Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VGA Card: Pengertian, Komponen, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian VGA Card atau Kartu Grafis
VGA Card (Kartu Grafis)
Pengertian VGA Card
VGA Card (kartu grafis) adalah kartu tambahan yang berfungsi untuk memproses dan menampilkan tampilan-tampilan di layar (seperti monitor komputer). VGA Card biasanya dibuat dalam bentuk papan sirkuit cetak (papan ekspansi). VGA Card yang tertanam dalam CPU dinamakan dengan “Accelerated Processing Unit (APUs), sedangkan VGA card yang tertanam dalam motherboard dikenal dengan sebutan “On-board Video”.

Dengan tertanam atau terintegrasinya VGA card dalam komputer memiliki berbagai kelebihan seperti lebih praktis, daya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak serta dapat lebih menghemat biaya karena tidak perlu membeli VGA card lagi.

Jenis VGA card yang tertanam ini sangat cocok bagi Anda yang memerlukan tampilan grafis yang berkualitas tinggi. Anda juga dapat menambahkan VGA card dengan kualitas dan performa yang tinggi pada sebuah komputer. Hal ini karena umumnya setiap komputer menyediakan slot expansion yang bisa digunakan jika ingin menambah VGA card pada komputer.

Komponen VGA Card
VGA card adalah perangkat keras berbentuk papan dengan beberapa komponen yang melekat di atasnya meliputi di antaranya,
1. Memory
Merupakan tempat penyimpanan informasi grafis dan semua tekstur. Pertama GPU mengambil data dari memori, kemudian data tersebut diproses lalu disimpan dalam memori untuk disalurkan ke RAMDAC untuk ditampilkan pada layar monitor nantinya.

RAMDAC bertugas untuk mengontrol gambar digital yang kemudian dikonversi jadi signal analog lalu gambar dapat tampil di layar monitor.

2. Graphics Processing Unit (GPU)
Merupakan sirkuit yang dibuat untuk memanipulasi data dengan cepat serta memodifikasi memori agar mempercepat penggarapan gambar oleh frame buffer.

3. Heat Sink
Bagian ini bertugas dalam meratakan suhu pada GPU. Heat Sink dibuat dengan dilengkapi kipas agar dapat membantu mengeluarkan udara panas dalam VGA card.

Fungsi VGA Card
VGA card dan CPU merupakan dua perangkat yang saling terhubung, sehingga VGA card mampu mengambil data yang terdapat dalam CPU untuk kemudian diproses dan ditampilkan dalam layar monitor.

VGA card berfungsi untuk mengolah berbagai data grafis yang ada dalam komputer seperti decoding MPED-2, MPEG4 dan merender grafis 2D maupun 3D.

Selain itu cartu VGA juga mampu menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat televisi atau ke berbagai layar monitor dalam satu waktu (multi-monitor). Dan juga, dalam VGA card terdapat sound card sehingga dapat menghasilkan output suara ke perangkat yang telah terhubung seperti televisi.

Jenis VGA Card
VGA card terbagi berdasarkan dua kelompok besar di antaranya,
1. Berdasarkan klasifikasi memori VGA card
Berdasarkan klasifikasi memori VGA card terbagi empat macam di antaranya,
a. EDO RAM
EDO RAM biasa dipakai pada komputer dengan sistem kartu grafik 64 bit. RAM ini berkecepatan antara 60ns-35ns, serta EDO RAM ini biasa ditanamkan di Diamond Stealth 2000 3D, Card winfast s280/2600 3D dan lainnya.

b. SGRAM
RAM ini biasa digunakan untuk komputer yang memiliki kartu grafis berkelas tinggi, sehingga banyak dipakai pada VGA card seperti Martox Mystique, Matrox MGA Millenium, ASUS 3D Explorer dan lain-lain.

c. RAMBUS
RAM jenis ini biasa digunakan untuk mesin video game seperti Sega atau Nitendo, sehingga karti ini tidak banyak diproduksi dan hanya diproduksi oleh Crative Labs seperti MA-332, MA-302, Graphic Blaster xXtreme dan Blaster 3D.

d. Dynamic RAM (DRAM)
DRAM ini biasa digunakan untuk komputer yang memiliki spesifiksi umum yang tidak mementingkan kecepatan tinggi, selain itu itu DRAM ini juga memiliki banyak pilihan warna.

e. VRAM (Video RAM)
Kartu VGA yang mengintegrasikan memori VRAM berkecepatan 20 atau 10 ns, harga VRAM lebih mahal dibanding dengan DRAM karena VRAM lebih cepat dari DRAM. Pemakaian VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk komputer kelas atas. Umumnya VRAM dipasang pada VGA yang dikonsentrasikan untuk desain grafis.

2. Berdasarkan Arsitektur Sistem I/O bus VGA
Untuk memasang VGA card, ada beberapa jenis bentuk slot peripheral yang ada di dalam motherboard, berikut jenis-jenis slot peripheral untuk memasang VGA card di antaranya,
a. VGA ISA
VGA card ISA adalah jenis VGA card yang dimasukkan di slot ISA (Industry Standard Architecture) yang memiliki sistem 8-bit atau 16-bit. VGA card jenis ini sekarang sudah tidak diproduksi lagi, karena selain kecepatan rendering yang lambat, tampilan dari hasil renderingnya pun terbilang terbatas.

Teknologi slot ISA 8-bit diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981 dan slot ISA 16-bit diperkenalkan pertama kali pada tahun 1984.

b. VGA EISA
VGA card EISA adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot EISA (Extended Industry Standard Architecture) yang memiliki sistem 32-bit. VGA card jenis ini sudah tidak digunakan lagi sama seperti VGA card ISA karena keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya.

Teknologi slot EISA dikenalkan pertama kali pada tahun 1988.

c. VGA PCI
VGA card PCI adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) yang memiliki sistem 32-bit atau 64-bit. Teknologi slot PCI digunakan pertama kali pada tahun 1993. VGA card PCI pada jaman sekarang sudah jarang digunakan karena keterbatasan fitur.

d. VGA AGP
VGA card AGP adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot AGP (Accelerated Graphics Port) yang memiliki sistem 128-bit atau 256-bit. VGA card AGP pada awalnya dibuat untuk kemampuan rendering yang lebih cepat dari CPU ke display.

e. VGA PCIe
VGA card PCIe (PCI Express) adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) yang kecepatan rendering hingga 32 GByte/s. Slot PCIe adalah perkembangan dari slot PCI sebelumnya dengan kemampuan luar biasa.

Teknologi ini pertama kali dipakai pada tahun 2004, pada zaman sekarang kecepatan transfer data yang besar sangat dibutuhkan.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "VGA Card: Pengertian, Komponen, Fungsi, dan Jenisnya"