauh dan aman. SSTP menyediakan mekanisme dalam SSH untuk mentransfer file yang aman

Kelebihan FTP (File Transfer Protocol)
FTP sebagai protokol yang menjembatani pertukaran informasi di dalam suatu komputer ini memiliki banyak kelebihan di antaranya,
1. Memiliki sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang digunakan sehingga kamu tidak perlu khawatir akan peretasan data pribadi.
2. FTP memiliki fungsi sebagai penyimpanan, di mana data yang dikirimkan tidak akan hilang atau dihapus oleh komputer dan perangkat elektronik lain.
3. Meski menggunakannya memerlukan verifikasi, namun sudah ada software yang membantumu melakukannya, beserta dengan petunjuk verifikasi. Tambahan informasi, verifikasi menggunakan FTP ini hanya ada dua langkah saja.
4. FTP mampu menjembatani pertukaran informasi dan file antar komputer. Selama prosesnya, sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang melindungi data yang kamu kirim ataupun terima.
5. FTP mampu melakukan backup data dan file, termasuk restore pada sebuah website.
6. Transfer data dan informasi melalui FTP sangat mudah dan efisien.
7. FTP dapat digunakan sebagai indirect computer atau implicit remote computer.

Kekurangan FTP (File Transfer Protocol)
Di samping memiliki kelebihan, FTP juga memiliki kekurangan di antaranya,
1. Sangat bergantung dengan adanya sistem keamanan enkripsi. Tanpa ada sistem keamanan enkripsi, maka FTP tidak aman digunakan untuk transfer data dan informasi.
2. Desain yang tidak begitu kuat sehingga bisa membahayakan administrator karena minimnya informasi tentang faktor risiko yang akan dihadapi.
3. Kesalahan dalam menyampaikan informasi sering terjadi sehingga administrator sulit memahami informasi yang diterima.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "FTP (File Transfer Protocol): Pengertian, Sejarah, Cara Kerja, Manfaat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya"