Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter): Pengertian dan Cara Kerjanya

Pengertian RAMDAC atau Random Access Memory Digital to Analog Converter
RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter)
Pengertian RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter)
RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter) adalah komponen kartu grafis yang digunakan untuk mengatur warna pallete. Selain itu, RAMDAC berfungsi untuk mengubah data yang berasal dari memory menjadi sinyal analogi dan kemudian menampilkannya ke monitor.

RAMDAC merupakan sebuah perangkat yang akan menkonversikan tampilan grafik ke sinyal analog RGB atau Red, Green, Blue yang digunakan pada monitor.

Demikian, pada prinsipnya, semakin cepat RAMDAC yang terdapat pada sebuah kartu grafis, maka gambar yang ditampilkan pun akan semakin halus. Dengan kata lain, dengan kartu grafis berkualitas, maka kemungkinan RAMDAC-nya juga bagus, dan gambar yang ditampilkan ke monitor semakin bagus.

Cara Kerja RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter)
Chip ini akan bekerja dengan membaca isi yang ada pada video memory. Setelah itu RAMDAC akan mengubahnya dari analogi ke digital. Selanjutnya RAMDAC akan mengirimkan isi dari video memory tersebut melalui kabel untuk ditampilkan ke layar monitor.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter): Pengertian dan Cara Kerjanya"