Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GPU (Graphics Processing Unit): Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tipe, Perbedaannya dengan CPU dan Graphics Card

Pengertian GPU atau Graphics Processing Unit
GPU (Graphics Processing Unit)
Pengertian GPU (Graphics Processing Unit)
GPU (Graphics Processing Unit) atau unit pemroses grafis adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk keperluan display atau tampilan. GPU memastikan video dan gambar di monitor komputer dapat ditampilkan dengan baik.

GPU bertugas untuk melakukan render pada gambar, animasi serta video yang akan ditampilkan pada layar laptop atau desktop. Letak GPU tidak jauh dari otak utama komputer yakni CPU dalam motherboard.

Mengutip Intel, GPU merupakan komponen yang memungkinkan kita mengerjakan banyak hal, mulai dari membuat konten, machine learning, gaming, dan masih banyak lagi. Saat ini, mayoritas GPU diproduksi oleh dua perusahaan ternama, yaitu Nvidia dan AMD.

Sejarah GPU (Graphics Prosessing Unit)
Istilah "GPU" dicetuskan oleh Sony dan dipakai untuk merujuk GPU Sony yang dipakai dalam konsol PlayStation dan didesain oleh Toshiba pada tahun 1994. Istilah ini dipopulerkan oleh Nvidia pada tahun 1999 yang memasarkan GeForce 256 sebagai "GPU pertama di dunia".

GPU digambarkan sebagai "prosesor cip tunggal dengan mesin transformasi, pencahayaan, kliping segitiga, dan penggambaran (rendering)". Pesaingnya, ATI Technologies, mencetuskan istilah "unit pemroses visual" (bahasa Inggris: visual processing unit) atau VPU saat merilis Radeon 9700 pada 2002.

Jika ditelaah lebih dalam, GPU atau sering juga disebut kartu grafis dalam era modern ini setidaknya memilliki beberapa komponen yang terdiri dari system interface, memory, graphics processor, frame buffer, dan RAMDAC (Random Accsess Memory Digital) atau sering disebut juga Analog Converter.

IBM adalah perusahaan yang pertama kali mengenalkan GPU pada tahun 1987. Pada saat itu fokus utama IBM dalam mengembangkan GPU untuk diimplementasikan pada seri komputer ps/2. Pada waktu itu GPU masih berfokus pada display gambar dan character text.

Teknologi GPU sudah semakin maju dan berkembang, perusahaan raksasa yang bergerak pada pembuatan kartu grafis seperti Intel, Nvidia, dan AMD berlomba-lomba menciptakan GPU dengan performa terbaik.

Fungsi GPU (Graphics Prosessing Unit)
GPU merupakan komponen yang dispesialkan untuk memproses grafis, kemudian menampilkannya pada layar PC. Berikut beberapa fungsi GPU di antaranya,
1. Grafis
Fungsi pertama dan utama dari GPU adalah untuk memproses masukan grafis pada komputer, kemudian memprosesnya untuk ditampilkan pada layar monitor dengan kualitas tinggi.

Penggunaan GPU dengan spesifikasi tinggi sangat dibutuhkan oleh Anda yang bekerja di bidang desain grafis. Begitu juga dengan para pegiat animasi, gamers, pembuat maket dan blueprint proyek serta aktivitas editing foto dan video.

Bahkan bisa dikatakan, tanpa adanya GPU, segala aktivitas tersebut tidak akan Anda nikmati senyaman sekarang. Sebab, GPU merupakan salah satu syarat utama pada komponen perangkat komputer modern.

GPU hadir dan mendapat peran sebagai otak utama untuk display komputer modern.

2. Komputasi Berulang
Fungsi GPU lainya adalah komputasi paralel pada data dengan jumlah relatif banyak. Hardware ini memungkinkan Anda melakukan aktivitas dengan banyak data dan software secara bersamaan.

Penggunaan GPU dengan spesifikasi tinggi akan membuat komputer terasa lebih ringan ketika digunakan untuk melakukan aktivitas berat, seperti bermain game.

Halnya menurut How Stuff Works, beberapa fungsi lain GPU di antaranya,
1. Full scene anti-aliasing (FSAA) untuk tampilan objek 3D yang lebih halus
2. Anisotropic filtering (AF) untuk meningkatkan ketajaman gambar
3. Real-time physics dan particle effects
4. Multi screen display
5. High frame rate video output
6. Tampilan video ultra HD
7. Kalkulasi cepat

Demikian, fungsi GPU yang kompleks inilah yang menghasilkan panas yang sangat tinggi, sehingga biasanya posisinya adalah di bawah heat sink atau kipas.

Tipe GPU (Graphics Prosessing Unit)
Menurut How To Geek, ada dua tipe utama GPU di antaranya,
1. Integrated GPU
Adalah GPU yang sudah built-in dengan prosesornya dalam artian tidak terpisah. GPU ini menggunakan sistem memori yang dibagi dengan CPU. Biasanya, integrated GPU dapat ditemukan di laptop.

2. GPU discrete
Adalah GPU yang terpisah dari prosesor. GPU ini memiliki memori yang khusus untuk komponen tersebut sendiri, sehingga tidak harus berbagi dengan CPU. GPU tipe ini membutuhkan lebih banyak daya dan menghasilkan panas yang lebih tinggi daripada tipe yang integrated.

Discrete adalah GPU yang digunakan untuk PC, sehingga dapat dilepas pasang untuk diganti sesuai kebutuhan.

Perbedaan GPU dan CPU
CPU adalah central processing unit dari komputer. Komponen ini adalah bagian logical thinking dari otak komputer. Sebagai analogi, GPU adalah bagian kreatif dari otak komputer. Jadi, GPU dan CPU memiliki tugasnya masing-masing dan saling mendukung untuk proses komputer yang maksimal.

Secara umum, GPU dapat mengolah data jauh lebih cepat dari CPU. Akan tetapi, GPU tidak sefleksibel CPU. CPU dengan set instruksi yang luas dan besar dapat menerima input dan mengolah berbagai macam output. Sementara, hal ini tidak bisa dilakukan GPU.

GPU paling cocok untuk tugas komputasi yang repetitif dan paralel. Sementara, CPU lebih fleksibel dari itu.

Perbedaan GPU dan Graphics Card
Banyak orang yang menyebut GPU sebagai graphics card dan sebaliknya. Padahal, graphics card adalah add-in board di mana GPU dapat ditemukan. Di board ini, tidak hanya ada GPU saja. Ada komponen-komponen lain untuk mendukung fungsi GPU itu sendiri.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "GPU (Graphics Processing Unit): Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tipe, Perbedaannya dengan CPU dan Graphics Card"